Tak bisa dipungkiri, dalam dunia kerja networking merupakan salah satu hal yang dibutuhkan. Melalui kegiatan tersebut, setiap pekerja memiliki kemungkinan lebih besar terhadap peningkatan karier yang lebih baik di masa mendatang.

Meski demikian, memang networking bukanlah sesuatu hal yang mudah untuk dibangun, atau bahkan dipertahankan. Bahkan, bagi yang memiliki kepribadian introvert – menjalin komunikasi dengan orang baru mungkin cukup sulit dilakukan. Ya, seperti diketahui, kemampuan komunikasi dan sosialisasi merupakan dua poin penting dalam membangun hubungan kerja.

Tapi jangan salah, networking tak hanya penting untuk perjalanan karier saja, namun bisa membantumu menambah pengetahuan serta wawasan dari bidang yang sedang ditekuni. Lantas, apakah kamu sedang ingin membangun hubungan kerja tersebut?

Nah, kalau begitu kamu perlu simak 5 tips di bawah ini, lho. Yuk, baca sampai habis ya!

 

 

Hal Pertama, Jalin Kontak Terlebih Dahulu

Credit Image - finance.detik.com

Setiap orang pasti memiliki kenalan yang bekerja di perusahaan sejenis – atau bidang yang sama denganmu. Setuju nggak, nih? Kalau begitu, ini merupakan kesempatan yang baik untuk mengembangkan networking.

Dengan memiliki kontak di berbagai perusahaan dan posisi, tentu akan membuka lebih banyak kesempatan, sehingga karier semakin berkembang. Selain itu, tak menutup kemungkinan pula, kantor kamu akan saling bekerja sama dalam suatu proyek tertentu – berkat koneksi yang kamu miliki.

Bahkan, hubungan yang dijalin pun dapat bersifat lebih personal, sehingga hal ini bisa memberikan manfaat untuk jangka yang lebih panjang.

 

Berikan First Impression yang Baik Ya!

Perlu diketahui, first impression merupakan hal yang penting, termasuk dalam urusan networking. Memberikan kesan pertama yang baik dapat memengaruhi sikap orang lain, atau cara kamu berkomunikasi dengannya nanti.

Adapun beberapa hal yang bisa menjadi penentu first impression, yaitu cara berbicara, postur tubuh, dan kemampuanmu dalam mengembangkan pembicaraan. Dilansir dari The Entrepreneurs – cara berkenalan dengan orang lain bisa membuatmu lebih menonjol, lho.

Jadi, pastikan kamu memaksimalkan cara berkenalan sehingga punya kesan pertama yang baik ya!

 

Tetap Gunakan Sosial Media Secara Bijak

Credit Image - sosiakita.com

Tahukah kamu bahwa sosial media ternyata menjadi salah satu cara membangun networking dalam bekerja? Ya, bukan hanya sosial media yang sering digunakan, seperti Instagram saja, namun ada pula platform khusus yang digunakan untuk membangun jalinan kerja.

Di sosial media, mungkin saja kamu akan menemukan orang-orang baru dengan minat dan bidang yang sama. Selain itu, kamu pun dapat menemukan orang baru untuk membantu menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Dengan demikian, solusi yang diperoleh pun bisa maksimal – dan, karier akan semakin berkembang!

 

Hilangkan Rasa Malu

Dalam membangun networking kerja, ingatlah bahwa kamu tak boleh mengenal rasa malu. Sebab, ke depannya akan sering bertemu, atau menyapa banyak orang. Apalagi, untuk orang yang baru kamu temui di komunitas – maupun kegiatan lainnya.

Memang sih, hal yang satu ini tak mudah dilakukan, bahkan perlu dilakukan berkali-kali hingga kamu terbiasa. Nantinya, kalau sudah bisa menyesuaikan, kamu pun akan lebih mudah beradaptasi dalam berbagai kesempatan. Tapi, tak kenal rasa malu bukan berarti harus memalukan, lho.

 

Jujur Merupakan Kunci Utamanya

Credit Image - alvianisme.com

Salah satu hal yang tak kalah penting dalam membangun networking, yaitu jujur. Ingatlah, kamu tak perlu berpura-pura hanya agar disukai oleh lawan bicara. Selain itu, jangan sampai kamu mengungkapkan sesuatu yang sebenarnya kurang dimengerti. Hal ini dapat merugikan di masa mendatang!

Misalnya, kamu telah berhasil meloloskan suatu proyek, karena melebih-lebihkan kemampuan yang dimiliki. Maka, nantinya ketika proyek tersebut berjalan, justru kamu akan merasa kesulitan sendiri. Untuk itu, tetap jujur ya.

 

Bangun Networking Secara Maksimal, Tetap Jaga Stamina Tubuhmu Ya

Sudah paham ya bagaimana cara membangun networking? Tentu saja, hal yang satu ini tak bisa dipisahkan dari unsur stamina tubuh, lho. Sebab, jika tubuh sudah mendapatkan energi yang cukup, maka kamu bisa semakin fokus dalam melakukan berbagai hal, termasuk dalam menjalin hubungan kerja.

Jadi, dukung selalu produktivitas dan pertahankan stamina tubuh dengan rutin mengonsumsi multivitamin – yang tentunya memiliki kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Multivitamin andalanmu yang satu ini mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu – sehingga tak gampang terserang penyakit.

Kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon Active dapat bantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi – bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak heran kalau kamu makin produktif, nih!

 

Nah, itulah kelima tips membangun networking yang dapat kamu lakukan. Jadi, apakah kamu ingin segera menerapkan sejumlah trik jitu di atas?

 

 

Featured Image - campuspedia.id