Tertarik Lakukan Magang? 5 Tips Ini Bisa Bantu Memilih Tempatnya, Lho

Tertarik Lakukan Magang? 5 Tips Ini Bisa Bantu Memilih Tempatnya, Lho

font size A Ǎ

Magang merupakan salah satu kegiatan yang paling sering diikuti oleh para mahasiswa – yang pastinya dapat memberikan berbagai manfaat baik, termasuk untuk memberikan pengalaman kerja, sebelum nantinya kamu melamar kerja yang sesungguhnya.

Selain dapat memberikan pengalaman kerja, magang juga bisa memberikan manfaat lainnya, seperti membantu mengembangkan keterampilan diri, bantu meningkatkan rasa percaya diri – membangun hubungan kerja yang profesional, serta membuatmu memiliki referensi kerja, lho.

Meski demikian, memilih tempat magang ternyata tidak semudah itu, ada sejumlah hal yang perlu dijadikan sebagai bahan pertimbangan – mulai dari lokasi kantor, hingga sektor industri perusahaan yang dituju. Walaupun belum benar-benar terjun ke dunia kerja, tapi memilih tempat magang penting, sebab, kegiatan ini akan menjadi gambaran kerja bagi kariermu ke depannya.

Lantas, gimana sih cara tepat untuk memilih tempat magang yang tepat? Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

 

 

Sesuaikan Dengan Bidang Kerja yang Diimpikan

Tertarik Lakukan Magang? 5 Tips Ini Bisa Bantu Memilih Tempatnya, Lho

Credit Image - liputan6.com

Tips pertama yang perlu dilakukan ketika memilih tempat magang, yaitu cocokkan dengan bidang kerja yang kamu impikan – dan tentunya yang diinginkan. Dilansir dari WayUp, manfaat utama dari kegiatan magang adalah memperkaya pengetahuan dan pengalaman seputar bidang atau industri yang akan digeluti di kemudian hari.

Singkatnya, magang bisa menjadi semacam pintu ke dunia kerja impianmu, lho. Untuk itu, salah satu hal yang perlu dipertimbangkan – memilih bidang kerja maupun industri perusahaan yang ingin dilamar. Kalau kamu sudah punya gambaran jelas, nah tinggal cek lowongannya saja ya!

 

Pertimbangan Juga Lokasi Kantor Magang Ya

Selanjutnya, yang tidak kalah penting – kamu juga harus memerhatikan lokasi tempat magang nantinya. Pastikan apakah lokasinya dekat dengan rumah atau kos, atau apakah biaya transportasi setimpal dengan pengalaman yang didapatkan, dan lain sebagainya.

Kalau pun tempat magang yang kamu inginkan cukup jauh dari tempat tinggal, sebenarnya hal ini tidak masalah kok. Asalkan aktivitas magang yang kamu ikuti tersebut dapat memberikan ilmu – serta bisa dijadikan bekal, dan bermanfaat untuk karier.

 

Pilih Tempat yang Bisa Membantumu Untuk Berkembang

Tertarik Lakukan Magang? 5 Tips Ini Bisa Bantu Memilih Tempatnya, Lho

Credit Image - detik.com

Dalam memilih tempat magang, pastikan juga jobdesc yang kamu miliki seiringan dengan keinginanmu untuk berkembang secara profesional ya. Menurut Undercover Recruiter – magang merupakan kesempatan emas untuk lebih dalam seputar perusahaan, bidang yang digeluti, hingga cara kerja.

Dari lowongan yang ditampilkan di platform pencarian kerja, pasti tertulis deskripsi pekerjaan, keahlian yang dibutuhkan, dan berbagai macam syarat lainnya. Penjelasan tersebut bisa dijadikan sebagai gambaran – apakah posisi yang ingin dilamar bisa membantu kamu terus berkembang di bidang yang diinginkan, atau tidak.

Selain itu, pertimbangkan pula sejumlah poin lainnya, seperti apakah kamu bisa ikut andil dalam pekerjaan sehari-hari? Atau justru hanya boleh memerhatikan dari jauh saja? Dan, apakah kamu bisa mendapat kesempatan untuk belajar – atau mengerjakan yang disuruh saja?

Jika hal tersebut belum jelas, kamu tetap bisa menanyakannya saat wawancara magang, kok.

 

Pastikan Durasi Magang Sudah Sesuai

Durasi magang pada umumnya adalah 3-6 bulan, dengan ketentuan yang berbeda-beda dari tiap perusahaannya. Misalnya, ada pula yang mewajibkan anak magangnya untuk datang setiap hari – seperti pekerja full-time, tapi ada pula yang boleh datang selang-seling, selama memenuhi waktu yang dibutuhkan.

Kalau kamu masih kuliah dan harus menyelesaikan skripsi, tips memilih tempat magang yang sesuai, yaitu durasi dan juga ketentuan waktunya. Pastikan waktunya cocok, jangan sampai harus ada yang dikorbankan karena pendidikan dan awal kariermu sama pentingnya, lho.

 

Dibayar atau Tidak Ya?

Tertarik Lakukan Magang? 5 Tips Ini Bisa Bantu Memilih Tempatnya, Lho

Credit Image - sumsel.inews.id

Menurut Forbes, pada dasarnya pengalaman yang didapat saat magang memang jauh lebih penting- jika dibandingkan gaji yang didapatkan. Namun, jangan lupa untuk tetap prioritaskan kebutuhanmu ya. Seperti, jika tempat magang cukup jauh dan memakan waktu yang cukup lama, tentunya kamu membutuhkan waktu untuk transportasi dan konsumsi, kan?

Nah, berkaitan dengan hal tersebut, kamu dapat tanyakan ke perusahaan terkait – apakah memungkinkan untuk membayar dalam bentuk kedua kebutuhan tersebut, agar proses magang pun lancar. Dengan begitu, kamu tidak meminta dibayar gaji seperti pekerja lainnya, tetapi hanya memenuhi kebutuhan dasar saja.

 

Agar Kegiatan Magang Makin Aktif – Yuk, Lakukan Hal Ini!

Biar kegiatan magang semakin lancar dan tetap produktif, pastikan kamu sudah memiliki energi yang cukup ya. Jadi, dukung produktivitas dan selalu jaga energi tubuh dengan rutin mengonsumsi multivitamin – yang tentunya memiliki kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Multivitamin andalanmu yang satu ini mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu – sehingga tak gampang terserang penyakit.

Kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon Active dapat bantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi – bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. 

 

Nah, itulah kelima tips yang perlu dipertimbangkan ketika akan memilih tempat magang. Jadi, apakah kamu tertarik menjalani kegiatan yang satu ini? Yuk, terapkan sejumlah kiat di atas – biar magang makin menyenangkan!

 

 

Featured Image - topkarir.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!