Hingga saat ini, program vaksinasi Covid-19 masih terus berlangsung di Indonesia. Sejumlah kelompok masyarakat, seperti tenaga kesehatan, pelayanan publik, serta lansia – sudah mendapatkan vaksinasi sejak bulan Januari sampai April 2021 silam.

Sementara, untuk masyarakat berusia 18 tahun ke atas juga sudah boleh mendapatkan vaksinasi – yang ditargetkan akan selesai pada Maret 2022 mendatang. Nantinya, usai mendapatkan vaksin, pastikan kamu tetap mendapat vaksin belum tentu 100 persen kebal dari infeksi virus, lho!

Nah, sebelum memperoleh vaksinasi Covid-19, ada beberapa hal yang sebaiknya wajib kamu perhatikan nih. Setidaknya ada tiga pantangan yang perlu dihindari. Penasaran apa saja?

Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

 

 

Hindari Mengonsumsi Minuman Beralkohol!

Credit Image - archivio.letitwine.com

Hal pertama yang wajib kamu hindari sebelum mendapatkan vaksinasi Covid-19, yaitu mengonsumsi minuman beralkohol. Disarankan, tidak mengonsumsi jenis minuman tersebut, setidaknya satu hari sebelum suntik vaksin ya. Mengapa demikian?

Sebab, alkohol dapat membuat tubuh menjadi dehidrasi – yang sudah pasti tidak baik untuk kesehatan. Selain itu, menghindari minuman ini juga penting agar imun tetap kuat dan mampu menghasilkan reaksi antibodi yang baik untuk meminimalisir infeksi virus corona.

 

Hindari Pula Mengonsumsi Obat-Obatan Tertentu Ya!

Credit Image - humanparts.medium.com

Apakah kamu punya penyakit bawaan? Sebelum melakukan vaksinasi, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan petugas kesehatan. Selain itu, pastikan kamu menghindari konsumsi obat-obatan tertentu.

Misalnya, mengonsumsi obat-obatan yang memiliki kandungan – yang bisa mengurangi kerja vaksin, serta menurunkan respons imun terhadap vaksin yang sudah disuntikkan. Nah, nantinya, kalau sudah menerima vaksin – kamu dapat minum obat-obatan tertentu jika merasa membutuhkannya.

Atau, kalau ragu, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter terkait, atau petugas medis yang menangani vaksinasi ya.

 

Jangan Begadang: Penting Untuk Dilakukan, Lho

Credit Image - kompas.com

Yang satu ini juga tidak boleh dilewatkan – malah, wajib dilakukan. Sebelum mendapatkan vaksin, pastikan kamu sudah memperoleh waktu tidur yang cukup. Ingat, jangan begadang! Bahkan, tidur yang cukup sangat disarankan diperoleh beberapa hari sebelum vaksinasi, lho.

Disarankan untuk mendapatkan tidur yang cukup, setidaknya 7-9 jam setiap malam. Sebab, mendapatkan tidur berkualitas tinggi dapat mendukung sistem kekebalan untuk membantu tubuh melakukan respons yang efisien terhadap vaksin.
 

Yang Penting Disiapkan, Suplemen Untuk Dukung Imunitas Tubuh!

Credit Image - healthifyme.com

Dilansir dari CNN Indonesia – berdasarkan informasi dari Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Gatot Soegiarto mengatakan bahwa meskipun sudah menerapkan pola hidup sehat, seperti olahraga teratur dan telah divaksin, konsumsi suplemen sebaiknya masih terus dilanjutkan. Dengan demikian, perlindungan optimal pun bisa didapatkan tubuh.

Hal ini juga diperlukan karena adanya faktor usia yang bisa menurunkan sistem imun tubuh. Jadi, organ tubuh tetap membutuhkan suplemen sebagai penunjang kekebalan tubuh.

Adapun suplemen yang baik dikonsumsi, termasuk setelah mendapat vaksin Covid-19, yaitu suplemen jenis imunomodulator. Ini merupakan jenis suplemen yang dapat membantu meningkatkan pembentukan sistem imun, atau menahan laju pembentukan sistem imun ketika tubuh merasa sudah terbentuk sistem imun dalam jumlah cukup.

Untuk itu, direkomendasikan untuk minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan 1000 mg Vitamin C yang dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap tubuh!

Tak hanya mengonsumsi suplemen usai vaksin, sekaligus menerapkan pola hidup sehat, jangan lupa untuk terus menerapkan protokol kesehatan. Sebab, sudah peroleh vaksin belum menjamin 100 persen kebal dari virus corona. Hanya saja, dengan dapat vaksin, gejala yang mungkin dialami akan lebih ringan – dibanding yang tidak divaksinasi.

Jadi, tetap jalani protokol kesehatan 5M secara lengkap dan disiplin, yang meliputi memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

 

Jadi, apakah dalam waktu dekat ini kamu akan segera mendapatkan vaksinasi? Yuk, hindari ketiga pantangan tersebut, agar imunitas tubuh dapat terbentuk dengan maksimal!

 

 

Featured Image - gov.sg 

Source - inews.id