5 Fakta Anak Kedua, Sering Dibilang Paling Berbeda dari Saudara Lainnya Lho

5 Fakta Anak Kedua, Sering Dibilang Paling Berbeda dari Saudara Lainnya Lho

font size A Ǎ

Tak bisa dipungkiri, menjadi anak tengah – alias anak kedua selalu memiliki ‘stigma’ tersendiri di kalangan masyarakat. Banyak pula yang mengatakan bahwa fakta anak kedua punya karakter yang sulit, karena umumnya ia tidak mendapat perhatian yang cukup dari orangtua. Moms, apakah kamu setuju akan hal tersebut?

Meski demikian, tak sedikit juga yang mengatakan bahwa fakta anak kedua justru bisa menjadi penengah – serta pembawa perdamaian di antara saudara-saudara kandungnya, lho. Yang penting, orangtua tak perlu khawatir dengan sifat-sifat yang dimiliki anak kedua – karena, sifat tersebut tak akan membuatnya justru susah untuk ditangani kok!

Agar semakin memahami anak kedua – yang tentunya dapat membantu proses tumbuh kembang Si Kecil. Ada sejumlah fakta lainnya yang perlu diketahui, lho. Apa saja fakta anak kedua tersebut?

Yuk, langsung simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya, moms!

 

 

Anak Kedua Memiliki Emosi yang Lebih Baik

5 Fakta Anak Kedua, Sering Dibilang Paling Berbeda dari Saudara Lainnya Lho

Credit Image - id.theasianparent.com

Fakta anak kedua yang mungkin sudah sering didengar, yaitu umumnya ia punya emosi yang cenderung lebih baik. Dari penelitian yang dilakukan oleh Universidad Autonoma de Madrid ditemukan bahwa anak kedua yang tinggal bersama kedua orangtua – cenderung lebih sedikit mengalami gangguan emosional.

Selain itu, dari penelitian tersebut diungkapkan pula kalau anak tengah cenderung lebih sedikit yang didiagnosis mengalami ADHD – dibanding dengan saudara kandungnya. Alasannya, karena ia terus dikelilingi oleh orangtua dan saudara kandung yang dapat membuat anak kedua tetap sehat.

 

Dapat Bekerja Sama Dalam Tim

Fakta anak kedua selanjutnya – berkaitan dengan urusan berkelompok, misalnya olahraga. Dalam hal ini, anak tengah merupakan yang mudah beradaptasi dan dapat berada di dalam suatu perkumpulan – bahkan, tim yang lebih besar.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam The Journal of Genetic Psychology menemukan bahwa anak kedua cenderung lebih baik ketika kerja kelompok. Jadi, jika nantinya Si Anak Tengah meminta saran mengenai kegiatan yang ingin ia ikuti, maka moms bisa menyarankan aktivitas yang terdapat banyak anggota ya.

 

Juga Berani Mengambil Risiko

5 Fakta Anak Kedua, Sering Dibilang Paling Berbeda dari Saudara Lainnya Lho

Credit Image - .orami.co.id

Sebenarnya, baik anak pertama, kedua, maupun paling akhir punya keberanian dalam mengambil risiko. Meski demikian, fakta anak kedua – cenderung lebih berani dalam melakukan hal yang punya risiko cukup tinggi, lho. Fakta yang satu ini pun dibuktikan dari analisis data yang dilakukan oleh National Longitudinal Survey of Youth.

Sementara itu, anak sulung cenderung lebih takut untuk mencoba hal yang baru – sedangkan, anak kedua justru merasa lebih berani, bahkan tertantang. Mungkin saja, ini disebabkan karena orangtua yang jauh lebih santai ketika memiliki anak kedua, ketimbang pertama kali memiliki buah hati.

 

Disebut Cenderung Lebih Sukses, Lho

Fakta anak kedua berikutnya – banyak pula yang menyebutkan bahwa anak tengah cenderung bisa lebih sukses di kemudian hari, lho. Salah satu penulis buku The Secret Power of Middle Children, Katrin Schumann, menyebutkan bahwa anak nomor kedua sebenarnya dapat lebih bersinar dalam berbagai hal.

Dari buku tersebut diungkapkan bahwa faktanya 52 persen dari semua presiden Amerika Serikat merupakan anak tengah. Belum lagi, sosok ternama di dunia, seperti Bill Gates dan Martin Luther King, Jr. – yang juga termasuk anak kedua.

Dalam hal ini, diungkapkan kalau anak kedua cenderung lebih mandiri – dan juga kreatif, sehingga ia memiliki masa depan yang tak kalah cemerlang.

 

Cenderung Tidak Suka Berkonflik

5 Fakta Anak Kedua, Sering Dibilang Paling Berbeda dari Saudara Lainnya Lho

Credit Image - ibudanbalita.com

Anak tengah juga merupakan seseorang yang tidak suka berkonflik – dan cenderung menjadi sosok yang mengalah, serta bisa mendamaikan teman, atau saudaranya yang sedang bertengkar. Meski demikian, sayangnya karena sifat yang satu ini, anak kedua cenderung sering mendiamkan masalah.

Perlu diketahui, hal tersebut dapat membuahkan efek yang buruk lho, apalagi jika ia menerapkan sikap tersebut hingga dewasa nanti. Selain itu, fakta anak kedua yang satu ini – juga membuatnya menjadi sosok yang penurut, serta sulit untuk menolak sesuatu meskipun bertolak belakang dengan pendapatnya.

 

Nah, itulah kelima fakta anak kedua yang perlu diketahui moms. Diharapkan, berbagai hal tersebut dapat membantu mengoptimalkan proses tumbuh kembangnya ya.

Dan yang tidak kalah penting, agar pertumbuhan Si Kecil semakin maksimal, pastikan pastikan pula kamu sudah memenuhi kebutuhan nutrisinya. Berikan buah dan sayuran untuk mencukupi nutrisi, termasuk vitamin.

Sebagai pelengkap, moms juga dapat berikan multivitamin dengan kandungan lengkap untuk si kecil. Namun, multivitamin apa yang direkomendasikan?

Berikan Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D – yang penting untuk dukung perkembangan kecerdasan anak.

Tak hanya itu, Enervon-C Plus Sirup pun dapat bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

 

Featured Image -  smartparents.sg


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!