5 Alasan Pentingnya Belajar Menggambar Bagi Anak, Moms Sudah Tahu?

5 Alasan Pentingnya Belajar Menggambar Bagi Anak, Moms Sudah Tahu?

Seperti diketahui, menggambar merupakan salah satu kegiatan yang disukai hampir seluruh kalangan, terutama anak-anak. Tak jarang di usia balita hingga awal masuk sekolah, rumah seringkali dipenuhi berbagai coretan gambar Si Kecil. Tenang, di fase tersebut anak memang sedang gemar belajar menggambar. Jadi, tak heran kalau ia suka menggambar di mana saja.

Untuk itu, sebagai orangtua, moms perlu memberikan wadah – atau media yang tepat, misalnya berikan anak kanvas, atau kertas gambar. Kalau sudah begini, kegiatan belajar menggambar Si Kecil pun dapat makin maksimal, tanpa harus mengotori tembok rumah. Apakah kamu sudah melakukan hal ini?

Lagi pula, belajar menggambar memiliki banyak manfaat untuk anak lho, termasuk untuk proses tumbuh kembangnya. Apa saja sih manfaat tersebut?

Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

 

Membantu Perkembangan Motorik Halus

5 Alasan Pentingnya Belajar Menggambar Bagi Anak, Moms Sudah Tahu?

Credit Image - review.bukalapak.com

Belajar menggambar tentu saja bisa membantu perkembangan motorik anak. Gerakan tangan ketika ia menggambar di kertas – maupun tembok rumah, ternyata bermanfaat lho. Motorik halus termasuk gerakan tangan, pergelangan tangan, dan jari perlahan dapat terlatih dan semakin berkembang.

Perlu diketahui, motorik halus pada orang dewasa dapat membantu mengetik, mengemudi, atau bahkan menulis dengan menggunakan tangan. Sedangkan, di usia awal, motorik halus dapat dikembangkan dengan menggambar, memegang, atau menggenggam sesuatu.

 

Melatih Konsentrasi Si Kecil

Wah, yang tak kalah baik, ternyata belajar menggambar pun dapat membantu anak dalam melatih tingkat konsentrasinya. Apakah moms sudah mengetahui hal yang satu ini? Jadi, jika Si Kecil gemar menggambar di rumah, jangan dilarang ya!

Sebab, aktivitas menggambar tersebut dapat melatih konsentrasi anak. Selain itu, Si Kecil pun akan belajar lebih fokus terhadap rincian kecil pada gambar – atau, ia bisa berimajinasi dalam gambar yang dibuatnya. Dan, anak juga bisa fokus menyelesaikan sesuatu yang telah ia mulai, termasuk dalam urusan menggambar.

 

Meningkatkan Kekompakan Antara Fungsi Mata dan Tangan

5 Alasan Pentingnya Belajar Menggambar Bagi Anak, Moms Sudah Tahu?

Credit Image - popmama.com

Selain meningkatkan keterampilan motorik halus, serta dapat membantu konsentrasi anak – belajar menggambar juga dapat menyatukan sinkron antara apa yang ia lihat, dengan apa yang ia torehkan di atas kertas gambar.

Perlu diketahui, koordinasi tangan dan mata tersebut penting untuk perkembangan Si Kecil. Misalnya, ketika ia sedang melakukan olahraga – tentunya, koordinasi kedua bagian tubuh tersebut diperlukan ya. Atau, hal ini dapat bermanfaat dalam pelajaran menulis di sekolah.

 

Kepercayaan Diri Si Kecil Pun Makin Meningkat

Siapa sangka, belajar menggambar, kemudian dipuji oleh orangtua bahwa gambarnya bagus – dapat membangun rasa percaya diri Si Kecil. Jadi, pastikan kamu selalu memberikan apresiasi pada setiap hasil karya yang ia lakukan.

Ketika anak memiliki kesempatan untuk membuat gambar dari imajinasi, pikiran, dan pengalamannya – hal ini akan membuat Si Kecil terus menggali sesuatu hal yang baru. Nah, secara tak langsung, kepercayaan diri anak dapat terbangun dengan kemampuan yang ia miliki tersebut.

 

Mengajari Anak Memecahkan Masalah Secara Kreatif

5 Alasan Pentingnya Belajar Menggambar Bagi Anak, Moms Sudah Tahu?

Credit Image - kumparan.com

Belajar menggambar tidak hanya untuk melatih, atau meningkatkan kreativitas serta imajinasi Si Kecil saja. Melainkan juga dapat dijadikan cara anak berlatih dalam menyelesaikan masalah yang tengah dihadapi secara kreatif.

Misalnya, ketika anak menggambar, ia harus menentukan cara terbaik untuk menghubungkan bagian-bagian, atau titik tertentu. Selain itu, anak juga mesti bisa menggambarkan emosi karakter yang ia gambar, serta menggambarkan tekstur tertentu.

 

Optimalkan Tumbuh Kembang Anak, Pastikan Kebutuhan Nutrisinya Tercukupi!

Selain mengajak anak untuk belajar menggambar, yang tentunya untuk mendukung tumbuh kembangnya – pastikan kamu juga sudah memenuhi kebutuhan nutrisi anak ya. Sebab, hal ini berperan besar dalam perkembangan Si Kecil, sekaligus dapat membantu menjaga daya tahan tubuhnya, lho.

Berikan buah dan sayuran untuk mencukupi nutrisi, termasuk vitamin. Sebagai pelengkap, moms juga dapat berikan multivitamin dengan kandungan lengkap untuk si kecil. Namun, multivitamin apa yang direkomendasikan?

Berikan Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D – yang penting untuk dukung perkembangan kecerdasan anak.

Tak hanya itu, Enervon-C Plus Sirup pun dapat bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Wah, bagimana nih? Sudah jelas ya ulasan mengenai manfaat belajar menggambar bagi pertumbuhan Si Kecil. Mulai sekarang, yuk moms ajak anak lakukan aktivitas tersebut!

 

 

Featured Image - superprof.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!