Seperti diketahui, pandemi Covid-19 sudah berlangsung selama lebih dari satu tahun, dan situasi tersebut dialami oleh hampir seluruh negara di dunia, tak terkecuali Indonesia. Tapi, tak perlu panik ya – sebab, banyak pula orang yang berhasil pulih dari infeksi Covid-19 kok! Yang penting kamu tetap patuh dalam menjalani langkah pencegahan, termasuk protokol kesehatan 5M.

Memang, mengalahkan penyebaran dan penularan virus corona tidaklah mudah. Meski demikian, beragam upaya masih terus dilakukan, baik oleh para ahli maupun penduduk – untuk menyudahi ancaman virus yang terus menyerang tersebut.

Di Indonesia, pemerintah pun sudah membuat pedoman dan protokol kesehatan 5M yang wajib kamu terapkan untuk menghadapi ancaman Covid-19. Kamu pasti sudah tahu ya langkah pencegahan tersebut?

Nah, untuk kembali mengingatkanmu – yuk, simak sejumlah protokol kesehatan 5M. Dan, jangan lupa untuk terus diterapkan ya!

 

 

Pastinya, Rutin Mencuci Tangan

Credit Image - inews.co.uk

Poin pertama dalam protokol kesehatan 5M, yaitu rutin mencuci tangan. Hal ini penting dilakukan lho, mengingat mencuci tangan hingga bersih merupakan langkah pencegahan yang cukup efektif untuk mencegah penularan Covid-19.

Agar hasilnya maksimal, disarankan untuk mencuci tangan setidaknya selama 20 detik ya, terutama ketika sebelum memasak – atau makan, setelah menggunakan kamar mandi, dan usai menutup hidung saat batuk maupun bersin. Untuk membunuh virus dan kuman-kuman lainnya, gunakan sabun dan air atau pembersih tangan dengan alkohol setidaknya dengan kadar 60 persen. 

 

Memakai Masker Wajib Dilakukan!

WHO sudah menghimbau untuk menggunakan masker ketika bepergian di luar rumah – hal ini berlaku bagi yang tengah sakit, maupun dalam keadaan sehat. Selama pandemi, kamu juga direkomendasikan memakai masker ganda, yang terdiri dari masker medis – untuk lapisan dalam, kemudian masker kain untuk di bagian luar. Cara ini dapat memberikan perlindungan ekstra.

Selain itu, protokol kesehatan 5M terkait dengan pemakaian masker pun semakin digalakkan di beberapa negara. Misalnya, di Amerika Serikat – CDC telah memperbarui pedoman terkait penggunaan masker.

Aturan tersebut berisikan bahwa masyarakat Amerika Serikat masih harus menggunakan masker pada kondisi tertentu di dalam rumah, seperti ketika ada anggota keluarga yang terinfeksi virus, adanya anggota keluarga yang berpotensi terkena Covid-19 – karena aktivitas di luar rumah, merasa terjangkit, mengalami gejala, atau berada di ruangan yang sempit.

 

Menjaga Jarak yang Dapat Minimalisir Risiko Infeksi

Credit Image - farmaku.com

Protokol kesehatan 5M lainnya yang perlu dipatuhi, yaitu menjaga jarak. Imbauan ini pun sudah dimuat dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI dalam “Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum Dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid-19”.

Dalam aturan tersebut disebutkan bahwa menjaga jarak minimal 1-2 meter dengan orang lain untuk menghindari terkena droplets dari orang yang berbicara, batuk, atau bersin – serta menghindari kerumunan, keramaian, dan berdesakan.

Namun, jika tidak memungkinkan untuk melakukan jaga jarak, maka dapat dilakukan berbagai rekayasa administrasi dan teknis lainnya – yang berupa berupa pembatasan jumlah orang, pengaturan jadwal, dan sebagainya. Sedangkan rekayasa teknis, antara lain dapat berupa pembuatan partisi, atau pengaturan jalur masuk dan keluar.

 

Yang Tak Kalah Penting, Menjauhi Kerumunan!

Tak hanya ketiga hal di atas saja, namun menjauhi kerumunan juga termasuk dalam protokol kesehatan 5M yang penting untuk dipatuhi! Menurut Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes), masyarakat diminta untuk menjauhi kerumunan saat berada di luar rumah.

Ingatlah bahwa semakin banyak dan sering kamu bertemu orang, maka kemungkinan terinfeksi virus corona pun semakin tinggi, lho. Untuk itu, cobalah menghindari tempat yang ramai, terutama ketika sedang sakit – atau tinggal bersama anggota keluarga yang rentan, seperti lansia. Menurut riset lansia dan pengidap penyakit kronis memiliki risiko yang lebih tinggi terserang virus corona. 

 

Dan, Kamu Perlu Mengurangi Mobilitas

Credit Image - republika.co.id

Masih sering bepergian ke luar rumah? Yuk, sebaiknya kurangi dahulu kegiatan yang satu ini, kecuali untuk urusan yang mendesak. Virus corona dapat menular di mana saja, lho. Jadi semakin sering kamu menghabiskan waktu di luar rumah, maka semakin tinggi pula terpapar Covid-19.

Untuk itu, jika bukan karena keperluan yang mendesak, sebaiknya berada di rumah saja ya. Menurut Kemenkes, meski sehat dan tidak ada gejala penyakit, belum tentu dirimu pulang ke rumah dengan keadaan yang masih sama. Pasalnya, virus corona dapat menyebar dan menginfeksi seseorang dengan cepat.

 

Lengkapi Perlindungan, Jaga Pula Daya Tahan Tubuh!

Selain menerapkan protokol kesehatan 5M yang sudah disebutkan di atas, agar perlindungan terhadap tubuh semakin maksimal, kamu juga perlu menjaga daya tahan tubuh – sehingga, tak mudah terserang berbagai macam penyakit.

Mulai sekarang, cobalah untuk menjalani berbagai kebiasaan sehat untuk menunjang kesehatan, seperti menerapkan pola makan sehat bergizi seimbang, rutin berolahraga, peroleh waktu istirahat yang cukup, dan kelola stres dengan baik ya!

Untuk mengoptimalkan perlindungan diri, kamu juga sangat dianjurkan mengonsumsi multivitamin yang memiliki kandungan lengkap, seperti Enervon Active, lho. Apakah kamu sudah mengenal kandungan keduanya?

Enervon-C merupakan multivitamin dengan kandungan Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Nah, Enervon-C bisa kamu konsumsi dalam bentuk  Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra bagi tubuh, terutama bagi yang masih harus melakukan aktivitas di luar rumah.

Sementara, untuk Enervon Active memiliki kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat membantu mengoptimalkan kinerja kekebalan tubuh dalam melawan virus – berkat kandungan Zinc, sekaligus mempertahankan stamina sehingga tubuh tidak mudah lelah!

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya ulasan mengenai protokol kesehatan 5M yang wajib kamu patuhi. Yuk, sama-sama kita lawan Covid-19 – jaga selalu kesehatan tubuh agar terlindungi dari ancaman virus.

 

 

Featured Image - insideedition.com