Mencoba Diet Neutropenik Yang Dapat Menambah Daya Tahan Tubuh

TAGS : Kesehatan
font size A Ǎ

Kamu sudah pernah mendengar atau mencoba metode diet yang baru ini? Diet neutropenik ini muncul dengan ciri dan prinsip yang khas, berbeda dengan diet- diet lainnya. Lalu, apa itu diet neutropenik? Berikut ulasannya.

Apa itu diet neutropenik?

Mencoba Diet Neutropenik Yang Dapat Menambah Daya Tahan Tubuh

CreditL bbcgoodfood

Diet neutropenik adalah prinsip makan yang bertujuan mengurangi kontaminasi bakteri yang masuk ke dalam makanan. Jadi diet ini adalah diet yang dipercaya bisa membantu tubuh terhindar dari infeksi.

Faktanya, diet ini cukup sering disarankan untuk orang yang mengidap kanker, karena tubuh mereka cukup rentan terserang infeksi. Selain itu, diet ini juga baik bagi orang yang memiliki kondisi kekebalan tubuh yang buruk, khususnya bagi orang yang mengalami neutropenia.

Neutropenia adalah kondisi saat tubuh tidak bisa memproduksi sel darah putih dalam jumlah yang cukup. Sel darah putih ini berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi. Jika jumlah sel darah putih dalam tubuh sedikit, maka sistem kekebalan tubuh akan menurun dan tubuh pun rentan terserang penyakit.

Agar dapat terhindar dari infeksi, maka prinsip utama dari diet neutropenik adalah menghindari makanan mentah dan yang tidak dimasak dengan sempurna. Selain itu, dalam menerapkan diet ini kamu juga harus memperhatikan kebersihan bahan makanan serta alat makan.

Bagaimana cara menerapkan diet neutropenik?

Mencoba Diet Neutropenik Yang Dapat Menambah Daya Tahan Tubuh

Credit: Merdeka

Pada intinya, makanan yang harus dihindari adalah segala makanan yang tidak matang sempurna atau masih mentah seperti salad, telur setengah matang, dan makanan lainnya yang disajikan mentah. Sedangkan yang boleh dimakan adalah:

  • Susu. Semua susu pasteuriasi dan produk susu lainnya termasuk keju, yogurt, dan es krim
  • Pati. Semua sumber pati yang matang diperbolehkan. Contohnya, pasta, roti, sereal, ubi, jagung, kentang. Selama semua matang ini aman dikonsumsi
  • Sayuran. Semua sayuran yang dimasak aman.
  • Buah. Semua buah segar, buah kalengan, maupun jus buah diperbolehkan. Sebelumnya semua buah harus dicuci dan dikupas dengan bersih
  • Protein. Daging yang dimasak hingga benar-benar matang dan daging kalengan. Telur rebus juga aman dikonsumsi
  • Minuman. Semua air yang sudah matang, minuman kaleng atau botol juga boleh dikonsumsi.Namun pastikan tidak terjadi kontaminasi dengan air mentah. Misalnya, menggunakan es batu dari air mentah saat minum.

Selain itu, pilih juga makanan yang disimpan dalam keadaan tertutup rpat dibandingan dengan makanan yang terbuka.

Beberapa hal yang harus disiapkan sebelum memulai diet neutropenik

Mencoba Diet Neutropenik Yang Dapat Menambah Daya Tahan Tubuh

Credit: Food Navigator

Sebelum memulai diet ini, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk mengolah makanan dengan aman dan tetap bersih. Ingat, tujuan utama melakukan diet ini adalah untuk mengurangi kontaminasi dari bekteri atau virus melalui makanan dan minuman.

Beberapa hal yang perlu kamu lakukan adalah:

  • Membiasakan diri mencuci tangan sebelum makan, setelah keluar dari toilet, serta setelah beraktivitas di luar ruangan.
  • Memastikan semua peralatan makan dan memasak selalu bersih.
  • Hindari makanan mentah, khususnya daging dan telur setengah matang. Masak semua bahan hingga matang.
  • Cuci bersih buah dan sayuran segar sebelum dimakan atau dikupas, hindari air sumur jika belum disaring atau direbus. Air kemasan lebih aman khususnya yang sudah memiliki label sebagai air suling, atau air yang disaring dengan baik.

Selain menjalani diet ini, untuk meningkatkan daya tahan tubuh kamu juga harus menjaga pola hidup yang sehat, istirahat yang cukup, dan mengonsumsi vitamin C secara rutin.

 

Featured Image - Health Line


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!