Di masa pandemi Covid-19, belum lagi musim pancaroba yang terus berlangsung – membuat sebagian besar orang menyadari pentingnya mengonsumsi vitamin. Apakah kamu sudah rutin konsumsi nutrisi yang satu ini setiap harinya? Jangan disepelekan, vitamin penting untuk menjaga daya tahan tubuh, lho.

Seperti diketahui, imunitas berperan penting sebagai “senjata” utama dari berbagai macam ancaman penyakit, termasuk virus corona. Jika kekebalan tubuh sudah kuat, maka risko terserang virus pun semakin rendah.

Dilansir dari SehatQ – dari penelitian yang dipublikasikan oleh Harvard University Amerika Serikat menyatakan bahwa multivitamin memang dapat menurunkan risiko beberapa jenis penyakit tertentu, tapi pastikan pula kamu tetap memerhatikan pola makan secara keseluruhan.

Terkadang, kamu mungkin tidak sempat untuk mengonsumsi berbagai jenis buah maupun sayur – yang juga dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin, apalagi kalau salah dalam proses pengolahan, sehingga kandungan nutrisi di dalamnya pun berkurang.

Untuk itu, rutin mengonsumsi vitamin dalam bentuk suplemen sangat dianjurkan, lho. Tapi, apa saja sih vitamin yang dibutuhkan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh?

Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Tentunya, Vitamin C Sangat Diperlukan

Credit Image - okezone.com

Vitamin C memang terkenal dapat membantu memerangi sekaligus mencegah datangnya penyakit akibat perubahan cuaca, seperti pilek dan flu. Vitamin ini bekerja dengan meredakan peradangan dalam tubuh, termasuk pada bagian paru-paru, sehingga Vitamin C pun biasanya menjadi salah satu kandungan yang berperan untuk membantu meningkatkan imun ketika terinfeksi Covid-19.

Vitamin ini memang sangat dijumpai pada berbagai jenis buah maupun sayur, adapun sejumlah sumber makanan yang kaya akan Vitamin C, yaitu:

  • Jambu merah
  • Jeruk
  • Kiwi
  • Mangga
  • Buah berries, seperti stroberi, raspberi, blueberi, dan cranberi
  • Sayuran hijau – brokoli, bayam, kol hijau, dan kubis
  • Tomat
  • Kentang dan ubi
  • Cabai merah dan hijau

Namun, agar kebutuhan Vitamin C terpenuhi secara optimal, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg untuk perlindungan ekstra.

Dan, direkomendasikan pula untuk mengonsumsi Enervon Active – yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat bantu menjaga imun tubuh, sekaligus mengoptimalkan stamina agar tak mudah lelah!

 

Vitamin B6 Juga Penting Dikonsumsi, Lho

Selanjutnya, ada pula Vitamin B6 yang berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh selama musim pancaroba dan pandemi Covid-19. Meski jarang diketahui, namun vitamin yang satu ini – punya manfaat besar dalam menjaga imunitas tetap stabil.

Berdasarkan studi yang dirilis oleh PubMed, tubuh yang kekurangan vitamin B6 dapat mempengaruhi respons imun – sebab produksi antibodi yang terganggu.

Vitamin B6 dapat membantu mengontrol kadar homosistein dalam darah. Selain itu, vitamin B6 dibutuhkan tubuh untuk menyerap vitamin B12 serta memproduksi sel- sel sistem kekebalan tubuh dan sel darah merah.

Vitamin ini pun mudah didapatkan dalam bentuk sumber makanan, seperti salmon, tuna, sayuran hijau, maupun kacang polong. Tapi, kamu juga sangat dianjurkan untuk mendapat asupan Vitamin B6 dengan mengonsumsi multivitamin Enervon Active secara rutin ya.

 

Vitamin D: Nutrisi Penting Untuk Daya Tahan Tubuh

Credit Image - health.kompas.com

Vitamin D merupakan salah satu vitamin penting untuk menjaga kekebalan tubuh. Vitamin yang satu ini mampu melawan peradangan di dalam tubuh, berperan dalam regulasi imun, dan membantu mengaktifkan pertahanan sistem imun.

Jika tubuh kekurangan asupan Vitamin D, maka respon imunnya bisa terganggu dan meningkatkan risiko infeksi yang berkaitan dengan imun. Bahkan, Vitamin D juga dapat menurunkan fungsi paru- paru, yang berisiko mempengaruhi kemampuan tubuh dalam melawan infeksi saluran pernapasan.

Selain itu, Vitamin D punya peran penting lainnya, yaitu membantu tubuh mempertahankan level kalsium dan fosfor serta menjaga kesehatan saluran pernapasan. Di negara tropis seperti Indonesia, vitamin D sangat mudah didapatkan lewat paparan sinar matahari pagi.

Tapi Vitamin D juga dapat diperoleh dari asupan makanan, seperti salmon, tuna, makarel, keju, kuning telur, dan hati sapi. Untuk asupan Vitamin D pada anak, kamu dianjurkan untuk memberikannya multivitamin Enervon-C Plus Sirup, nih.

Multivitamin lengkap tersebut mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang dapat membantu anak tetap aktif selama masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta membantu menjaga daya tahan tubuh dan imunitas Si Kecil agar tidak mudah sakit.

 

Vitamin E Juga Tak Kalah Pentingnya!

Dan terakhir, ada pula Vitamin E yang berperan sebagai antioksidan baik untuk membantu memerangi kuman berbahaya yang menyerang. Tak hanya dari suplemen saja, namun Vitamin E juga dapat diperoleh dari kacang-kacangan, biji-bijian, dan bayam, lho.

Selain dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, tetapi kandungan antioksidan dalam Vitamin E dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, kanker, maupun penyakit berbahaya lainnya.

 

Wah, bagaimana nih? Itulah keempat vitamin yang penting dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh selama musim pancaroba dan pandemi Covid-19. Jadi, apakah kamu sudah rutin memenuhi sejumlah kebutuhan vitamin tersebut?

 

 

Featured Image - sunwarrior.com