Seperti diketahui, Vitamin C merupakan asupan penting yang memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan, termasuk mempertahankan daya tahan tubuh. Apakah kamu sudah konsumsi vitamin ini setiap harinya? Ingat, Vitamin C tak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, lho. Jadi, mesti dipenuhi dengan mengonsumsi makanan, minuman, maupun suplemen – sebagai asupan nutrisi pelengkap.

Tapi, jika mengonsumsi Vitamin C dalam bentuk suplemen, bolehkah dikonsumsi setiap harinya? Tenang saja, ini aman dilakukan kok. Sebab, Vitamin C merupakan jenis vitamin larut air yang mudah diserap oleh tubuh, lalu sisa zat yang tidak diperlukan akan dibuang melalui urin.

Nah, berkaitan dengan manfaat Vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh – maka, kamu harus rajin mengonsumsinya, mengingat kini sedang memasuki musim pancaroba dan masih berlangsungnya pandemi Covid-19.

Lebih lengkap mengenai pentingnya mengonsumsi Vitamin C secara rutin, serta sumber Vitamin C yang direkomendasikan, yuk simak ulasannya di bawah ini!

 

 

Vitamin C: Nutrisi Penting Untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

Credit Image - food.detik.com

Memangnya mengapa sih Vitamin C penting dikonsumsi setiap harinya, terutama di tengah cuaca tak menentu dan selama pandemi Covid-19? Setidaknya ada tiga manfaat utama yang bisa kamu peroleh, lho.

Berikut ini di antaranya.

Mengoptimalkan Sistem Imun Tubuh

Alasan utama banyak orang memilih untuk minum vitamin C, yaitu untuk meningkatkan sekaligus mempertahankan daya tahan tubuh.

Dalam perannya meningkatkan imunitas tubuh – vitamin C dapat mendorong produksi sel darah putih, yang disebut limfosit dan fagosit. Keduanya dapat membantu melindungi tubuh dari serangan virus penyebab infeksi.

Kemudian, vitamin C juga membantu kinerja sel darah putih jadi lebih efektif dan melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Berperan sebagai antioksidan dan menguatkan perlindungan terhadap kulit. Dan, vitamin C mampu mempercepat penyembuhan luka.

 

Mencegah Batuk dan Pilek

Di musim hujan sekarang ini, sudah pasti penyakit flu, pilek, dan batuk mengintai masyarakat. Ini dikarenakan suhu yang lebih lembap, sehingga virus penyebab flu lebih mudah menyerang.

Dengan rutin mengonsumsi vitamin C kemungkinan kamu terpapar flu, batuk, dan pilek dapat berkurang, lho. Bahkan, vitamin C dapat mengurangi tingkat keparahan flu hingga 8 persen pada anak- anak, dan 14 persen pada orang dewasa.

 

Mencegah Defisiensi Zinc

Zinc termasuk salah satu mineral penting yang juga berperan dalam membentuk imunitas yang baik. Zat ini dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah dan menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh.

Jika vitamin C dan zinc dikombinasikan, keduanya bisa menjadi ‘pasangan terbaik’. Dan, manfaatnya pun dapat dirasakan secara maksimal. Mengapa demikian?

Pasalnya, asupan zinc yang tercukupi dapat bantu memaksimalkan penyerapan vitamin C. Mineral zinc berperan untuk mengaktifkan sel T (limfosit T) – sel yang mengendalikan respon imun dan menyerang sel pembawa penyakit.

Jadi, ketika tubuh kekurangan zinc, maka imunitas tubuh pun ikut terganggu. Untuk itu, kamu perlu memenuhi kebutuhan zinc harian agar vitamin C dapat diserap dengan baik.

 

Apa Saja Sumber Makanan yang Kaya Vitamin C?

Credit Image - jagoanbahasainggris.com

Untuk memenuhi kebutuhan Vitamin C harian, kamu bisa mengonsumsi sejumlah makanan sehat – seperti sayur dan buah yang kaya akan vitamin tersebut. Dari buah, kamu bisa konsumsi: 

  • Jeruk
  • Buah lemon
  • Pepaya
  • Kiwi
  • Strawberry
  • Blueberry
  • Nanas
  • Leci
  • Mangga

Sedangkan, untuk sayur kamu bisa temukan kandungan Vitamin C pada beberapa jenis sayur berikut ini ya.

  • Cabai merah
  • Kangkung
  • Brokoli
  • Kale
  • Paprika merah dan hijau
  • Kubis
  • Bayam
  • Kembang kol

Yang perlu diketahui – kamu mesti memperhatikan proses pengolahan sayuran yang mengandung Vitamin C. Jika tidak, kandungan vitaminnya justru dapat hilang. Pastikan, kamu mengolah sayur dengan suhu rendah dan tambahkan sedikit air untuk mengurangi risiko vitamin C yang terbuang.

Jadi, apa yang mesti dilakukan? Kamu direkomendasikan untuk mengoptimalkan asupan Vitamin C dengan rutin mengonsumsi suplemen dengan kandungan lengkap, lho.

 

Konsumsi Suplemen Vitamin C Untuk Optimalkan Daya Tahan Tubuh

Credit Image - verywellhealth.com

Untuk membantu memenuhi kebutuhan Vitamin C setiap harinya – dan tentunya lebih mudah dilakukan, yaitu dengan mengonsumsi suplemen multivitamin dengan kandungan lengkap setiap harinya.

Direkomendasikan untuk minum  Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet – dengan kandungan Vitamin C 500 mg. Atau, Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – yang satu ini dapat berikan perlindungan ekstra, terlebih untukmu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Untuk yang punya aktivitas padat, direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Dan, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C maupun Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama.

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya bahwa mengonsumsi Vitamin C setiap hari penting – untuk menjaga daya tahan tubuh selama musim pancaroba dan pandemi Covid-19. Yuk, penuhi asupan vitamin yang satu ini agar kesehatan tubuh tetap prima!

 

 

Featured Image - eatthis.com