Moms, Kendalikan Hobi Main Gadget Anak Dengan Parental Control, Yuk!

Moms, Kendalikan Hobi Main Gadget Anak Dengan Parental Control, Yuk!

font size A Ǎ

Moms, apakah kamu pernah mendengar istilah parental control? Ya, ternyata, hal yang satu ini penting dimiliki oleh orangtua di era digital, lho. Seperti diketahui, teknologi mengalami kemajuan yang pesat, bahkan juga menghadirkan tantangan baru, termasuk bagi orangtua seiring proses perkembangan Si Kecil.

Melindungi anak dari bahaya teknologi digital menjadi hal yang paling penting. Nah, untuk itu – kini, sudah hadir fitur parental control yang bisa digunakan. Aplikasi dan alat khusus tersebut memungkinkan para orangtua untuk mengontrol aktivitas anak dalam dunia maya.

Parental control juga mudah disiapkan, dan bisa digunakan untuk memantau seberapa banyak waktu yang dihabiskan oleh Si Kecil di internet. Bahkan, fitur ini bisa menjadi pilihan tepat – untuk mengawasi bagaimana anak menggunakan teknologi.

Lebih lanjut mengenai parental control, yuk ketahui 4 fungsinya berikut ini!

 

 

Membuat Gadget di Rumah Menjadi Lebih Aman

Moms, Kendalikan Hobi Main Gadget Anak Dengan Parental Control, Yuk!

Credit Image - hipwee.com

Umumnya, anak-anak mudah tertipu – hal inilah yang menjadikannya target utama para peretas dan penjahat di dunia maya. Alasannya, anak lebih mudah mengunduh program yang terlihat legal, padahal sebenarnya merupakan virus yang dirancang semirip mungkin dengan aslinya.

Hal tersebut akan mengelabui anak agar dirinya berpikir bahwa ia mengunduh sesuatu yang berguna, sembari menghabiskan waktu penggunaan gadget. Tapi kenyataannya, ini merupakan suatu tindakan yang bisa merusak teknologi pada gadget, lho.

Dengan memiliki parental control, kasus tersebut bisa diatasi. Sebab, fitur tersebut dapat membatasi unduhan penting, tidak hanya untuk anak-anak saja, tetapi berguna bagi kepentingan bersama.

 

Melindungi Si Kecil dari Konten yang Meragukan!

Moms, Kendalikan Hobi Main Gadget Anak Dengan Parental Control, Yuk!

Credit Image - halodoc.com

Menerapkan parental control yang ketat termasuk hal yang wajar, sebab hal ini bisa mengatur konten apa yang boleh dilihat anak di dunia mata. Misalnya, moms dapat memblokir istilah penelusuran tertentu, kemudian membuat black list berbagai situs web – yang bisa mencegah Si Kecil secara tidak sengaja mengunjunginya.

Tindakan ini mungkin terlihat membuat anak tak punya kebebasan. Namun, tindakan ini penting untuk melindungi anak dari jenis konten tertentu, apalagi yang memiliki pengaruh negatif. Jadi, parental control bisa mengurangi risiko anak mengalami hal tersebut ya.

 

Mencegah Penyalahgunaan Uang yang Tak Disengaja

Moms, Kendalikan Hobi Main Gadget Anak Dengan Parental Control, Yuk!

Credit Image - highlight.id

Di era digital ini, banyak sekali orangtua yang sudah mempercayai anak-anaknya dengan gadget, seperti tablet, maupun smartphone. Namun sayangnya, masih banyak anak yang belum mengerti – bahwa, transaksi mungkin terjadi secara tak disengaja, lho. Ungkapan tersebut cukup masuk akal, mengingat Si Kecil mungkin belum pernah mempelajari hal tersebut.

Dikutip dari Orami, ada kemungkinan anak membeli hal-hal, seperti game, maupun pembelian dalam aplikasi game smartphone tanpa memikirkan konsekuensinya. Ini bisa dialami bagi orangtua yang belum mengaktifkan setting parental control pada gadget anak, lho.

Untuk mengaturnya, moms bisa gunakan parental control key – yang memaksa Si Kecil untuk bertanya sebelum melakukan transaksi apapun. Proses ini memberikan kesempatan untuk mengajari anak mengenai uang, sehingga ia pun punya pemahaman kuat mengenai tanggung jawab dalam hidup.

 

Juga Dapat Bantu Membatasi Waktu Online Anak, Lho

Moms, Kendalikan Hobi Main Gadget Anak Dengan Parental Control, Yuk!

Credit Image - republika.co.id

Dan pastinya, parental control dapat membantu membatasi waktu online anak. Dikutip dari Fast Company – dengan memiliki parental control, orangtua dapat mengatur waktu dalam memberi anak kebebasan menggunakan akses internet.

Nantinya, ketika jangka waktu yang sudah ditentukan berlalu, maka jaringan akan memutus koneksi internet secara otomatis. Dengan demikian, Si Kecil tidak dapat mengakses gadget atau perangkat seluler ya.

Jadi, dalam kata lain ­– parental control akan membantu anak untuk menjaga keseimbangan yang sehat, antara aktivitas online dan offline.

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya ulasan mengenai parental control yang bisa digunakan untuk memantau aktivitas Si Kecil di dunia maya. Lantas, apakah moms tertarik menggunakan fitur yang satu ini?

 

 

Featured Image - comparitech.com

 


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!