Selama pandemi Covid-19, bepergian ke luar rumah merupakan kegiatan yang sebaiknya dihindari, kecuali untuk urusan mendesak. Namun sayangnya, masih banyak pekerja yang tidak bisa melakukan berbagai tugasnya di rumah – sehingga, tetap perlu pergi ke kantor.

Ketika kamu harus bepergian, pastikan sudah menerapkan sejumlah langkah pencegahan penularan virus, termasuk menerapkan protokol kesehatan, yaitu memakai masker – kamu bisa menggunakan masker ganda untuk perlindungan ekstra, rutin mencuci tangan atau gunakan hand sanitizer, menjaga jarak, serta menghindari kerumunan.

Nah, setelah bepergian, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan – dan tentunya dilakukan, usai sampai di rumah yang bertujuan untuk mencegah penyebaran virus, sehingga anggota keluarga di rumah tetap aman dan terlindungi.

Lantas, apa saja hal tersebut? Berikut ini ulasan lengkapnya!

 

 

Lepas Sepatu Sebelum Masuk ke Rumah

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Yang pertama, pastikan kamu sudah melepaskan sepatu sebelum masuk ke dalam rumah. Hal yang satu ini wajib diterapkan usai bepergian, apalagi ketika kamu menggunakan transportasi umum. Jadi, hindari membawa, atau menggunakan sepatu di dalam rumah ya.

Selain itu, sebaiknya hindari membawa sepatu ke dalam kamar tidur, sebab bisa saja ada berbagai virus, bakteri, dan kuman yang dapat mengontaminasi. Sudahkah kamu terapkan cara ini? Kalau belum, yuk mulai dilakukan ya!

 

Semprotkan Disinfektan pada Barang Bawaan Juga Penting!

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan usai bepergian, semprotkan cairan  cairan disinfektan pada barang bawaanmu pada saat pergi, seperti sepatu, handphone, pakaian – terutama lapisan paling luar seperti jaker, tas, laptop, maupun barang- barang bawaan lainnya.

Menyemprotkan disinfektan dapat membantu membunuh bakteri, virus, ataupun kuman yang mungkin menempel pada permukaan benda – yang kamu bawa ketika bepergian ke luar rumah. Hati-hati, jika tidak dibersihkan, barang bawaan tersebut bisa saja menjadi perantara virus, apalagi ketika disentuh maupun dihirup oleh manusia.

 

Hindari Pula Menyentuh Benda Apapun Ya

Credit Image - wowkeren.com

Langkah berikutnya, setelah melepas sepatu, kemudian membersihkan barang bawaan dengan cairan disinfektan – kamu dapat masuk ke dalam rumah. Tapi, ingatlah untuk tidak menyentuh benda apapun yang ada di dalamnya, sebelum kamu mencuci tangan – atau membersihkan diri.

Sayangnya, hal yang satu ini masih sering disepelekan, bahkan masih banyak yang langsung beraktivitas bebas di dalam rumah sebelum membersihkan diri, lho. Untuk itu, hindari pula duduk di sofa atau tempat tidur dalam kondisi masih menggunakan pakaian yang digunakan saat berpergian. Dan bagi orangtua, hindari menggendong anak ketika belum dalam kondisi yang bersih ya.

 

Segera Lepaskan Pakaian yang Digunakan Ketika Bepergian

Yang juga penting segera dilakukan usai bepergian, yaitu segera lepaskan pakaian – dan, taruh ke dalam keranjang baju kotor. Hindari pula menggantungnya di kamar, apalagi kembali digunakan keesokan harinya!

Sebab, pakaian yang kamu gunakan tersebut bisa saja sudah terkontaminasi dengan virus, bakteri, maupun kuman ketika berada di luar rumah. Nah, setrlah memegang pakaian kotor tersebut, segera cuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama 20 detik.

 

Terakhir, Mandi Hingga Bersih!

Credit Image - lifestyle.okezone.com

Langkah terakhir yang perlu dilakukan usai keluar rumah, bersihkan tubuhmu dari ujung kepala sampai kaki. Dianjurkan juga untuk membersihkan bagian tubuh atas terlebih dahulu, kemudian barulah ke bagian bawah tubuh. Mengapa demikian?

Karena, cara tersebut dapat membuat sabun membersihkan area tubuh secara merata. Selain itu, pastikan kamu juga membersihkan area lipatan tubuh, termasuk sela-sela jari. Namun, kalau ingin keramas – lakukan hal ini pertama kali sebelum membersihan bagian tubuh lainnya.

 

Selain Menjaga Kebersihan, Optimalkan Perlindungan Dengan Menjaga Imunitas Tubuh

Tak hanya menjaga kebersihan diri, namun menjaga imunitas juga penting untuk memaksimalkan perlindungan terhadap risiko infeksi virus, lho. Jika imun sudah kuat, maka risiko infeksi pun akan semakin berkurang. Apa saja yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh?

Adapun yang bisa dilakukan, yaitu menerapkan pola makan bergizi seimbang, mencukupi kebutuhan cairan tubuh, istirahat selama 7-8 jam dalam semalam, rutin berolahraga, dan kelola stres dengan baik.

Selain itu, penuhi juga kebutuhan vitamin harian, terutama Vitamin C yang berperan penting dalam menjaga sistem imun tubuh. Untuk peroleh vitamin tersebut – bisa dengan rutin mengonsumsi multivitamin setiap harinya.

Direkomendasikan untuk minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan 1000 mg Vitamin C yang dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap tubuh!

Untuk yang punya aktivitas padat, direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

 

Nah, itulah 5 hal yang perlu dilakukan usai bepergian – yang juga dapat meminimalisir risiko penularan virus corona. Jadi, apakah kamu sudah menerapkan sejumlah tips di atas?

 

 

Featured Image - klikdokter.com