Pengaruh Bermain Gadget Lebih Dari 2 Jam Terhadap Kecerdasan Anak

TAGS : Anak
font size A Ǎ

Anak yang ingin main gadget selepas pulang sekolah atau ketika sedang bosan dan ingin mencari hiburan merupakan hal yang wajar. Seperti jam belajar, bermain gadget  juga ada batas waktunya. Namun, terlalu membebaskan anak bermain gadget, bahkan sampai melebihi 2 jam sehari, bisa menimbulkan efek buruk bagi anak.

Dua jam, waktu maksimal untuk anak bermain gadget

Pengaruh Bermain Gadget Lebih Dari 2 Jam Terhadap Kecerdasan Anak

Credit: Lifestyle Kompas

Menurut penelitian dari Children’s Hospital of Eastern Ontario Research Institute di Amerika Serikat, menganjurkan para orangtua untuk membatasi waktu anak main gadget agar tidak lebih dari 2 jam dalam sehari. Selain itu, pastikan juga anak cukup tidur dan tetap aktif sepanjang hari.

Berdasarkan penelitian tersebut disarankan bahwa anak- anak sebaiknya memiliki waktu 2 jam untuk main gadget, 9-11 jam untuk tidur di malam hari, dan 1 jam untuk melakukan kegiatan yang melibatkan fisik. Anak- anak yang memiliki jadwal harian yang ideal memiliki kecerdasan yang lebih unggul ketimbang anak yang tidak membagi- bagi waktu untuk bermain gadget, tidur, dan beraktivitas fisik.

Hubungan waktu tidur dengan fungsi kognitif otak anak

Pengaruh Bermain Gadget Lebih Dari 2 Jam Terhadap Kecerdasan Anak

Credit: Halodoc

Anak yang bermain gadget  lebih dari 2 jam tanpa sadar memang bisa menurunkan kemampuan kognitif anak. Dalam arti, anak mungkin jadi lebih gemar bermain gadget daripada belajar, sehingga kemampuannya dalam bidang akademik cenderung lebih rendah daripada teman- temannya yang jarang bermain gadget.

Selain dapat mempengaruhi kemampuan otak anak dalam berpikir, bermain gadget lebih dari 2 jam sehari pun dapat mengganggu jam biologis anak, dan bisa mengacaukan waktu tidur optimalnya. Selain itu, terlalu sering dan lama bermain gadget bisa mengganggu proses pemulihan stress di dalam tubuh.

Padahal, hal tersebut sangat dibutuhkan di masa tumbuh kembang anak, yang salah satunya diperoleh ketika anak sedang beristirahat. Intinya, satu menit yang dihabiskan untuk menatap layar  gadget, telah mengurangi satu menit waktu untuk tidur.

Kuncinya, beri aturan waktu bermain gadget

Pengaruh Bermain Gadget Lebih Dari 2 Jam Terhadap Kecerdasan Anak

Credit: Hello Sehat

Memisahkan anak dengan gadget favoritnya memang bukan hal yang mudah. Kamu harus tetap bekerja keras untuk memberikan pengertian pada anak mengenai aturan bermain gadget yang baik dan benar.

Sebaiknya, batasi anak agar tidak menggunakan gadget setidaknya 1 jam sebelum tidur. Tekankan juga untuk mengurangi intensitas bermain gadget dalam sehari dan perbanyak kegiatan yang lebih bermanfaat. Misalnya, seperti membaca buku, menonton film mengenai pengetahuan dalam bentuk yang menarik bagi anak, dan lain sebagainya. Lakukan hal ini dengan cara yang baik, tidak terkesan memaksa, tapi tetap tegas, sehingga anak bisa mencoba untuk mentaati aturan tersebut.

Terlepas dari ini, waktu anak main gadget memang bukan satu- satunya faktor penentu kecerdasan anak. Maka itu, tugas orangtua adalah tetap menuntun anak untuk selalu melakukan hal- hal positif yang baik untuk diri dan masa depannya.

Bahkan, sesimple istirahat dan tidur yang cukup, sering melakukan aktivitas fisik, hingga membatasi anak bermain gadget. Selain baik untuk kesehatan anak, fungsi kognitif otak anak pun dapat berkembang lebih baik.

 

Featured Image - Hello Sehat


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!