Mengenal Apa Itu Webinar dan Berbagai Manfaatnya Untuk Karier

Mengenal Apa Itu Webinar dan Berbagai Manfaatnya Untuk Karier

font size A Ǎ

Tanpa disadari, istilah webinar semakin sering didengar – apalagi, ketika kamu membuka media sosial, pastinya poster webinar dengan macam materi pun kerap ditemukan. Perlu diketahui, webinar merupakan web based seminar, atau mudahnya seminar yang berbasis internet dan dapat diikuti secara online.

Di situasi pandemi, masyarakat memang diharuskan menjaga jarak sosial, untuk itu webinar dapat menjadi alternatif yang tepat untuk belajar – sekaligus media pelatihan berbasis online yang bisa kamu ikuti, lho. Jangan salah, kegiatan ini dapat memberikan manfaat penting untuk jenjang karier, apalagi banyak webinar yang diadakan secara gratis!

Dengan adanya kegiatan tersebut, kamu dapat memanfaatkannya untuk memperluas pengetahuan. Apalagi, buat kamu yang tengah mempersiapkan karier – tentu saja ada banyak manfaat positif yang bisa diperoleh dari mengikuti acara yang satu ini.

Apa saja sih manfaatnya? Yuk, langsung simak ulasan lengkapnya ya!

 

 

Apa Itu Webinar?

Mengenal Apa Itu Webinar dan Berbagai Manfaatnya Untuk Karier

Credit Image - sasanadigital.com

Sebelum masuk ke ulasan mengenai manfaat dari webinar, kamu perlu memahami betul definisi dari kegiatan yang satu ini terlebih dahulu. Lantas, apa itu webinar?

Webinar adalah format acara yang berlangsung online dan dihadiri juga secara online. Dengan format semacam ini, siapa saja bisa membuat acara talkshow, seminar, diskusi, dan workshop hanya berbekal kamera dan koneksi internet.

Kegiatan yang satu ini juga kerap disebut sebagai strategi marketing yang efektif dan fresh. Sebab, kamu bisa membuat audiens merasa dekat dengan tipe komunikasi yang personal dan interaktif. Tapi di saat yang sama, kamujuga melakukannya dengan begitu banyak orang. Jadi, strategi marketing bisa mencakup kualitas dan kuantitas sekaligus.

 

5 Manfaat Webinar yang Perlu Diketahui!

Mengenal Apa Itu Webinar dan Berbagai Manfaatnya Untuk Karier

Credit Image - flexjobs.com

Sudah penasaran apa saja sih manfaat dari kegiatan yang satu ini? Berikut ini 5 di antaranya ya.

Memperdalam Wawasan di Berbagai Bidang

Webinar dapat mengangkat berbagai topik – maupun materi yang menarik tanpa syarat peserta harus berasal dari bidang tertentu. Alhasil, kamu bisa mengikuti berbagai webinar dengan materi yang berbeda-beda.

Saat ini, industri membutuhkan pekerja yang spesifik pada satu bidang, tapi tak ada salahnya juga memahami dasar bidang lain, lho. Lewat webinar kamu bisa memperluas wawasan yang bisa diterapkan dan bermanfaat buat kehidupan karier.

 

Menghemat Waktu dan Pengeluaran

Mengikuti acara webinar menjadi alternatif kegiatan belajar yang fleksibel. Tanpa harus keluar rumah dan mengeluarkan banyak waktu dan biaya, kamu sudah bisa mendapat materi lewat siaran online. Pastinya bikin kamu punya banyak waktu lebih untuk mengerjakan aktivitas produktif lain.

Beberapa webinar bisa disaksikan lagi siaran ulangnya, jadi kalau kamu ketinggalan webinar langsung, kamu bisa mengikutinya di lain waktu. Gampang, kan? Sekarang, dengan bermodalkan kuota internet dan perangkat digital – kamu pun bisa belajar sembari rebahan.

 

Ada E-Sertifikat yang Mendukung Karier

Beberapa webinar juga menyediakan e-sertifikat untuk para peserta. Sertifikat pelatihan dan seminar dibutuhkan untuk masuk ke dunia kerja. E-sertifikat akan menjadi bukti, juga nilai tambah saat melamar kerja, kamu akan dinilai memiliki pengalaman dan pengetahuan tentang bidang tersebut.

Namun, tidak semua e-sertifikat harus dilampirkan saat melamar pekerjaan ya. Pilih yang sekiranya berhubungan dengan bidang kerja yang kamu lamar. Perlu diingat juga, e-sertifikat dari webinar hanya tambahan, yang terpenting kamu benar-benar memahami materi webinar dengan baik.

 

Bantu Memperluas Jaringan

Dalam sesi webinar, kamu akan bertemu banyak orang dengan latar belakang yang berbeda. Ini bisa jadi kesempatan kamu untuk berinteraksi dan memperluas koneksi. Misalnya, ada beberapa webinar yang dapat memberikanmu akses untuk bergabung menjadi anggota komunitas tertentu.

Nantinya, di sana kamu dapat bertemu – atau mengobrol dengan para pelaku maupun pakar di bidang usaha tertentu. Hal ini tentu bermanfaat untuk karier, kan?

 

Mendapat Kesempatan Diskusi Dengan Pakar Ternama

Webinar seringkali diisi oleh narasumber berpengalaman di suatu bidang yang selain berkompeten juga punya nama. Saat webinar tersebut memberikan sesi diskusi – atau QnA, jangan sia-siakan kesempatan ini ya! Kamu dapat bertanya dan sharing langsung dengan pakarnya, lho.

 

Biar Makin Produktif, Jangan Lupa Lakukan Hal Ini Ya!

Mengenal Apa Itu Webinar dan Berbagai Manfaatnya Untuk Karier

Credit Image - bizlibrary.com

Wah, sepertinya sekarang kamu sudah memahami ya – apa itu webinar dan berbagai manfaat yang bisa diperoleh. Biar kegiatan pekerjaan semakin lancar dan tetap produktif, pastikan kamu sudah memiliki energi yang cukup, nih.

Jadi, dukung produktivitas dan selalu jaga energi tubuh dengan rutin mengonsumsi multivitamin – yang tentunya memiliki kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Multivitamin andalanmu yang satu ini mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu – sehingga tak gampang terserang penyakit.

Kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon Active dapat bantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi – bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. 

 

Itulah ulasan mengenai serba-serbi webinar, termasuk manfaat yang dapat diperoleh untuk jenjang karier. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mengikuti kegiatan yang satu ini?

 

 

Featured Image - sasanadigital.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!