5 Tips Membersihkan Rumah Bareng Keluarga, Dijamin Seru Lho

5 Tips Membersihkan Rumah Bareng Keluarga, Dijamin Seru Lho

font size A Ǎ

Selama pandemi Covid-19, anjuran tetap berada di rumah saja memang sebisa mungkin dipatuhi. Jika tidak ada kebutuhan yang mendesak – hindari bepergian dahulu ya, namun kalau pun terpaksa, tetap jalani protokol kesehatan, seperti memakai masker – dianjurkan gunakan masker ganda, menjaga jarak, dan mencuci tangan secara rutin.

Namun, bagi yang di rumah saja, termasuk selama akhir pekan – hal ini memang membosan kan ya? Tapi tenang, ada sejumlah kegiatan menarik yang dapat dilakukan bersama anggota keluarga, termasuk membersihkan rumah bersama, lho.

Tak bisa dipungkiri, suasana yang nyaman tentu saja diperlukan, karena sebagian besar anggota keluarga lebih sering menghabiskan waktunya di dalam rumah. Hal ini bisa dicapai, salah satunya dengan rutin membersihkan rumah.

Tapi, bagaimana caranya melakukan kegiatan yang satu ini bersama keluarga? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

 

 

Jadikan Kegiatan Menjadi Lebih Menyenangkan

5 Tips Membersihkan Rumah Bareng Keluarga, Dijamin Seru Lho

Credit Image - tandaseru.id

Gambaran dari aktivitas bersih-bersih, biasanya identik dengan melelahkan dan merepotkan. Apakah kamu setuju? Untuk itu, pada prosesnya penting sekali membangun suasana yang ceria – dan tentunya menyenangkan. Hal ini dapat dimulai dari cara mengajak anggota keluarga, pastikan kamu meminta bantuan dengan baik dan sopan ya.

Sebab, jika diminta dengan kesan memerintah, alih-alih mau membantu – anggota keluarga justru malah kesal dan menjadi malas. Kemudian, berikan pengertian pada anak-anak mengenai pentingnya menjaga kerapihan, serta kebersihan tempat tinggal.

Nah, biar semakin asyik, usai melakukan kegiatan bersih-bersih, kamu dapat menyajikan minuman atau camilan ringan – dan, bisa juga memutar lagu kesukaan sembari melakukan aktivitas ini.

 

Buatlah Rincian Tugas Dengan Detail

Biar kegiatan membersihkan rumah bersama keluarga semakin berjalan lancar dan tidak ada yang terlewat – maka, sebaiknya buatlah rincian tugas terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan tersebut. Rinciannya bisa berupa penetapan jadwal, seperti harus membersihkan bagian tertentu setiap hari – atau satu pekan sekali, dan lain sebagainya.

Misalnya, menyapu dapat dijadwalkan setiap hari di waktu pagi, sementara membersihkan gudang dapat dilakukan seminggu sekali, atau satu bulan sekali. Sesuaikan pembuatan jadwal dengan kondisi masing-masing anggota keluarga ya.

 

Membagi Tugas Sesuai Usianya

5 Tips Membersihkan Rumah Bareng Keluarga, Dijamin Seru Lho

Credit Image - fimela.com

Tugas bersih-bersih rumah untuk orang dewasa, tentunya akan berbeda dengan anak-anak. Untuk itu, agar keluarga semakin kompak, kamu bisa menentukan tugasnya berdasarkan usia, lho. Misal, anak-anak yang berumur di bawah 10 tahun bisa diberikan tugas ringan, seperti mengelap meja, dan merapihkan mainan.

Untuk anak anak dengan usia di atas itu bisa diberikan tugas yang lebih kompleks, misalnya mencuci piring bahkan menyapu. Dengan begitu, kegiatan membersihkan rumah akan berjalan dengan lancar. Karena, setiap anggota keluarga sudah memiliki tugasnya masing-masing, sehingga kegiatan pun tidak terasa seperti beban.

 

Jangan Lupa, Siapkan Peralatan

Membersihkan rumah tak akan lengkap tanpa adanya sejumlah peralatan, seperti kain atau lap, sapu, pel, maupun cairan pembersih. Jadi, peralatan tersebut wajib ada di setiap rumah ya! Jika tak ingin repot, kamu bisa manfaatkan peralatan kebersihan yang dukung dengan teknologi canggih, lho.

Sebut saja seperti vacuum cleaner, pel elektrik, maupun peralatan lainnya. Namun, penyediaan peralatan tersebut tetap harus disesuaikan dengan budget – dan kondisi rumah. Yang penting, semua peralatan sudah dalam kondisi bersih, agar tidak membuat rumah menjadi lebih kotor.

 

Berikan Penghargaan Pada Si Kecil

5 Tips Membersihkan Rumah Bareng Keluarga, Dijamin Seru Lho

Credit Image - berkeluarga.id

Apakah Si Kecil sudah mau membantu kegiatan membersihkan rumah bersama? Kalau begitu, kamu perlu memberikan penghargaan ya. Dengan demikian, anak pun akan menjadi pribadi yang cinta akan kebersihan, serta siap membantumu kembali di lain waktu.

Penghargaan ini tidak perlu dalam bentuk besar kok – kamu bisa berikan ucapan terima kasih, menjanjikannya suatu barang kecil, maupun membuatkan makanan favoritnya. Yang penting anak dapat merasa bahwa usahanya sudah dihargai.

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya ulasan mengenai tips membersihkan rumah bersama keluarga. Dengan penerapkan 5 cara di atas – aktivitas bersih-bersih pun makin terasa menyenangkan, dan tentunya hunian pun semakin terasa nyaman!

 

 

Featured Image - generali.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!