Relaksasi Bantu Produktivitas, Bagaimana Cara Melakukannya?

Relaksasi Bantu Produktivitas, Bagaimana Cara Melakukannya?

font size A Ǎ

Tahukah kamu bahwa relaksasi merupakan salah satu cara penting untuk meningkatkan produktivitas harian? Misalnya, seperti meditasi – yang lebih dikenal sebagai langkah yang dapat membantu mengurangi stres, maupun masalah mental lainnya.

Meditasi merupakan praktik relaksasi yang digunakan untuk melatih pikiran menjadi lebih tenang. Selain itu, teknik relaksasi ini juga melatihmu agar lebih fokus. Untuk itu, secara langsung – meditasi memiliki manfaat untuk meningkatkan produktivitas.

Lantas, bagaimana sih caranya melakukan kegiatan relaksasi, termasuk meditasi untuk membantu produktivitas harian? Yuk, simak panduan lengkapnya di bawah ini!

 

 

Yang Pertama, Fokus Pada Pernapasan Ya

Relaksasi Bantu Produktivitas, Bagaimana Cara Melakukannya?

Credit Image - bahasa.newsbytesapp.com

Hal utama yang perlu diperhatikan dalam penerapan kegiatan relaksasi, berupa meditasi, yaitu fokus pada pernapasan. Caranya, temukan tempat yang nyaman terlebih dahulu, kemudian fokuslah pada tarikan dan hembusan napas.

Di percobaan pertama, mungkin kamu tidak akan langsung fokus. Tapi, tetap mencoba ya! Tarik dan hembuskan kembali napas secara perlahan, hingga kamu merasakan hembusannya. Kalau merasa kesulitan – kamu bisa gunakan berbagai aplikasi panduan latihan napas kok.

Dengan cara relaksasi ini, kamu pun lebih mudah untuk meningkatkan produktivitas harian, lho.

 

Apa Saja Sih yang Perlu Dilakukan Ketika Relaksasi?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, umumnya kegiatan relaksasi, seperti meditasi dilakukan untuk mengurangi rasa stres, serta melatih tingkat konsenteasi. Untuk itu, dalam melakukannya – kamu cukup fokuskan pikiran pada hembusan napas.

Ketika sudah merasa cukup fokus, mulailah merasakan apa yang ada di sekitar. Misalnya, lantai tempatmu duduk, atau bunyi-bunyian yang ada di sekelilingmu. Dengan merasakannya, kamu menjadi lebih peka terhadap lingkungan. Bahkan, kamu pun bisa merasakan kalau tingkat fokus lebih tajam dibanding biasanya.

Namun, jika kamu kesulitan untuk fokus selama kegiatan relaksasi, lagi-lagi, kamu bisa menggunakan aplikasi meditasi yang dapat diakses dari ponsel ya.

 

Kapan Waktu Tepat Melakukannya?

Relaksasi Bantu Produktivitas, Bagaimana Cara Melakukannya?

Credit Image - sehatq.com

Waktu terbaik untuk melakukan kegiatan relaksasi seperti meditasi, yaitu di pagi hari. Ini bisa dilakukan sebelum memulai aktivitas apapun, sehingga fokus dan produktivitas semakin meningkat. Tapi, tak hanya di pagi hari saja, meditasi bisa dilakukan di waktu lainnya kok.

Kamu bisa melakukan relaksasi di sela-sela waktu istirahat makan siang, atau ketika sedang mengalami stres dan tekanan ketika bekerja. Lakukan meditasi sederhana selama lima menit selama jam istirahat. Cara lainnya – dengan melakukan latihan pernapasan selama kurang lebih dua sampai 3 menit di sela-sela waktu kerja.

 

Ketika Bekerja, Apa Jenis Meditasi yang Bisa Dilakukan?

Ketika bekerja, ada sejumlah jenis kegiatan relaksasi yang bisa kamu terapkan. Berikut ini di antaranya.

1. Meditasi musik

Meditasi menggunakan musik adalah salah satu bentuk meditasi yang bisa kamu lakukan sembari bekerja. Caranya pun mudah, yaitu cukup mendengarkan musik yang menenangkan, seperti musik klasik, suara ombak, atau bahkan gemericik air.

 

2. Menghitung napas

Kegiatan relaksasi berikutnya, yaitu menghitung napas. Kamu bisa melakukan meditasi sederhana ini selama 5 menit saja – dan, pikiran akan terasa ringan, serta fokus bakal semakin meningkat!

Kamu hanya butuh duduk dengan nyaman, dan bernapas secara perlahan. Ini adalah salah satu cara termudah untuk menghilangkan stres dan bermeditasi dengan nyaman.

 

3. Meditasi di meja kerja, dengan bantuan alam

Unsur alam memberi dampak yang efektif dalam proses meditasi. Nah, kamu bisa membuat sendiri nuansa alam di area kerja, seperti dengan meletakkan tanaman-tanaman mini seperti tanaman sukulen atau kaktus mini di meja kerja.

 

Efek Relaksasi Juga Bisa Diperoleh Dengan Asupan Vitamin B Kompleks, Nih!

Relaksasi Bantu Produktivitas, Bagaimana Cara Melakukannya?

Credit Image - leep.app

Tahukah kamu bahwa Vitamin B Kompleks dapat memberikan efek relaksasi, termasuk meningkatkan suasana hati? Dari kedelapan jenis Vitamin B, terdapat empat macam yang benar berpengaruh pada mood seseorang.

Yang pertama, ada Vitamin B3 – yang berperan dalam produksi serotonin, yaitu sebuah neurotransmiter yang memungkinkan sel otak dan sel saraf lainnya berkomunikasi. Jika kadar serotonin terlalu rendah, seseorang menjadi lebih mudah stres dan depresi.

Dalam kata lain – kekurangan vitamin B3 dapat mengganggu kadar serotonin dalam tubuh dan berdampak pada suasana hati.

Kemudian, ada pula Vitamin B6 yang juga dapat dapat memelihara kesehatan fungsi saraf. Hal ini juga seringkali dikaitkan dengan gangguan mental, termasuk depresi. Vitamin ini memiliki peran untuk metabolisme estrogen – yang berdampak pada mood.

Vitamin B12 juga dikenal sebagai nutrisi yang dapat bantu meningkatkan suasana hati dan energi positif di dalam tubuh. Hal ini juga dibenarkan oleh seorang Naturopath di Metro Integratate Pharmacy, Sally Warren, yang menyebutkan bahwa memenuhi kebutuhan Vitamin B12, dapat mempertahankan energi baik dalam tubuh.

Dan, yang terakhir ada pula Vitamin B9 dapat bantu memiliki peran dalam mengatur suasana hati seseorang. Instruktur Kesehatan Nutrisi, Kerri Axelrod mengatakan bahwa banyak orang yang mengalami depresi – disebabkan oleh kurangnya kadar vitamin B12 dan vitamin B9.

Asupan Vitamin B Kompleks bisa dipenuhi dengan mengonsumsi sejumlah sumber makanan. Namun, lebih mudahnya – kamu dapat memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks dengan minum multivitamin, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Enervon-C tablet mengandung sejumlah vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk daya tahan yang baik. Beberapa multivitamin itu adalah Vitamin C 500 gram, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat.

Kamu juga bisa mengonsumsi Enervon-C Effervescent yang memiliki kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – dan tentunya bisa memberikan perlindungan ekstra bagi tubuh.

Dan, bagimu yang punya aktivitas padat, direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuh.

Yang pasti, Enervon-C dan Enervon Active dapat mengoptimalkan proses metabolisme tubuh. Ini berkaitan dengan kandungan vitamin B kompleks yang dapat mengubah makanan jadi energi untuk beraktivitas.

Tak ketinggalan, seperti yang sudah dijelaskan di atas, kedua multivitamin tersebut memiliki kandungan vitamin B yang dapat meningkatkan suasana hati alias mood booster, sehingga stres dan cemas dapat teratasi.

 

Nah, itulah sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan kegiatan relaksasi, termasuk meditasi. Jadi, apakah kamu tertarik untuk segera menerapkan cara di atas?

 

 

Featured Image - injeksionline.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!