Travelling adalah hal yang biasa dilakukan untuk melepas rasa penat. Travelling yang seru dan aman adalah keinginan semua travellers. Akan tetapi, masih banyak lho kebiasaan sepele yang sering dilakukan para traveller yang malah mengundang aksi kejahatan.

Nah, biar kegiatan travelling kamu bisa berjalan lancar dan aman, kamu perlu menghindari tujuh hal ini yang bisa mengundang kejahatan:

1. Berbusana secara berlebihan

Credit: Tribunnews

Ketika sedang travelling kamu tidak perlu menggunakan pakaian yang terlalu berlebihan. Karena hal ini justru membuatmu lebih mencolok, aneh, dan nggak nyaman. Dan sebaliknya, kamu sebaiknya meniru gaya busana warga setempat atau pakai pakaian yang simple dan nyaman seperti kaos dan celana jeans.

2. Memakai terlalu banyak perhiasan

Credit: Tribunnews

Ada banyak sekali orang jahat yang mengincar para travellers di luar sana. Memakai perhiasan berlebihan sama dengan memberi kesempatan para penjahat untuk melakukan aksinya. Maka dari itu, hindari menggunakan perhiasan yang berlebihan ketika sedang traveling. Jika kamu tetap ingin menggunakan aksesoris, kamu bisa menggunakan gelang atau kalung yang bukan terbuat dari emas asli.

3. Terlalu banyak membawa tas

Credit: nbcnews

Selain ribet dan merepotkan, membawa banyak tas bisa bikin kamu jadi incaran pelaku kejatan. Mereka bisa saja memanfaatkan kesempatan ketika kamu sedang lengah atau repot. Daripada membawa banyak tas, lebih baik kamu membawa satu tas dengan ukuran besar yang bisa memuat semua barang bawaanmu. Selain itu, bawalah barang yang benar- benar kamu perlukan agar bawaanmu tidak terlalu banyak.

4. Terlalu sering menggunakan handphone di keramaian

Credit: Tribunnews

Tidak bisa dipungkiri, jaman sekarang banyak sekali orang yang sulit lepas dari handphone. Benda ini merupakan salah satu barang yang wajib dibawa kemana pun. Tetapi ketika travelling sebaiknya jangan terlalu sering membuka atau menggunakan handphone, terutama di tempat yang ramai. Dan lebih baik kamu menikmati momen liburan dan simpan handphone mu di dalam tas.

5. Mudah percaya dengan orang lain

Credit: Hipwee

Untuk kamu yang suka travelling sendirian, jangan mudah percaya dengan orang lain yang mengajak kamu mengobrol. Jika ada orang asing yang mendekatimu dan bertanya dari mana kamu berasal, tujuanmu, penginapan, dan lain sebagainya. Sebaiknya, kamu tidak perlu menjawab pertanyaan tersebut dengan jujur.

Terkadang ada orang asing dengan wajah memelas meminta tolong traveller untuk menitipkan barang mereka dengan alasan bagasi sudah penuh. Jangan mudah percaya dengan hal ini, karena kamu nggak tau niat dibalik hal tersebut. Selain itu, kamu juga jangan terlalu bersikap terlalu ramah dan terbuka pada orang asing.

6. Membuka dompet di tempat umum

Credit: Merdeka

Sebagai seorang traveller, sudah pasti kamu akan membawa bekal yang cukup selama perjalanan, salah satunya adalah uang. Tetapi, hindari menunjukkan isi dompetmu di depan umum. Karena hal ini akan membuat orang jahat tergiur melihat uangmu, atau bahkan mengikutimu sampai ke tempat yang sepi dan mengambil barang- barang yang kamu bawa.

7. Terlihat kebingungan

Credit: New York Times

Ketika kamu baru pertama kali mengunjungi suatu tempat, pasti kamu akan merasa bingung. Meskipun hal ini wajar dialami, tetapi ada baiknya kamu hindari memasang ekspresi bingung, ditambah dengan gesture tubuh yang semakin menunjukkan bahwa kamu sedang bingung.

Karena hal ini akan menunjukkan bahwa kamu adalah orang asing dan tidak mengenal daerah tersebut. Kalau kamu memang sedang kebingungan, sebaiknya tetap bersikap tenang, atau kamu bisa mencari kantor polisi terdekat untuk meminta bantuan.

 

Featured Image - Business Insider