Seperti diketahui, imunitas merupakan hal penting yang harus dijaga, terutama di masa pandemi Covid-19. Daya tahan tubuh – ungkapan yang mengacu pada kemampuan tubuh untuk mencegah masuknya patogen berbahaya, seperti virus ke dalam tubuh.

Untuk menjaga imunitas tetap kuat, ada berbagai cara yang bisa dilakukan, seperti memperhatikan asupan makanan bergizi seimbang, rutin berolahraga, mendapat waktu istirahat yang cukup, serta mengelola stres dengan baik.

Tapi, ada salah satu hal lain yang masih sering dilupakan nih, yaitu menghindari sejumlah makanan yang justru dapat melemahkan imun. Sayangnya, makanan tersebut masih sering dikonsumsi – apalagi, selama akhir pekan.

Alih-alih memberikan efek kesehatan yang baik, malahan makanan tersebut melemahkan imunitas, sehingga bukan tak mungkin tubuh menjadi lebih mudah terserang penyakit. Lantas, apa saja sih jenis makanan yang perlu dihindari tersebut?

Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Soda yang Tinggi Akan Gula dan Kalori

Credit Image - mooimom.id

Siapa di sini yang sering minum soda, apalagi di akhir pekan? Tak heran, soda merupakan minuman manis tinggi gula dan kalori – yang tidak dapat memberikan gizi apapun bagi tubuh. Padahal, cairan tanpa tambahan gula adalah pilihan yang lebih baik untuk membangun kekebalan, lho.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 yang dimuat di American Journal of Clinical Nutrition mengatakan bahwa asupan soda dan minuman manis yang lebih tinggi dapat menyebabkan penambahan berat badan dan obesitas.

Hal tersebut juga berkaitan erat dengan orang yang terkena dampak obesitas, yaitu berisiko mengalami penekanan fungsi kekebalan.

 

Gorengan, Makanan Nikmat Tapi Sayangnya Jahat!

Kamu pasti setuju kalau makanan yang digoreng pasti nikmat, benar kan? Tapi, selezat apapun makanan yang diolah dengan digoreng, ini bukanlah pilihan baik untuk mendukung imunitas tubuh, sebab kandungan lemaknya cukup tinggi.

Nah, berkaitan dengan masalah imunitas, makanan yang digoreng cenderung tinggi lemak yang dapat menekan sistem kekebalan tubuh. Makanan tinggi lemak seperti gorengan telah ditunjukkan oleh Current opinion in clinical nutrition and metabolic care berdampak negatif pada mikrobioma usus, yang memainkan peran penting dalam fungsi kekebalan tubuh.

 

Makanan Cepat Saji Juga Perlu Dihindari

Credit Image - lovefood.com

Menghindari konsumsi makanan cepat saji, mungkin saja sulit untuk dilakukan ya. Namun, mengonsumsi makanan seperti burger, kentang goreng dan menu makanan cepat saji lainnya dapat melemahkan imunitas tubuh, lho.

Dari penelitian yang dibahas dalam Cell Press journal menunjukkan bahwa diet yang tinggi lemak dan kalori, atau diet tradisional 'barat' – dapat memiliki dampak jangka panjang pada kekebalan, dan juga meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Wah, berbahaya, kan?

 

Keripik Pun Bisa Menurunkan Imunitas, Lho

Buat kamu yang sering mengonsumsi makanan ringan, seperti keripik kentang, jagung, maupun pretzel di akhir pekan – yuk, coba dikurangi! Sebab, jenis makanan tersebut telah melalui proses diasinkan dan sering digoreng.

Lalu, apa sih dampaknya dengan imunitas? Berdasarkan penelitian yang di muat dalam Nutrients menunjukkan bahwa jenis makanan tersebut sudah sangat diproses dan rendah nutrisi, sehingga ketika dikonsumsi dalam jumlah tinggi – hal ini dapat menekan sistem kekebalan tubuh.

 

Sering Konsumsi Makanan Tinggi Akan Natrium? Yuk, Kurangi!

Credit Image - health.clevelandclinic.org

Memang menghindari makanan tinggi natrium cukup sulit dilakukan, terutama banyak makanan yang kamu konsumsi, termasuk makanan beku, sup kalengan dan sayuran, keju, pizza, makanan ringan lainnya yang mengandung natrium.

Namun, kamu tetap dapat meminimalkan asupan tersebut, atau justru belajar untuk menghindari makanan tinggi natrium. Diungkapkan oleh penelitian di Universitas Bonn, Jerman – diet dengan asupan natrium tinggi dapat meningkatkan tekanan darah dan juga menekan fungsi kekebalan tubuh.

 

Selain menghindari sejumlah makanan di atas, untuk mengoptimalkan daya tahan tubuhmu, yuk tetap penuhi asupan Vitamin C – yang dapat diperoleh dengan mengonsumsi suplemen setiap harinya, lho. Tapi, apa suplemen yang direkomendasikan?

Kamu disarankan untuk mengonsumsi Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, seperti Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg dan dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap tubuh.

Dan, untukmu yang punya aktivitas padat, direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi dapat diubah menjadi energi – yang lebih tahan lama. Jadi, bisa bikin kamu semakin produktif seharian nih!

 

Nah, itulah kelima makanan yang sebaiknya dihindari di akhir pekan – sebab, dapat melemahkan imunitas tubuh. Dan, agar daya tahan tubuh makin maksimal, imbangi dengan kebiasaan sehat lainnya, termasuk rutin mengonsumsi suplemen Vitamin C ya!

 

 

Featured Image - ecowatch.com