Tak bisa dipungkiri, Vitamin C merupakan salah satu asupan terpenting yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Ya, mengingat pandemi Covid-19 masih terus berlangsung, serta dibarengi dengan perubahan cuaca yang ekstrem – maka, memenuhi kebutuhan Vitamin C setiap harinya penting dilakukan.

Belum lagi, Vitamin C termasuk dalam jenis nutrisi larut air yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Untuk itu, asupan vitamin yang satu ini perlu didapatkan dengan mengonsumsi sejumlah sumber makanan terbaik, serta rutin minum multivitamin.

Terlepas dari perannya dalam menjaga kekebalan tubuh, vitamin C juga diperlukan untuk perkembangan dan menjaga fungsi kerja organ tubuh lainnya. Bahkan, vitamin C dapat dijadikan sebagai asupan nutrisi pelengkap yang bermanfaat.

Lebih lengkap mengenai memenuhi kebutuhan Vitamin C selama pandemi dan musim pancaroba. Berikut ini informasi yang perlu diketahui!

 

 

Konsumsi Asupan Vitamin C Secara Rutin, Ini Alasan Pentingnya!

Credit Image - bmaf.org.uk

Setiap individu, baik anak-anak, maupun orang dewasa perlu memenuhi kebutuhan Vitamin C setiap harinya. Sebab, vitamin yang satu ini memiliki peran penting, serta manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, terutama terkait imunitas.

Adapun sejumlah manfaat dari Vitamin C, yaitu:

  • Yang pasti – meningkatkan dan memelihara daya tahan tubuh, serta dapat membantu proses pemulihan. Berbagai penyakit seperti flu dan batuk, dapat dicegah dengan memenuhi kebutuhan vitamin C per hari.
  • Vitamin C mengandung antioksidan, yang berperan untuk membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Jadi, dapat menurunkan risiko kanker, dan penyakit jantung.
  • Vitamin C mampu meningkatkan penyerapan zinc dari makanan. Penyerapan zinc yang optimal – mampu mendukung sistem kekebalan tubuh juga.
  • Vitamin C bisa membantu menjaga kesehatan tulang rawan, tulang, dan gigi. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, serta mencegah terjadinya serangan stroke.
  • Berperan dalam produksi kolagen – protein yang dibutuhkan untuk membantu proses penyembuhan luka, dan memperlambat proses penuaan dini.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Vitamin C dapat diperoleh dari sumber makanan, maupun suplemen. Namun, agar penyerapannya semakin optimal – jika mengonsumsi Vitamin C dalam bentuk suplemen, dianjurkan untuk diminum di pagi hari, seperti 30 menit sebelum makan, atau 2 jam sesudah makan.

Jika memiliki pencernaan yang sensitif, dapat dikonsumsi bersama dengan makanan. Selain itu, disarankan mengonsumsi Vitamin C bersamaan dengan Zinc agar penyerapan semakin maksimal.

 

Apa Saja Sumber Vitamin C?

Credit Image - besthealthmag.ca

Memenuhi kebutuhan Vitamin C per harinya, dapat dilakukan dengan mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk, stroberi, kiwi, apel, pepaya, buah berries, jambu biji, dan mangga. Atau, dari sayuran, seperti bayam, kale, kembang kol, brokoli, dan kubis.

Namun, untuk memudahkan, Vitamin C dapat diperoleh dengan mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, seperti Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet – yang mengandung Vitamin C 500 mg secara rutin. Atau, Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – dapat berikan perlindungan ekstra bagimu yang punya aktivitas padat.

Atau, dapat direkomendasikan pula minum Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Selain dapat menjaga imunitas, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh memiliki energi yang lebih tahan lama untuk beraktivitas.

 

Maksimalkan Daya Tahan Tubuh Dengan Pola Hidup Sehat Lainnya!

Credit Image - kumparan.com

Selain rutin mengonsumsi Vitamin C, pastikan pula sudah menerapkan pola hidup sehat lainnya agar perlindungan terhadap tubuh semakin maksimal. Dianjurkan untuk menjalani kebiasaan baik, seperti memiliki pola makan seimbang – sebaiknya pilih asupan makanan yang kaya akan gizi dan nutrisi.

Kemudian, terus aktif bergerak – lakukan olahraga secara rutin yang dapat mengurangi risiko infeksi virus, memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas, serta mengelola stres dengan baik – seperti dengan melakukan kegiatan relaksasi.

 

Jadi, sudah jelas ya mengapa Vitamin C penting dikonsumsi di masa pandemi dan musim pancaroba? Dengan rutin mendapat asupan vitamin yang satu ini, serta menjalani hidup sehat lainnya – imunitas tubuh dapat terjaga, dan risiko terkena penyakit dapat diminimalisir!

 

 

Featured Image - 2bstronger.com