5 Manfaat Magang yang Bisa Tunjang Karier. Mahasiswa Wajib Tahu Nih!

5 Manfaat Magang yang Bisa Tunjang Karier. Mahasiswa Wajib Tahu Nih!

font size A Ǎ

Tak perlu diragukan lagi, magang merupakan salah satu kegiatan yang dapat memberikan berbagai manfaat baik, termasuk dalam urusan jenjang karier – apalagi, bagi mahasiswa yang ingin mencari pengalaman kerja, atau sekedar mengisi waktu luang. Tapi sayangnya, manfaat magang masih jarang diketahui, lho.

Bagi mahasiswa yang ingin melakukan kegiatan magang, tak perlu khawatir, biasanya hal ini tidak memakan seluruh waktumu kok. Magang berarti kamu tidak perlu bekerja penuh – belum seperti orang kantor pada umumnya.

Melalui program magang, kamu dapat mendapatkan banyak hal sebelum menapaki karier ke jenjang selanjutnya. Lantas, apa saja sih manfaat yang bisa diperoleh dari kegiatan yang satu ini?

Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini, Enervoners!

 

 

Dapat Memberikan Pengalaman Kerja

5 Manfaat Magang yang Bisa Tunjang Karier. Mahasiswa Wajib Tahu Nih!

Credit Image - reddoorz.com

Manfaat pertama yang bisa diperoleh dari magang, yaitu pengalaman kerja. Hal yang satu ini sangat penting untuk diperoleh, sebelum nantinya kamu memasuki dunia kerja yang sebenarnya. Menurut Indeed – magang merupakan salah satu cara yang tepat bagi fresh graduate, maupun mahasiswa yang masih kuliah untuk mencari pengalaman kerja terlebih dahulu.

Pasti, kamu sering menemukan lowongan yang memberikan persyaratan harus berpengalaman di salah satu bidang sesuai dengan posisi yang dilamar. Untuk menyiasati hal tersebut, kamu dapat mengikuti kegiatan magang dahulu – agar kemungkinan dipanggil wawancara pekerjaan pun semakin besar.

Dari magang, kamu akan mendapatkan berbagai pengalaman kerja yang bisa membantumu menghadapi dunia kerja yang sebenarnya.  Misalnya, tata cara menghubungi atasan, berkomunikasi dengan rekan kerja, etika kerja sama tim – dan hal lainnya.

 

Membantu Mengembangkan Keterampilan

Selama magang, kamu akan belajar banyak mengenai dirimu sendiri, termasuk keterampilan serta kelebihan dan kelemahan. Dilansir dari Fremont College – ketika magang pasti kamu akan mendapatkan feedback dari rekan kerja, maupun atasan terkait performamu.

Dari sini, kamu dapat belajar mengasah keterampilan serta mengevaluasi diri secara mandiri. Jika merasa bingung, tidak usah sungkan untuk bertanya kepada atasan atau rekan kerja ya. Saat selesai magang, dipastikan kamu akan mendapatkan berbagai macam hal yang membantumu untuk siap menghadapi dunia kerja.

 

Juga Bisa Meningkatkan Rasa Percaya Diri

5 Manfaat Magang yang Bisa Tunjang Karier. Mahasiswa Wajib Tahu Nih!

Credit Image - herstory.co.id

Manfaat lainnya dari magang yang bisa diperoleh, yaitu kegiatan yang satu ini dapat meningkatkan rasa kepercayaan dirimu, ketika nantinya melamar pekerjaan. Tentu saja, kepercayaan diri penting dimiliki dalam dunia kerja ya.

Setelah mendapatkan berbagai macam ilmu dari magang, kamu tentu sudah siap untuk memasuki jenjang karier berikutnya. Jadi, saat kamu sudah diterima kerja – inilah waktunya untuk menerapkan apa saja yang sudah dipelajari dari program magang yang diikuti.

 

Membangun Hubungan Kerja Profesional

Wah, harus diketahui nih – dari kegiatan magang, kamu juga dapat membangun hubungan kerja, alias networking secara profesional, lho. Tak jarang, ketika menjalani program internship, kamu mendapatkan tugas untuk menghubungi kantor lain, atau bahkan mengikuti suatu acara tertentu.

Dari sini, kamu bisa sekaligus membangun networking secara profesional ya. Pasalnya, tidak menutup kemungkinan jaringan yang telah kamu bangun akan menjadi suatu hal yang penting di kemudian hari. Misalnya, orang-orang yang sudah kamu temui salah satunya adalah orang yang nantinya akan bekerja sama denganmu di satu perusahaan.

 

Mendapatkan Referensi Kerja

5 Manfaat Magang yang Bisa Tunjang Karier. Mahasiswa Wajib Tahu Nih!

Credit Image - viva.co.id

Orang yang menjadi atasan – atau mentor selama program magang dapat menjadi salah satu referensi kerja yang bagus ketika kamu melamar pekerjaan. Mereka pun sudah melihat kinerja kamu dalam beberapa bulan selama masa magang.

Untuk itu, penting lho menjalani program magang dengan semaksimal mungkin. Semakin baik kinerja yang kamu berikan, maka mentor maupun atasan akan memberikan referensi kerja yang positif, sehingga membantumu dalam mendapatkan pekerjaan.

 

Biar Magang Makin Produktif dan Aktif – Yuk, Lakukan Hal Ini!

Biar kegiatan magang semakin lancar dan tetap produktif, pastikan kamu sudah memiliki energi yang cukup ya. Jadi, dukung produktivitas dan selalu jaga energi tubuh dengan rutin mengonsumsi multivitamin – yang tentunya memiliki kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Multivitamin andalanmu yang satu ini mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu – sehingga tak gampang terserang penyakit.

Kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon Active dapat bantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi – bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. 

 

Nah, itulah kelima manfaat magang yang dapat diperoleh, terutama bagi mahasiswa – baik yang baru lulus, atau masih duduk di bangku kuliah. Jadi, apakah kamu tertarik menjalani kegiatan produktif yang satu ini?

 

 

Featured Image - talenta.co


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!