4 Alasan Kenapa Bayi Baru Lahir Sebaiknya Tidak Langsung Dimandikan

TAGS : Anak
font size A Ǎ

Bayi yang baru lahir biasanya langsung dimandikan di rumah sakit. Namun kenyataannya, semakin lama kamu menunda waktu mandi pertama si kecil maka akan semakin baik bagi kesehatannya. Apa saja manfaat tidak langsung memandikan bayi setelah ia lahir? Berikut manfaatnya:

1. Mengurangi risiko infeksi

4 Alasan Kenapa Bayi Baru Lahir Sebaiknya Tidak Langsung Dimandikan

Credit: The Asian Parent

Bayi terlahir dilapisi oleh zat lemak bernama vernix yang melekat pada sekujur kulitnya. Kelihatannya agak seperti krim putih yang bertekstur licin seperti lilin. Beberapa bayi bahkan bisa terlahir dengan lapisan vernix yang tebal dan banyak. Mungkin itu sebabnya banyak orangtua yang merasa perlu untuk segera memandikan bayi baru lahir karena lapisan ini membuat penampilan bayi tampak kotor.

Padahal, vernix mengandung protein yang mampu mencegah infeksi bakteri umum seperti Grub B Strep dan E. coli yang dapat berakibat fatal bagi bayi yang baru lahir. Selain itu, vernix juga memiliki sifat imun.

2. Melembapkan kulit bayi

4 Alasan Kenapa Bayi Baru Lahir Sebaiknya Tidak Langsung Dimandikan

Credit: Liputan6

Vernix merupakan pelembab alami terbaik untuk kulit bayi yang baru lahr. Vernix terbuat dari air, sel kulit, dan protein yang membantu menjaga kulit bayi tetap lembut dan lentur.

Lapisan lemak ini juga berfungsi sebagai pelindung alami kulit bayi. Perubahan lingkungan dratis, dari awalnya di Rahim yang lembab ke dunia yang berudara kering, dapat membuat kulit bayi jadi cepat kering. Vernix akan bekerja layaknya selimut untuk mencegah kulit bayi mengering begitu terpapar oleh udara sekitar.

3. Mencegah hipotermia

4 Alasan Kenapa Bayi Baru Lahir Sebaiknya Tidak Langsung Dimandikan

Credit: Alodokter

Bayi yang baru lahir belum memiliki sistem kendali suhu tubuh yang sempurna. Dengan adanya lapisan vernix akan membantu bayi merasa tetap hangat. Ini karena vernix mengandung protein yang berguna untuk mengontrol suhu tubuh begitu ia lahir.

Jika kamu langsung memandikan bayi baru lahir sedangkan tubuhnya belum benar- benar beradaptasi dengan suhu lingkungan, maka suhu tubuh bayi bisa tiba- tiba turun dan memicu hipotermia atau komplikasi lainnya.

4. Mengatur gula darah bayi

4 Alasan Kenapa Bayi Baru Lahir Sebaiknya Tidak Langsung Dimandikan

Credit: Hello Sehat

Memandikan bayi terlalu cepat setelah lahir dapat menyebabkan hipotermina, yang efeknya akan langsung menurunkan gula darah. Selain itu, mandi menyebabkan bayi kaget dan menangis karena stress kedinginan. Pelepasan hormon stress dalam jumlah banyak dapat menyebabkan gula darah bayi menurun.

Ketika gula darah bayi turun, ia akan tampak sangat mengantuk dan tidak mau menyusu sehingga menyebabkan gula darahnya semakin menurun.

Lalu, kapan boleh memandikan bayi?

4 Alasan Kenapa Bayi Baru Lahir Sebaiknya Tidak Langsung Dimandikan

Credit: Fimela

Banyak pakar kesehatan yang menganjurkan untuk menundak waktu mandi pertama bayi sampai tanda- tanda vital dan suhu bayi telah stabil.

Orangtua dianjurkan untuk memandikan bayi setiaknya 2-4 jam setelah ia lahir. Bahkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan orangtua untuk menunda memandikan bayi baru lahir sampai 24 jam setelah kelahirannya, atau hingga 48 jam jika bayi lahir lewat Caesar.

Selain itu, kamu sebaiknya juga tidak langsung membilas vernix yang masih menempel pada kulit bayi saat memandikannya. Tujuan mandi pertama bayi juga seharusnya hanya sebatas untuk menghilangkan kotoran seperti darah dan sisa- sisa meconium (feses pertama bayi)

 

Featured Image - Hello Sehat 


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!