Tak bisa dipungkiri, berpikir berlebihan – alias overthinking menjadi salah satu “penyakit” yang kerap kali dialami di masa pandemi Covid-19. Istilah yang satu ini sering ditujukan pada sesorang yang terlalu banyak berpikir, baik urusan pekerjaan, keluarga, maupun kehidupan pribadi.

Apakah kamu mengalaminya? Harus diwaspadai, sebab overthinking berkepanjangan dapat membuat stres, dan menyebabkan kelelahan mental, lho. Ketika mengalaminya, kamu cenderung terlalu khawatir terhadap sesuatu, sehingga memikirkan hal yang belum tentu nyata.

Misalnya, orang yang kelewat cemas, biasanya memikirkan mengenai kesalahan di masa lalu, maupun kejadian yang memalukan. Kondisi tersebut akan membuat pikiran mulai berputar, tapi akhirnya – tidak menemukan kesimpulan, atau solusi apapun.

Tak boleh dibiarkan begitu saja, overthinking mesti diatasi segera! Lantas, apa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasinya?

Yuk, scroll sampai habis untuk mengetahui jawaban lengkapnya.

 

 

Sadari Kalau Dirimu Sudah Terlalu Banyak Berpikir

Credit Image - halodoc.com/

Hal pertama yang perlu dilakukan, yaitu sadari bahwa dirimu sudah terlalu banyak memikirkan sesuatu. Kenali tkamu-tkamu yang menunjukkan mengenai kondisi tersebut ya. Misalnya, ketika sudah overthinking – telapak tangan menjadi berkeringat, atau detak jantung pun lebih cepat.

Sejumlah tkamu tersebut harus diperhatikan – karena, ini merupakan sinyal-sinyal tubuh yang wajib didengarkan! Meskipun sulit untuk dilakukan, sebaiknya kamu mempelajari cara mengenai bahwa dirimu sudah terlalu banyak berpikir.

 

Mundur Satu Langkah, Lalu Cari Perspektif yang Baru!

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan – dengan mundur satu langkah untuk mendapatkan beberapa perspektif tentang apa yang terlalu dipikirkan. Kenali juga apakah dirimu sudah memiliki kendali atas pola pikir tersebut.

Tanyakan pada diri, “apakah aku memikirkan sesuatu yang berada di luar kendali? Atau, sesuatu yang bisa aku kendalikan?”

Misalnya, kamu mungkin tidak dapat mengontrol lalu lintas yang membuat terjebak dalam kemacetan dan memicu overthinking. Tetapi, kamu dapat mengontrol jalan yang akan dilewati dengan menggunakan GPS, atau menyediakan minuman untuk menghilangkan rasa bosan. 

Jika sedang menghadapi sesuatu yang tidak bisa dikendalikan, kamu bisa mengatakan pada diri sendiri – bahwa dirimu harus benar-benar memprioritaskan apa yang dapat diubah.

 

Beri Tenggat Waktu Dalam Menyelesaikan Masalah

Credit Image - idntimes.com

Setelah kamu berhasil mengidentifikasi satu masalah, langkah selanjutnya, tetapkan batas waktu dalam memecahkan masalah tersebut. Yang perlu diingat, penting bagimu untuk tidak terjerumus ke dalam solusi tidak penting dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Misalnya, jika kamu terjebak macet dan akan terlambat untuk membuat janji. Solusi yang bisa diambil, yaitu mencari jalan alternatif, menelepon orang yang akan ditemui – beri tahu bahwa kamu akan telat, atau tarik napas dalam-dalam untuk menenangkan diri.

Orang yang sedang dalam masalah biasanya mengalami overthinking dan berpikir bahwa ia tidak terima dirinya terjebak dalam situasi tertentu, termasuk kemacetan. Biasanya, ada rasa takut berlebihan, karena akan terlambat untuk sesuatu yang penting, bahkan takut orang lain akan menganggap dirimu tidak profesional.

 

Berhasil Atasi Overthinking? Beri Apresiasi Diri!

Cara yang terakhir, jika kamu sudah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi overthinking – dan berhasil melakukannya, cobalah beri apresiasi diri. Rayakan langkah-langkah kecil yang sudah dilakukan untuk memecahkan suatu masalah.

Namun, jika kamu belum menyelesaikan masalah seutuhnya – dapat merayakan fakta bahwa kamu sudah berusaha mengambil alih kendali, dan mengalami kemajuan dalam menghadapi suatu masalah tertentu.

Tak perlu berkecil hati, sebab banyak orang yang mungkin tidak berhasil pada percobaan pertama!

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya ulasan mengenai cara untuk mengatasi overthinking, yang bisa diterapkan di masa pandemi Covid-19. Jadi, apakah kamu tertarik untuk melakukan sejumlah tips di atas?

 

 

Featured Image - berkeluarga.id

Source - cnnindonesia.com