Coba Meditasi 10 Menit Untuk Menjernihkan Pikiran Saat Di Kantor!

TAGS : Karir
font size A Ǎ

Jika kamu sulit fokus bekerja dan pikiran sudah mumet karena sedang dikejar banyak deadline, sebaiknya pertimbangkan untuk melipir sejenak ke tempat yang agak sepi untuk bermeditasi. Selain bermanfaat untuk menghilangkan stress, meditasi juga bisa jadi cara ampuh untuk mengembalikan fokus kerjamu.

Sebuah studi menyatakan bahwa meditasi dapat meningkatkan fokus otak untuk memecahkan masalah dan memperhatikan detail. Meditasi yang dilakukan secara intens dan dilakukan secara rutin dapat menajamkan perhatian atau fokus seseorang saat mengerjakan suatu hal yang memerlukan tingkat konsentrasi tinggi.

Cara meditasi untuk meningkatkan fokus di kantor

Coba Meditasi 10 Menit Untuk Menjernihkan Pikiran Saat Di Kantor!

Credit: Lifestyle Kompas

Ketika melakukan meditasi, kamu tidak perlu berlama- lama untuk bisa mendapatkan manfaatnya. Kamu bisa memulai dengan sesi meditasi ringan setidaknya 5 sampai 10 menit. Berikut cara- caranya:

  • Cari tempat yang mendukung. Pilihlah tempat yang tenang dan minim gangguan sehingga tidak membuat fokusmu terpecah. Gunakan juga pakaian yang nyaman sehingga kamu lebih santai dan rileks saat melakukan meditasi. Dan jika kamu di kantor, longgarkan bajumu agar tidak terasa sesak.
  • Cari posisi nyaman. Rilekskan tubuh dan kendurkan bahumu. Kamu bisa duduk bersila lalu letakkan tangan kiri di atas tangan kanan. Atau, cari posisi lainnya yang menurutmu lebih nyaman. Dan yang terpenting adalah kamu bisa merasa santai tanpa tertidur.
  • Kosongkan pikiran dan fokuskan pada 1 hal. Mungkin dengan mendengarkan music instrumental, menghirup aromaterapi, memandang pemandangan atau gambar bernuansa hijau, atau bahkan mengatur pola pernapasan kamu. Kamu tidak perlu memikiran apa- apa, namun biarkan tubuhmu merasakan energi yang ada di sekitar.
  • Tenangkan suara hati. Jika disela- sela meditasi terbesit rasa khawatir tentang masa depan, karir, jodoh, keluarga, dan lain sebagainya, sebaiknya segera alihkan perhatianmu agar kembali focus ke target yang kamu pilih. Biarkan pikiranmu tetap tenang dan jernih.
  • Jangan khawatir tentang kegagalan. Jika pikiranmu mengganggu sehingga membuat kamu tidak bisa merasakan target focus sepenuhnya, jangan dilawan. Kamu bisa mulai dari awal lagi dan atur napas secara perlahan. Bebaskan pikiranmu dan biarkan tubuhmu kembali menikmati sensasi yang ditawarkan dari target fokusmu.

Secara umum, lakukan meditasi sampai kamu merasa lebih tenang dan rileks. Jika kamu ingin mempraktekkan cara meditasi yang sempurna, hal ini justru dapat membuatmu lebih stress. Ingatlah, untuk mendapatkan hasil yang sempurna, kamu perlu butuh waktu dan proses yang panjang. Dan semakin sering kamu berlatih, semakin banyak manfaat yang akan kamu rasakan.

 

Featured Image - Medcom.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!