Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi tubuh, karena vitamin B merupakan kunci utama dalam menjaga kesehatan sel dan membuatmu tetap berenergi. Lalu apa akibatnya jika tubuhmu kekurangan vitamin B? Dan apa saja ciri- ciri tubuh yang kekurangan vitamin B? Berikut ulasannya.

1. Vitamin B1

Credit: Hello Sehat

Vitamin B1 atau yang sering disebut sebagai thiamine berfungsi untuk menjaga sistem saraf agar tetap sehat dan mengubah makanan menjadi energi bagi tubuh. Kebanyakan orang mendapatkan vitamin ini dari sereal dan biji- bijian. Selain itu, thiamine juga terdapat pada telur, susu, roti, daging sapi, buah- buahan segar dan kering, serta sayuran seperti kacang polong.

Gejala kekurangan vitamin B1

Kekurangan B1 dapat menyebabkan penyakit beri- beri. Gejala awal yang timbul ketika tubuh kekurangan vitamin B1 berupa mudah lemah atau lesu, mudah tersinggung, terjadi gangguan pada daya ingat, kehilangan nafsu makan, gangguan tidur, rasa tidak enak pada perut, dan penurunan berat badan.

2. Vitamin B2

Credit: Liputan6

Vitamin B2 atau riboflavin memiliki manfaat dalam menjaga kulit dan sistem saraf mata agar tetap sehat serta membantu mencerna karbohidrat, protein, dan lemak dalam makanan. Vitamin B2 bisa di dapat dari ikan, telur, susu, sayur- sayuran, atau nasi. Namun, jauhkan makanan tersebut dari paparan sinar matahari karena bisa merusak vitamin B2 yang terkandung di dalamnya.

Gejala kekurangan vitamin B2

Gejala kekurangan vitamin ini adalah ditandai dengan mata merah, kulit kering atau bersisik, bibir pecah- pecah, infeksi mulut, hingga sensitive terhadap cahaya.

3. Vitamin B3

Credit: Dokter Sehat

Vitamin B3 atau niacin juga membantu mengubah makanan menjadi energi. Lebih spesifiknya, vitamin B3 membantu dalam masalah pencernaan dan nafsu makan. Vitamin ini bisa ditemukan pada ayam, ikan, hati, daging merah, biji- bijian seperti gandum dan barley serta kacang- kacangan.

Kurangnya vitamin B3 dalam tubh dapat menyebabkan masalah pencernaan, seperti mual dan kram pada perut, bahkan dalam kasus yang parah, kekurangan vitamin B3 dapat menyebabkan kelinglungan.

Gejala kekurangan vitamin B3

Gejala yang ditimbulkan jika kekurangan vitamin B3 adalah mengalami gangguan pencernaan, sariawan, mudah lelah, muntah, depresi, bahkan jika sudah parah bisa menyebabkan penyakit pellagra. Yang dimana kondisi kulit menjadi retak- retak mirip seperti terbakar sinar matahari, berkerak, dan bersisik yang disertai rasa melepuh.

4. Vitamin B6

Credit: Honest Docs

Vitamin B6 atau pyridoxine juga berfungsi mengubah makanan menjadi energi dalam tubuh dan membantu tubuh melawan infeksi. Wanita hamil dan menyusui disarankan untuk mengonsumsi vitamin ini agar membantu otak bayi berkembang dengan baik.

Kamu bisa menemukan vitamin B6 ini pada jenis sayuran seperti buncis, kentang, dan bayam. Selain itu, bisa ditemukan juga pada ikan salmon, tuna, dada ayam, hati sapi, daging giliing, dan semangka.

Gejala kekurangan vitamin B6

Gejala yang ditimbulkan ketika tubuh kekurangan vitamin B6 adalah anemia, gangguan kulit seperti ruam atau bibir pecah- pecah. Selain itu, kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan depresi, kebingungan, mual, rentan terkena infeksi, hingga meningkatkan risiko kanker usus besar dan jenis kanker lainnya.

5. Vitamin B9

Credit: Kumparan

Vitamin B9 atau yang lebih sering dikenal sebagai asam folat dapat mendorong pertumbuhan sel- sel darah merah dan mengurangi risiko cacat lahir. Vitamin ini bisa didapatkan dari daging, biji- bijian, buah bit, brokoli, kacang, kacang polong, bayam, dan buah- buahan sitrus seperti jeruk mandarin, lemon dan jeruk nipis.

Tanpa vitamin B9 yang cukup maka seseorang bisa terkena diare atau anemia. Dan bagi wanita hamil yang kekurangan vitamin ini juga berisiko melahirkan bayi cacat.

Gejala kekurangan asam folat

Gejala kekurangan vitamin ini adalah sering merasa lelah, sariawan, pertumbuhan tubuh yang tidak baik, dan lidah membengkak.

6. Vitamin B12

Credit: Dokter Sehat

Vitamin B12 atau cobalamin berfungsi untuk mengatur sistem saraf dan berperan dalam pertumbuhan serta pembentukan sel darah merah. Vitamin B12 dapat ditemukan pada daging dan produk susu.

Gejala kekurangan vitamin B12

Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia dan kepikunan pada orang tua. Selain itu, bisa menimbulkan masalah psikologis seperti demensia, paranoia, depresi, dan masalah perilaku lainnya, bahkan kerusakan saraf yang tidak dapat disembuhkan. Gejala yang ditimbulkan ketika kekurangan vitamin B12 ini adalah kesemutan pada kaki dan tangan, kelelahan ekstrim, lesu, mudah marah, dan depresi.

 

Agar kamu tidak kekurangan vitamin B kompleks, selalu minum Multivitamin dari Enervon-C yang mengandung vitamin C dan B kompleks untuk bantu jaga daya tahan tubuhmu biar ngga gampang sakit.

 

Featured Image - Hello Sehat