Terjadinya lonjakan kasus virus corona – yang diakibatkan oleh semakin menyebarnya varian virus membuat beberapa perusahaan mulai menerapkan kembali bekerja di rumah, alias work from home. Bahkan, ada pula yang akhirnya memperpanjang durasi kebijakan tersebut.

Sebagian perusahaan memang memiliki untuk menerapkan kerja di rumah dengan alasan keamanan untuk para karyawannya. Di lansir dari Vox, bahkan tidak sedikit pula perusahaan di luar negeri yang justru mengeluarkan kebijakan work from home secara permanen, lho.

Lalu, bagaimana kalau kebijakan bekerja di rumah masih harus diperpanjang – sampai waktu yang belum bisa dipastikan? Tentunya, ada berbagai penyesuaian yang perlu dilalui ya. Nah, agar kegiatan kerja tetap berjalan lancar, dan pastinya produktivitas tetap terjaga, ada sejumlah hal yang bisa kamu lakukan.

Penasaran apa saja hal tersebut? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

Tetap Ikuti Panduan dari Kantor Dengan Baik Ya

Credit Image - money.kompas.com

Setiap kantor biasanya memiliki panduan tersendiri ketika menerapkan kebijakan bekerja di rumah. Panduan tersebut berisikan mengenai hal yang sebaiknya dilakukan – dan, tidak boleh dilakukan. Misalnya, harus bekerja dari pukul sekian, hingga pukul sekian.

Selain itu, ada juga informasi soal jam istirahat dan hari libur. Jadi, ketika work from home diperpanjang – sebaiknya tetap mengikuti aturan tersebut ya. Selain itu, panduan kerja juga dapat berisi mengenai beragam tips, seperti tetap menjalankan rutinitas layaknya ke kantor, dan lain-lain.

Hal yang perlu kamu ingat adalah, panduan tentu dibuat untuk kamu taati. Ini juga diberlakukan demi kesehatan – dan pastinya keselamatan diri sendiri.

 

Sesuaikan Lagi Diri Dengan Keadaan Sekarang

Kembali bekerja full di rumah, berarti kamu harus belajar untuk kembali menyesuaikan diri. Untuk yang sudah merasa nyaman bekerja di rumah – hal ini tentu bukan tantangan ya. Tapi, beberapa orang lainnya mungkin sudah merasa rindu bekerja di kantor, bertemu dengan rekan-rekan kerja, serta melakukan kegiatan secara tatap muka langsung.

Akan tetapi, realita memang tak selalu sejalan dengan ekspektasi. Jadi, cobalah terus beradaptasi meski sulit. Pada akhirnya, kalau kamu berhasil melewati tantangan ini, ada sesuatu yang bisa kamu banggakan, lho.

Agar terasa semakin nyaman, kamu juga bisa menerapkan berbagai tips bekerja di rumah, seperti mengatur jadwal harian, memilih posisi ternyaman, atau tips membuat ruang kerja yang kondusif.

 

Buat Diri Merasa Nyaman

Credit Image - gaya.tempo.co

Menerima fakta harus bekerja di rumah sulit untuk dilakukan? Maka, cobalah menyiasatinya dengan berbagai hal agar kamu tetap merasa nyaman. Walaupun merasa sepi – dan terisolasi, kamu dapat menjadwalkan panggilan video dengan teman dekat, atau keluarga untuk mengobati perasaan tersebut.

Selain itu, jika jam kerja sudah selesai, segera matikan saluransaluran komunikasi pekerjaan untuk menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Intinya, menjadi adaptif merupakan kunci utama di tengah kondisi yang serba tidak pasti.

 

Bisa Gunakan Alat Untuk Menunjang Pekerjaan

Ketika baru menerapkan kebijakan work from home – seperti tahun 2020 silam, kamu mungkin tidak memiliki persiapan apapun. Misalnya, tak memiliki kursi kerja – atau meja kerja yang layak. Mungkin, beberapa orang juga tidak segera membeli alat-alat penunjang kerja, karena berpikir jika kebijakan ini tidak akan diperpanjang.

Namun sayangnya, saat ini kamu berhadapan dengan kondisi yang serba tidak pasti, sehingga aturan tersebut bisa saja terus diterapkan. Jadi, inilah saat yang tepat untuk mulai mempertimbangkan alat yang bisa menunjang pekerjaanmu, lho. Seperti mulai memilih kursi kerja yang tepat, serta menata ruang kerja agar nyaman.

 

Tetap Jaga Stamina Selama WFH Agar Tetap Produktif!

Credit Image - tribunnews.com

Baik bekerja di rumah maupun di kantor, ingat kamu mesti harus menjaga stamina – yang tentunya bisa membantu menjaga produktivitas. Apalagi, selama work from home, tak sedikit orang yang lebih sering begadang, serta mengonsumsi makanan tidak sehat. Hal ini bisa menurunkan stamina, dan buruk bagi kesehatan, lho.

Apalagi, jika kamu tidak rutin melakukan olahraga – maka, tubuh pun menjadi kurang gerak, mengakibatkan aliran darah tidak lancar, sehingga timbul rasa lesu dan lemas sepanjang hari. Nah, mulai sekarang, yuk perhatikan kembali asupan makanan, istirahat yang cukup, dan olahraga secara teratur ya!

Untuk mengoptimalkan energi dan stamina tubuh, kamu juga dianjurkan untuk mengonsumsi asupan multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active, lho.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah. Manfaat yang ini tentu diperoleh dari kandungan Vitamin B Kompleks – yang berperan penting dalam proses metabolisme.

Dan pastinya, kandungan Vitamin C dalam Enervon Active mampu menjaga daya tahan tubuh kamu agar tidak gampang terserang berbagai macam penyakit, termasuk virus corona.

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya ulasan mengenai hal yang bisa dilakukan ketika kebijakan work from home harus diperpanjang. Yuk, lakukan sejumlah tips di atas biar produktivitas tetap terjaga – dan, pastinya tetap aktif meskipun di rumah saja!

 

 

Featured Image - theguardian.com