Siapa di sini yang pernah, atau bahkan sedang merasa gugup dan bingung ketika akan membeli rumah pertama? Wah, hal yang satu ini wajar dialami ya – apalagi, kamu sedang menghadapi hal yang cukup besar. Membeli rumah memang terbilang berat, terutama jika kamu seorang first timer!

Proses membeli rumah mencakup banyak sekali langkah, serta persyaratan yang harus dilakukan dan dipenuhi. Belum lagi harga yang lumayan mahal, tentunya kamu tidak ingin sampai salah memilih, atau tidak mampu membayar cicilan di tengah jalan, kan?

Nah, untuk itu, kamu mesti pintar-pintar dalam memilih rumah pertama, nih! Masih bingung mengenai hal apa saja yang harus diperhatikan dalam proses membeli rumah? Tanpa perlu berlama-lama, berikut ini 4 tips yang bisa diterapkan.

Yuk, simak sampai habis ya!

 

 

Pertama, Pastikan Kamu Memilih Rumah yang Tepat

Credit Image - properti.kompas.com

Hal utama yang wajib dilakukan, yaitu memilih rumah yang tepat – menjadi langkah pertama dalam membeli rumah. Ada banyak aspek yang perlu dipertimbangkan dalam memilihnya, seperti dari luas lahan, luas bangunan, jumlah tempat tidur, jumlah lantai, sampai fasilitas rumah maupun perumahannya.

Setelah mempertimbangkan kritetia rumah, kemudian kamu juga perlu melihat lingkungannya. Lalu pertimbangkan beberapa hal, seperti ketersediaan fasilitas pendidikan, tingkat kriminalitas, fasilitas kesehatan, tempat belanja – atau fasilitas lainnya, serta kenali juga tingkat kemacetan dan polusi suara.

Sejumlah hal tersebut wajib dipertimbangkan secara baik, sehingga kamu merasa nyaman di rumah yang dipilih tersebut.

 

Kemudian, Sesuaikan Pembayaran KPR

Kini berlanjut ke skema pembayaran KPR. Cara yang satu ini merupakan langkah membeli rumah yang paling banyak dipilih masyarakat. Tapi, jangan lupa – pastikan kamu sudah memilih cicilan KPR yang tepat, tentunya sudah melalui pertimbangan matang.

Adapun berbagai hal yang harus diperhatikan dalam memilih pinjaman KPR, seperti bandingkan angsuran KPR antar bank, perhatikan tingkat dan jenis bunga, mencari tahu kebijakan dan penalti, total biaya KPR, serta syarat kredit dan dokumen yang harus disediakan.

Selain itu, penting pula untuk mengetahui kebijakan bank ketika ada perubahan suku bunga. Nah, hal yang satu ini cukup krusial, lho. Jadi, jangan terpaku pada bunga ringan di tahun-tahun awal cicilan, karena biasanya ini merupakan promo cicilan.

Jadi, pastikan kamu menaksir kemampuan keuangan berdasarkan suku bunga floating-nya – yang harus dibayar ketika promo cicilan sudah berakhir.

 

Menabung Uang Muka Juga Penting Ya!

Credit Image - suara.com

Langkah selanjutnya dalam membeli rumah, yaitu menabung uang muka untuk cicilan KPR. Menyicil KPR merupakan cara beli rumah dengan skema pembayaran yang ringan, serta termasuk cara yang paling sering dipilih orang.

Meski skema pembayarannya lebih ringan, namun sayangnya banyak generasi muda yang enggan, ketika melihat besarnya biaya uang muka. Memang, menabung DP rumah memerlukan kesaraban. Dalam hal ini, membuat rencana tabungan yang baik menjadi kuncinya!

Kamu bisa melakukan sejumlah hal dalam menabung DP rumah, seperti mengetahui dahulu besaran uang muka, tentukan jumlah yang yang bisa ditabung dari total penghasilan, tentukan jangka waktu menabung, dan pilih bunga sesuai kemampuan finansial.

Namun, jika masih merasa kesulitan untuk menabung DP rumah sendiri, kamu juga dapat menyicil uang muka.

 

Terakhir, Menyicil DP Rumah

Trik terakhir bisa diterapkan bagi kamu yang kesulitan menabung DP rumah. Sebab, membayar DP menjadi syarat wajib untuk menyicil KPR. Melihat sebagian besar orang yang kewalahan membayar uang muka, kini pengembang properti pun sudah banyak yang menawarkan program menyicil DP, lho.

Cicilan uang muka dapat dilakukan melalui langkah berikut ini.

  • Angsurkan DP ke pengembang, jumlah DP sesuai ketentuan bank, jenisnya ada DP 20%, 30%, dan 40%
  • Bayar cicilan selama periode – lamanya bisa berbeda-beda, tergantung pengembang properti
  • Setelah cicilan uang muka selesai, maka ajukan KPR ke bank

Tips membeli rumah KPR dengan cara menyicil uang muka ini bisa menjadi solusi bagi yang kesulitan menabung secara teratur. Karena, umumnya dengan cicilan uang muka, pembeli rumah “terpaksa” harus menabung.

 

Wah, bagaimana nih? Untuk kamu yang sedang berencana membeli rumah pertama, yuk perhatikan kembali 4 tips penting di atas ya.

Tapi, yang tak boleh dilupakan, pastikan kamu sudah tetap fokus dan berstamina, sehingga tidak ada yang terlewatkan – ketika sedang dalam proses membeli rumah! Lalu, gimana sih caranya biar konsentrasi terjaga, dan energi tak mudah habis?

Cara yang paling mudah, yaitu memenuhi kebutuhan vitamin. Selain dari makanan, kebutuhan vitamin juga bisa kamu penuhi dengan rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah. Dan pastinya, kandungan Vitamin C dalam Enervon Active mampu menjaga daya tahan tubuh kamu agar tidak gampang terserang berbagai macam penyakit ya.

 

 

Featured Image - qoala.app