Tak bisa dipungkiri, perasaan insecure memang seringkali menghampiri, tak hanya dalam kehidupan sehari-hari – namun juga dalam urusan pekerjaan. Apakah kamu juga pernah merasakannya? Memang, di dunia kerja, kemampuan dan profesionalitas benar-benar diuji. Akhirnya, hal inilah yang membuat pekerja sering insecure.

Selain itu, tantangan yang relatif sulit pun semakin membuat rasa percaya diri menurun. Hati-hati, perasaan insecure tidak bisa dibiarkan begitu saja, sebab dapat memengaruhi produktivitasmu, lho. Kalau hanya berfokus pada insecure, lantas kapan mau berkembangnya? Rasa takut hanya bisa memperluas jangkauan zona nyaman saja.

Sebenarnya, memiliki kemampuan yang cukup, perkembangan yang lambat, atau bahkan kalah dalam urusan popularitas. Kalau kamu sudah tahu apa penyebabnya – sekarang, saatnya untuk mengatasi perasaan tersebut.

Bagaimana caranya? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

 

 

Ingat, Setiap Orang Punya Keterampilan Berbeda

Credit Image - forbes.com

Kalau kamu sudah berhasil diterima bekerja – selamat berarti kamu sudah berhasil meyakinkan pihak perusahaan bahwa dirimu layak untuk posisi pekerjaan tersebut. Nah, hal ini penting untuk selalu diingat ya.

Ingatlah bahwa kamu sudah melalui proses seleksi, yang tentu saja panjang dan rumit. Selain itu, perlu juga melalui berbagai tahapan, hingga akhirnya berhasil memenangkan persaingan di antara pelamar lainnya.

Tentu saja, ada alasan tertentu yang membuatmu lolos dalam proses seleksi, salah satunya kompetensi dan kemampuan yang dimiliki – begitu pula di dalam diri rekan kerja lainnya. Setiap orang pasti punya kemampuan yang berbeda, kan?

Untuk itu, yuk berhenti membandingan diri sendiri dengan rekan kerja lainnya, sebab kamu punya kemampuan yang tak kalah hebatnya! Kalau ada rekan kerja yang terlihat lebih kompeten – jangan insecure, tapi jadikan sebagai potensi untuk lebih baik ke depannya.

 

Tetap Fokus pada Kewajiban Kerja

Credit Image - aljazeera.com

Di dunia kerja pun setiap orang memiliki tugasnya masing-masing – begitu pula dengan dirimu. Intinya, kamu hanya perlu untuk tetap fokus pada kewajiban kerja yang dimiliki, serta melaksanakannya sebaik mungkin.

Kalau sudah berusaha seoptimal mungkin dalam melakukan kewajiban, namun tak kunjung mendapat promosi – kamu bisa membicarakannya, baik dengan atasan maupun HRD kok. Tak perlu langsung insecure ya.

Tenang, saat ini, sudah banyak perusahaan yang mulai terbuka untuk masalah diskusi urusan jabatan, lho. Jadi, hindari menggunakan alasan tersebut untuk terburu-buru resign – atau malah menghilang tanpa kabar.

 

Tingkatkan Kemampuan Bersosialiasi Ya

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Tak salah lagi, kemampuan bersosialisasi dan public speaking sangat penting dimiliki, apalagi ketika kamu sudah terjun ke dunia kerja. Tentu saja, tujuannya untuk memperluas hubungan kerja – bukan hanya sekedar untuk urusan promosi, atau kenaikan jabatan saja, lho.

Networking juga dapat sangat bermanfaat dalam hal pengembangan diri. Dari sini, kamu dapat bertukat pengalaman dengan rekan kerja yang lebih senior dan profesional. Selain itu, kamu pun bisa memperoleh informasi mengenai kesempatan pengembangan diri, misalnya melalui kegiatan workshop untuk karyawan.

Yuk, hilangkan rasa insecure – dan terus tingkatkan rasa kepercayaan dirimu!

 

Bekerjalah Secara Profesional

Credit Image - cermati.com

Meskipun kamu mengalami rasa insecure karena berbagai faktor di dunia kerja, namun pastikan untuk tetap menjaga profesionalitas ya. Ingatlah bahwa kamu perlu menjaga stabilitas performa – bahkan, harus ditingkatkan lagi.

Dengan pekerja secara profesional, lama-kelamaan para rekan kerja, serta atasan pun akan memandangmu sebagai sosok yang kompeten. Dari hal ini, hubungan kerja juga akan semakin mudah dibangun – apabila orang-orang sudah mengenal profesionalitas kerja yang kamu miliki.

 

Jangan Biarkan Insecure Turunkan Produktivitas!

Credit Image - mentortalent.ie

Wah, kalau kamu sudah mengenai sejumlah hal yang bisa membantu mengatasi rasa insecure, yuk segera lakukan! Lalu, jangan biarkan perasaan tersebut menurunkan produktivitas. Pastikan selalu fokus dalam menyelesaikan pekerjaan – dan, dapatkan energi yang cukup untuk menjalani berbagai kegiatan.

Jadi, dukung produktivitas dan selalu jaga energi tubuh dengan rutin mengonsumsi multivitamin – yang tentunya memiliki kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Multivitamin andalanmu yang satu ini mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu – sehingga tak gampang terserang penyakit.

Kandungan Vitamin B Kompleks dalam mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi – bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. 

 

Nah, itulah keempat tips sederhana untuk bantu atasi rasa insecure. Jadi, segera atasi rasa ketidakpercayaan dirimu ya!

 

 

Featured Image - halodoc.com