Beberapa waktu belakangan ruang tertutup juga menyebabkan penularan virus mudah terjadi.

Dilansir dari Klik Dokter – beberapa benda yang digunakan bersama memiliki rutin mencuci tangan usai menyentuh benda yang berada di tempat publik ya.

Memang, saat ini kebijakan bekerja di rumah sedang kembali diberlakukan, tapi tidak semua orang bisa menikmati aturan tersebut. Nah, bagi yang masih harus bekerja di kantor – ada sejumlah benda yang berisiko menjadi media penularan virus, yang perlu diwaspadai.

Apa saja benda tersebut? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Gagang Pintu Merupakan Benda yang Disentuh Banyak Orang

Credit Image - wowkeren.com

Benda pertama yang dapat menjadi media penularan virus, yaitu gagang pintu. Tak bisa dipungkiri, ketika keluar maupun masuk ke ruangan, mau tidak mau kamu memang harus memegang gagang pintu. Benar, kan?

Sayangnya, benda tersebut sering sekali disentuh banyak orang, sehingga risiko kontaminasi pun semakin tinggi. Apabila kamu tidak rutin mencuci tangan setelah memegang gagang pintu – maka bukan tak mungkin virus dan kuman yang menempel di gagang pintu bisa berpindah dan masuk ke tubuhmu, lho.

 

Penggunaan Toilet Juga Mesti Diwaspadai

Pastinya, toilet di kantor merupakan fasilitas yang digunakan oleh semua karyawan. Mulai dari pintu, kloset, bahkan sampai wastafel toilet, sejumlah benda ini akan disentuh oleh banyak orang. Alhasil, berbagai bakteri dan kuman bisa menempel di benda-benda tersebut.

Tapi tenang, selama kamu sudah rutin mencuci tangan – maka risiko kontaminasi virus dapat diminimalisir kok. Namun sebaliknya, kalau kebersihan tangan tak dijaga, ditambah masih sering memegang wajah – maka risiko virus dapat berpindah ke tangan dan menginfeksi pun dapat meningkat!

 

Tombol Lift: Berperan Sebagai Media Penularan Virus

Credit Image - tribunnews.com

Bagi kamu yang bekerja di gedung tinggi, lift merupakan salah satu fasilitas yang juga sering digunakan. Namun sayangnya, tombol yang berada di dalam lift juga termasuk benda yang berperan sebagai media penularan virus.

Lantas, bagaimana cara menghindarinya? Kamu sangat disarankan untuk menekan tombol lift menggunakan benda lainnya, seperti tusuk gigi, atau siku tangan. Menyentuh tombol dengan jari dapat menyebabkan kuman dan bakteri dari benda tersebut berpindah ke tanganmu.

 

Tanpa Disadari, Dispenser Air Minum Juga Bisa Menularkan Virus!

Wajib diperhatikan nih! Tanpa disadari, dispenser air minum – maupun kulkas yang ada di pantry kantor juga dapat menjadi media penularan virus corona, lho. Bahkan, menurut American Society for Microbiology, ruang untuk karyawan beristirahat sambil ngopi adalah tempat paling berisiko menularkan Covid-19.

Untuk itu, ketika kamu hendak menekan tombol dispenser, microwave, mesin kopi, maupun benda lainnya – cobalah menggunakan tusuk gigi, atau lapisi tangan dengan tisu ya. Kemudian, segera cuci tangan dengan sabun dan air bersih.

 

Waspadai Pula Mesin Absensi Fingerprint

Credit Image - talenta.co/

Pada era digital seperti sekarang, kehadiran karyawan umumnya dicatat lewat mesin absensi fingerprint. Wah, hal yang satu ini juga mesti diwaspadai, lho. Sebab, mesin fingerprint di kantor akan digunakan banyak orang dan kegiatan ini berisiko memindahkan virus serta bakteri ke tanganmu.

Guna mencegah penularan virus corona, segera cuci tangan sehabis absen. Atau, perusahaan juga bisa menggunakan aplikasi di handphone untuk absensi – cara ini dapat meminimalkan penularan virus corona akibat penggunaan benda bersama di kantor. 

 

Masih Harus Pergi Ke Kantor? Perketat Kembali Langkah Pencegahan!

Di masa pandemi, menerapkan upaya pencegahan virus memang penting adanya. Masyarakat sangat disarankan untuk menjalani protokol kesehatan secara disiplin, mulai dari memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, serta hindari bepergian kecuali untuk urusan mendesak.

Selain itu, pastikan selalu menjaga kebersihan, termasuk  bersih-bersih setelah bepergian ke luar rumah.

Selanjutnya, imbangi dengan berbagai kebiasaan sehat, dianjurkan untuk perbanyak konsumsi makanan bernutrisi tinggi, olahraga yang rutin, cukupi waktu istirahat, serta mengelola stres dengan baik.

Dan, yang tak kalah penting, yaitu memenuhi kebutuhan vitamin. Selain dari makanan, asupan ini juga dapat diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin, terutama yang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks.

Direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Sejumlah kandungan tersebut dapat menjaga daya tahan tubuhmu selama pandemi Covid-19, serta mampu mengoptimalkan stamina tubuh, sehingga tidak mudah lelah ketika harus beraktivitas seharian!

 

Jadi, untuk kamu yang masih harus pergi ke kantor, pastikan tetap waspada akan risiko penularan virus yang mengintai ya!  

 

 

Featured Image - travel.tribunnews.com