Moms, Ini Lho 4 Tips Penting Memilih Mainan Edukatif Untuk Balita!

Moms, Ini Lho 4 Tips Penting Memilih Mainan Edukatif Untuk Balita!

font size A Ǎ

Moms, usia 0 sampai 3 tahun memang dikenal sebagai periode yang luar biasa dalam perkembangan Si Kecil. Kamu pun pasti sudah mengetahuinya, ya? Di masa tersebut, orangtua perlu memberikan sejumlah dukungan agar pertumbuhannya semakin optimal, salah satunya dengan memberi mainan edukatif.

Bermain dapat memberikan kesempatan besari bagi anak untuk berkembang, sekaligus mempraktikkan keterampilan baru, bahkan dengan cepat, lho. Untuk itu, diperlukan mainan edukatif yang bisa membantu perkembangan anak ya, moms.

Tapi, apakah kamu masih suka bingung, kira-kira mainan edukatif seperti apa yang sebaiknya diberikan pada anak? Berikut ini ada sejumlah tips memilih mainan edukatif yang dapat diterapkan nih. Tanpa perlu berlama-lama, yuk langsung simak ulasannya sampai habis!

 

 

Mainan yang Dapat Mendorong Eksplorasi dan Pemecahan Masalah

Moms, Ini Lho 4 Tips Penting Memilih Mainan Edukatif Untuk Balita!

Credit Image - geosiar.com

Seperti yang sudah disebutkan, mainan yang tepat dapat membantu anak untuk mempraktikkan keterampilannya. Jadi, sebaiknya pilih mainan edukatif yang memungkinkan Si Kecil untuk mengerjakannya sendiri, atau dengan sedikit panduan orang dewasa, sebab ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis dan membantunya menjadi seseorang yang mampu memecahkan masalah.

Selain itu, mainan edukatif ini juga dapat membantu anak membangun hubungan spasial – yaitu, memahami bagaimana benda-benda bisa saling berkaitan, meningkatkan koordinasi mata dan tangan, serta membantu keterampilan motorik.

Adapun mainan edukatif yang termasuk dalam kategori ini adalah  puzzle, mainan sortir bentuk, blok, kotak bertumpuk, serta peralatan seni seperti lilin mainan, cat air, atau krayon.

 

Dapat Membantu Merangsang Imajinasi Anak

Menginjak usia tiga tahun, kreativitas anak pun semakin meningkat tajam. Ia pun sudah dapat berperan sebagai orang lain, atau membayangkan bahwa suatu benda merupakan benda lainnya. Seperti, anak berpura-pura menjadi pemilik toko kue.

Untuk itu, berikanlah mainan edukatif yang bisa digunakan Si Kecil untuk memainkan cerita. Nah, sediakanlah kostum, blok, makanan dan alat makan, action figure, boneka, mainan kendaraan, rumah boneka, dan alat pertukangan.

Atau, kamu juga dapat menggunakan kardus besar bekas kulkas atau peralatan lainnya. Kardus tersebut bisa dibuat menjadi rumah, kapal, terowongan, dan apapun sesuai imajinasi Si Kecil, lho.

 

Mainan Edukatif Untuk Belajar Membaca

Moms, Ini Lho 4 Tips Penting Memilih Mainan Edukatif Untuk Balita!

Credit Image - cussonskids.co.id

Selanjutnya, moms disarankan untuk menyediakan mainan edukatif yang juga dapat membantu proses belajar membacanya. Baik buku, huruf, angka magnet, maupun alat tulis – seperti, spidol, krayon, dan cat jari dapat membantu mengembangkan kemampuan menulis, serta membacanya sejak ia berusia dini.

Tak hanya itu, kamu pun bisa memberikan buku katalog, menu, dan majalah yang bisa menjadi menyenangkan untuk dilihat-lihat Si Kecil. Nah, hal tersebut pun juga dapat membuat anak semakin akrab dengan tulisan.

 

Untuk Mendorong Anak Menjadi Lebih Aktif

Semakin besar, anak pun akan makin kuat dan percaya diri dengan tubuhnya. Di masa ini, kamu bisa berikan mainan edukatif yang mampu membantunya mempraktikkan kemampuan fisik, serta menambah kemampuan baru lainnya.

Beberapa mainan edukatif yang termasuk dalam kategori ini, yaitu bola dengan berbagai bentuk, bahan, dan ukuran. Atau, bisa berikan satu set mainan bowling, mainan basket untuk anak-anak, mainan yang dapat ditarik dengan tali, mainan berkebun, dan sepeda maupun skuter roda tiga.

Selain itu, American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan mainan edukasi untuk balita sebagai berikut:

  • Boneka, figur hewan, dan action figure
  • Mainan mirip benda asli, misalnya peralatan makan, kendaraan, rumah boneka, atau bangunan lain
  • Blok, puzzle
  • Peralatan seni
  • Kartu, board game, mainan huruf, dan buku sesuai usia anak
  • Mainan aktivitas fisik seperti bola, mainan yang ditarik atau didorong, serta sepeda dan skuter

 

Optimalkan Pertumbuhan Anak, Cukupi Kebutuhan Nutrisinya!

Moms, Ini Lho 4 Tips Penting Memilih Mainan Edukatif Untuk Balita!

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Selain dengan memberikan anak berbagai macam mainan edukaitf, untuk mendukung kecerdasan, sekaligus tumbuh kembangnya – pastikan moms sudah memberikan kebutuhan nutrisinya ya. Tentu saja, hal ini dapat membantu daya tahan tubuh anak, lho.

Berikan buah dan sayuran untuk mencukupi nutrisi, termasuk vitamin. Sebagai pelengkap, kamu juga dapat berikan multivitamin dengan kandungan lengkap untuk si kecil. Namun, multivitamin apa yang direkomendasikan?

Berikan Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D – yang penting untuk dukung perkembangan kecerdasan anak.

Tak hanya itu, Enervon-C Plus Sirup pun dapat bantu optimalkan tambuh kembang si kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Ternyata ada banyak sekali jenis mainan edukatif yang disarankan diberikan pada Si Kecil ya. Sejumlah mainan tersebut dapat kamu pilih – dan sesuaikan dengan kebutuhan anak ya. Jadi, kalau kamu ingin berikan mainan yang mana nih?

 

 

Featured Image - id.theasianparent.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!