Termasuk wajar dialami, perasaan insecure memang seringkali menghampiri dalam kehidupan sehari-hari. Terkadang, diri sendiri merasa kurang – atau justru terlalu banyak membandingan dengan orang lain, sehingga rasa tak percaya diri pun kerap dirasakan. Bahkan, perasaan insecure pun bisa dialami dalam urusan pekerjaan, lho.

Memang, dalam dunia kerja, kemampuan dan profesionalitas benar-benar diuji. Hal inilah yang menjadi penyebab utama seseorang mudah merasa insecure – dan merasa tidak percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki. Jangan dibiarkan! Rasa insecure justru bisa menurunkan produktivitas. Karena, umumnya orang yang merasakan hal ini lebih senang berada di zona nyaman saja.

Apakah kamu yang termasuk sering merasa insecure, serta tidak percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki? Yang perlu diingat pula kalau tidak semua orang dilahirkan menjadi seseorang yang memiliki kepercayaan diri penuh. Jadi, rasa insecure wajar dialami – asalkan tidak dibiarkan berlarut-larut.

Jadi, gimana sih cara untuk mengatasi rasa tidak percaya diri dalam dunia kerja? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

Hargai Diri Sendiri Ya

Credit Image - katieroberts.com.au

Hal pertama untuk mengatasi rasa insecure di dunia kerja, yaitu mengetahui apa saja yang menjadi kemampuan dirimu. Nah, kamu bisa diterima bekerja di suatu perusahaan – berdasarkan kualitas dan kemampuan diri, kan?

Untuk itu, cobalah untuk tidak merasa rendah diri – atau justru merasa bahwa kamu tidak memiliki suatu keahlian. Hal ini sangatlah salah, lho. Bagaimana bisa, kamu mengharapkan pujian dari orang lain, sementara diri sendiri tidak menghargai diri sendiri? Kuncinya adalah, hargai diri sendiri terlebih dahulu, baru orang lain akan menghargai kamu.

 

Membangun Hubungan yang Baik dengan Rekan Kerja

Rasa insecure juga dapat diatasi dengan membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja. Memang sih terlihat sepele – tapi, hal ini bisa memberikan dampak yang baik, termasuk pada tingkat kepercayaan dirimu.

Percaya diri akan timbul dari rasa nyaman. Misalnya, ketika kamu bisa membina hubungan dengan rekan kerja – maka, hindari keinginan untuk saling menjatuhkan satu sama lain. Kamu bisa merasa nyaman dan percaya diri, tentu karena ada rekan kerja yang baik dan akrab denganmu.

 

Memantau Keberhasilan yang Dicapai

Credit Image - compassoffices.com

Kamu juga dapat memantau pekerjaan apa saja yang sudah berhasil dilakukan – dan membuatnya dalam daftar di catatan pribadi. Hal ini juga bisa mengurangi rasa insecure yang kerap dialami dalam dunia kerja. Setiap kali kamu berhasil melakukan pekerjaan yang rumit, maka apresiasikan diri dan menuliskannya dalam daftar tersebut.

Selain itu, kamu juga dapat menambahkan daftar lain yang dapat menambah rasa percaya diri. Misalnya daftar pujian yang kita terima dari rekan kerja, klien, atau atasan. Dengan melihat satu persatu daftar yang ada, dapat membantumu mengapresiasi diri sendiri dan pastinya insecure bisa berkurang ya.

 

Mengatasi Kelemahan yang Dimiliki

Tak bisa dipungkiri, setiap orang pasti memiliki kelemahan – dari sekian banyaknya kelebihan yang ada. Terkadang, kelemahan tersebut dapat memengaruhi kinerja, bahkan membuat rasa tidak percaya diri muncul. Hal inilah yang akhirnya membuat pekerja sering insecure.

Solusi yang bisa dilakukan, yaitu dengan mengatasi atau mengurangi kelemahan kita tersebut sedikit demi sedikit. Misalnya, jika kamu terlalu malu untuk menyampaikan pendapat di depan banyak orang, tantanglah diri untuk berani berbicara. Sekali saja berhasil melewati ketakutan tersebut, tentunya percaya diri pun bisa meningkat.

 

Jangan Biarkan Rasa Tak Percaya Diri Turunkan Produktivitasmu!

Credit Image - columbiasouthern.edu

Wah, kalau kamu sudah mengenai sejumlah hal yang bisa membantu mengatasi rasa tidak percaya diri, yuk segera lakukan! Lalu, jangan biarkan perasaan tersebut menurunkan produktivitas. Pastikan selalu fokus dalam menyelesaikan pekerjaan – dan, dapatkan energi yang cukup untuk menjalani berbagai kegiatan.

Jadi, dukung produktivitas dan selalu jaga energi tubuh dengan rutin mengonsumsi multivitamin – yang tentunya memiliki kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Multivitamin andalanmu yang satu ini mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu – sehingga tak gampang terserang penyakit.

Kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon Active dapat bantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi – bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. 

 

Nah, itulah 4 tips sederhana untuk bantu atasi rasa tidak percaya diri di dunia kerja – dijamin, kamu jadi anti-insecure, lho. Yuk, dicoba!

 

 

Featured Image - femalenetwork.com