Di masa pandemi Covid-19, menjaga kesehatan tubuh, terutama untuk meningkatkan imunitas memang penting dilakukan. Namun, yang juga tak boleh dilupakan, yaitu mempertahankan kesehatan paru-paru – mengingat, organ tersebut berperan untuk pernapasan manusia.

Kemampuan paru-paru dalam menampung udara – atau disebut juga sebagai kapasitas paru, dapat semakin baik ketika tubuh dalam keadaan bugar. Dengan demikian, napas pun tidak mudah terasa lelah, atau ngos-ngosan ya.

Tapi sayangnya, seiring bertambah usia, kapasitas paru-paru bakal menurun. Lalu, bagaimana cara menghadapinya? Tenang, kamu masih bisa melakukan sejumlah latihan pernapasan, yang dapat membantu mempertahankan, sekaligus meningkatkan kapasitas paru-paru kok.

Selain itu, latihan pernapasan ini dapat membantu agar kebutuhan oksigen di dalam tubuh dapat terpenuhi dengan baik, lho. Jadi, apakah kamu sudah penasaran dengan sejumlah latihan yang dapat dilakukan tersebut?

Nah, biar tak makin penasaran – yuk, langsung simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

Latihan Pursed-Lips Breathing yang Mudah Dilakukan

Credit Image - lifestyle.okezone.com

Pada latihan pernapasan yang satu ini, kamu perlu mengurangi jumlah napas yang diambil, dan membiarkan saluran udara dalam tubuh terbuka lebih lama. Cara melakukannya mudah kok, cukup bernapas melalui hidung dan menghembuskannya melalui mulut – usahakan dalam durasi yang lama, dan dilakukan dengan bibir mengerucut.

Berikut ini langkah-langkah untuk melakukannya.

  • Tarik napas secara perlahan melalui hidung, pastikan bibir tertutup
  • Embuskan napas pelan-pelan melalui bibir yang mengerucut atau terbuka sangat kecil. Keluarkan napas selambat mungkin, lebih lama dari saat menarik napas
  • Ulangi kembali beberapa kali. Kamu bisa melakukan latihan ini dalam posisi berdiri ataupun duduk ya

 

Pernapasan Diafragma: Jenis Latihan yang Juga Direkomendasikan

Seperti namanya, latihan pernapasan kali ini melibatkan diafragma dan bagian perut. Ketika kamu melakukannya, udara akan masuk dan mengisi bagian perut hingga penuh – dan akhirnya, mengembang.

Sementara itu, bagian dada tidak banyak bergerak, lho. Kamu direkomendasikan melakukan latihan pernapasan diafragma setidaknya 5 menit setiap hari untuk meningkatkan fungsi paru.

Cara melakukan latihan pernapasan diafragma, yaitu:

  • Duduklah dengan santai sambil bersandar
  • Letakkan satu tangan di perut dan satu lagi di dada
  • Tarik napas melalui hidung selama dua detik dan rasakan udara mengisi perut. Rasakan perutmu semakin penuh dan mengembang. Ingat, perut harus bergerak lebih banyak dibandingkan dada
  • Lalu, embuskan napas selama dua detik melalui bibir yang terbuka kecil sambil merasakan perut perlahan-lahan mengempis
  • Ulangi latihan pernapasan ini sebanyak 10 kali. Tetap lemaskan bahu kamu sepanjang pengulangan dan jaga punggung tetap tegak selama berlatih pernapasan diafragma ini

 

Latihan Numbered Breathing Untuk Meningkatkan Fungsi Paru

Credit Image - trainer.ae

Berikutnya, ada pula latihan pernapasan numbered breathing yang dapat dilakukan oleh siapa saja – dan, tentunya bermanfaat untuk meningkatkan kapasitas, serta fungsi paru-paru. Ketika melakukan teknik latihan pernapasan ini, kamu perlu berhitung delapan hitungan tanpa henti.

Adapun langkah yang perlu dilakukan untuk melakukannya, yaitu:

  • Pertama-tama, berdirilah tegak dengan mata tertutup, lalu tarik napas dalam-dalam
  • Saat menarik napas, hitung angka 1 dalam hati
  • Tahan napas selama beberapa detik, lalu embuskan napas
  • Tarik napas lagi sambil menghitung angka 2 dalam hati
  • Tahan napas selama beberapa detik, kemudian embuskan napas
  • Tarik napas lagi sambil menghitung angka 3 dalam hati
  • Lakukan terus sampai hitungan 8 selesai

 

Latihan Rib Stretch yang Juga Mudah Dilakukan, Lho

Yang tak kalah menarik, yaitu latihan pernapasan rib stretch yang juga direkomendasikan untuk rutin dilakukan. Latihan yang satu ini juga mudah dilakukan, lho. Kuncinya adalah hirup udara sebanyak mungkin, dan tahan napas selama 10-25 detik.

Teknik pernapasan yang satu ini efektif untuk meningkatkan kapasitas paru-paru, apalagi jika kamu melakukannya sebanyak sekali dalam sehari. Namun, jika ingin manfaat yang lebih maksimal – lakukan latihan rib stretch tiga kali dalam sehari, selama 2-5 menit di setiap sesinya.

 

Lakukan Pula Latihan Kekuatan Paru Pranayama

Credit Image - kompasiana.com

Latihan ini dapat kamu lakukan dalam posisi duduk, kemudian menggunakan lubang hidung kanan dan kiri secara bergantian ya. Untuk melakukannya – berikut ini cara yang perlu diikuti.

  • Duduk bersila dengan posisi punggung tegak
  • Tutup lubang hidung kiri dengan jari tangan
  • Kemudian, ambil napas dalam-dalam dengan lubang hidung kanan yang terbuka
  • Saat sudah mengambil napas secara maksimal, tutuplah lubang hidung kanan dan buka lubang hidung kiri secara bersamaan untuk buang napas perlahan-lahan. Keluarkan napas dari lubang hidung kiri secara maksimal
  • Kemudian, lakukan teknik pernapasan yang sama, namun kali ini dengan menggunakan lubang hidung kiri. Ambil napas dalam-dalam dengan lubang hidung kiri, sementara lubang hidung kanan ditutup. Lalu, embuskan napas melalui lubang hidung kanan, sementara lubang hidung kiri ditutup
  • Ulangi latihan ini sebanyak 10 kali

 

Wah, dari penjelasan di atas – melakukan sejumlah latihan pernapasan tersebut memang penting ya, apalagi kalau bukan untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama organ paru-paru. Tapi, biar aktivitas latihan pernapasan semakin maksimal, yuk jaga stamina tubuhmu dengan memenuhi kebutuhan vitamin.

Selain dari sumber makanan, vitamin juga dapat diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon Active, lho.

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Atau, kamu juga bisa mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah.

Pastinya, kandungan Vitamin C dalam Enervon Active mampu menjaga daya tahan tubuh kamu agar tidak gampang terserang berbagai macam penyakit.

Dan, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas ya!

Jadi, yuk lakukan sejumlah latihan di atas agar kesehatan saluran pernapasan semakin terjaga. Kalau kamu, ingin menerapkan latihan yang mana dahulu nih?

 

 

Featured Image - doctorxdentist.id