Menjaga daya tahan tubuh agar tetap prima memang merupakan kunci utama untuk mempertahankan kesehatan tubuh, terutama selama pandemi Covid-19. Ya, seperti diketahui, imunitas dapat membantu mengurangi risiko terkena berbagai macam penyakit, tak terkecuali virus corona yang masih terus mewabah hingga kini.

Memang, meningkatkan daya tahan tubuh dapat dilakukan dengan berbagai cara sederhana, seperti istirahat yang cukup, serta mengelola stres dengan baik.

Selain itu, kamu juga sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin – termasuk Vitamin B Kompleks, lho. Masih jarang diketahui, namun ternyata kandungan yang satu ini juga memiliki peran penting dalam menjaga kualitas daya tahan tubuh.

Nah, dari 8 jenis Vitamin B Kompleks, setidaknya ada empat jenis vitaminnya yang dapat bantu mempertahankan kekebalan tubuh. Apa saja?

Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

 

 

Vitamin B1 – Thiamin

Credit Image - wubmed.org

Seperti diketahui, vitamin memang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Untuk itu, memperoleh asupannya dari sumber makanan sehat, atau bahkan dengan rutin minum suplemen agar daya tahan tubuh tetap optimal.

Hal tersebut tak terkecuali mendapatkan asupan Vitamin B1 alias Thiamin. Sudah pasti, vitamin yang satu ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Tak sampai situ – Vitamin B1 juga dapat menjaga fungsi otak dan jantung, sehingga tetap dalam keadaan sehat. Dan, vitamin ini berperan dalam proses metabolisme tubuh.

 

Vitamin B6 – Pyridoxine

Selanjutnya, ada pula Vitamin B6 yang berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Vitamin B6 akan membantu tubuh dalam memproduksi antibodi, serta sel darah putih – yang dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh.

Selain itu, Vitamin B6 akan meningkatkan produksi sel darah merah, sekaligus daya ikat hemoglobin pada oksigen dalam darah. Hal tersebut pun dapat membantu menjaga kadar saturasi oksigen – mengingat, Covid-19 bisa mempengaruhi kadar oksigen dalam tubuh.

Vitamin B6 juga dapat mengontrol kadar homosistein dalam darah. Kemudian, dibutuhkan untuk menyerap Vitamin B12.

 

Vitamin B9 – Asam Folat

Credit Image - sehatq.com

Tahukah kamu bahwa Vitamin B9 alias asam folat juga dapat menjaga daya tahan tubuh? Ya, tidak hanya untuk meningkatkan metabolisme DNA saja, tetapi Vitamin B9 juga diperlukan dalam proses peningkatkan sistem imunitas tubuh, lho.

Jadi, memenuhi kebutuhan Vitamin B9 setiap harinya dapat membantu mempertahankan sistem kekebalan tubuh, serta meningkatkan simpanan energi. Dengan demikian, tubuh menjadi lebih kuat dan bertenaga.

 

Vitamin B12 – Kobalamin

Vitamin B12 bermanfaat dalam pembentukan protein, sel darah, hingga jaringan dalam tubuh yang dapat memengaruhi kondisi daya tahan tubuh. Selain itu, vitamin ini juga memiliki peran dalam membantu metabolisme makanan, sehingga bisa diubah menjadi sumber energi. Dalam kata lain – vitamin B12 membantu membuat daya tahan tubuh tidak ikut menurun.

Dan, Vitamin B12 pun memiliki peran besar dalam metabolisme secara keseluruhan. Jika tubuh kekurangan vitamin ini, maka dapat berdampak pada penurunan respons imun, terutama ketika sedang terinfeksi virus.

 

Bagaimana Cara Penuhi Asupan Vitamin B Kompleks?

Credit Image - cnnindonesia.com

Mudahnya, kebutuhan Vitamin B Kompleks dapat dipenuhi dengan sejumlah sumber makanan, seperti daging merah, ikan, produk susu dan olahannya, buah dan sayur seperti bayam dan brokoli, roti dan pasta, telur, gandum, dan biji- bijian.

Tapi, memenuhi kebutuhan Vitamin B Kompleks dari makanan saja mungkin belum cukup, lho. Jadi, kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi sejumlah multivitamin, seperti produk dari Enervon.

Kamu dapat minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan 1000 mg Vitamin C yang dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap tubuh!

Atau, kamu juga direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Mengonsumsi multivitamin dari Enervon setiap harinya aman dilakukan kok. Karena, zat yang ada di dalamnya bersifat larut air, sehingga mudah diserap oleh tubuh. Kemudian, sisa zat yang tak diperlukan akan dikeluarkan melalui urin ya.

 

Wah, itulah sejumlah Vitamin B Kompleks yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuhmu. Jadi, pastikan kamu sudah memenuhi kebutuhan asupannya setiap hari agar kesehatan tetap prima!

 

 

Featured Image - bareblends.com.au