Pencernaan Sehat Dapat Jaga Daya Tahan Tubuh, Kok Bisa?

Pencernaan Sehat Dapat Jaga Daya Tahan Tubuh, Kok Bisa?

Apakah kamu sudah tahu bahwa daya tahan tubuh ternyata memiliki kaitan yang erat dengan saluran pencernaan? Jika pencernaan sudah baik, maka kekebalan tubuh pun menjadi lebih kuat, lho. Dan, begitu pula sebaiknya.

Memang, tak bisa dipungkiri, menjaga kesehatan pencernaan penting untuk dilakukan – sebab, hal ini juga dapat membantumu terhindar dari berbagai macam penyakit, seperti GERD, tukak lambung, hepatitis, batu empedu, hingga kanker.

Selain itu, yang mungkin masih jarang diketahui, yaitu menjaga sistem pencernaan, berarti turut menjaga daya tahan tubuh tetap kuat – serta mencegah berbagai macam masalah kesehatan lainnya. Lantas, sebenarnya apa kaitan di antara keduanya? Dan, bagaimana cara menjaga pencernaan tetap sehat?

Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Kesehatan Saluran Pencernaan dan Daya Tahan Tubuh, Apa Kaitannya?

Pencernaan Sehat Dapat Jaga Daya Tahan Tubuh, Kok Bisa?

Credit Image - fibre-first.com

Perlu diketahui, saluran cerna yang sehat merupakan cerminan daya tahan tubuh yang baik, lho. Mengapa? Karena, hampir 70 persen komponen sistem imunitas tubuh terdapat di jaringan usus. Selain itu, di dalam usus – ada pula bakteri baik, atau disebut juga probiotik yang berfungsi untuk melindungi dan memelihara kesehatan sistem pencernaan.

Bahkan, bakteri baik tersebut juga diketahui dapat mengaktifkan sistem kekebalan tubuh melalui beberapa mekanisme. Ditambah lagi, jika saluran cerna dalam keadaan sehat, penyerapan nutrisi akan lebih maksimal, sehingga bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menunjang kerja sistem kekebalan tubuh juga tercukupi dan daya tahan tubuh pun menjadi lebih kuat.

Jika saluran pencernaan bermasalah, maka jumlah bakteri baik pun akan ikut menurun – nantinya, proses penyerapan nutrisi turut terganggu. Begitu pula dengan kerja berbagai komponen yang dapat menjaga daya tahan tubuh di usus. Hal ini tentu bisa melemahkan kekebalan, serta membuat tubuh lebih mudah terserang penyakit.

 

Lalu, Gimana Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan?

Pencernaan Sehat Dapat Jaga Daya Tahan Tubuh, Kok Bisa?

Credit Image - meditativemind.org

Kesehatan pencernaan tentu tidak boleh diabaikan, apalagi hal tersebut memiliki peranan yang penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Adapun cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, yaitu menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam usus.

Agar jumlahnya tetap terjaga, bakteri baik di dalam usus perlu diberi asupan makanan yang disebut dengan prebiotik. Prebiotik bisa diperoleh dari buah dan sayuran yang tinggi serat, misalnya apel, pisang, atau asparagus.

Selain itu, prebiotik juga bisa didapat dari bawang putih, bawang merah, oat, biji rami, biji kakao, dan rumput laut, lho. Dengan menjaga kadar bakteri baik di dalam usus, maka hal ini juga akan meningkatkan aktivitas sel NK – atau natural killer yang merupakan sel imunitas untuk melawan virus dan sel tumor.

 

Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Lainnya, Tak Kalah Penting Lho!

Pencernaan Sehat Dapat Jaga Daya Tahan Tubuh, Kok Bisa?

Credit Image - cermati.com

Selain menjaga kesehatan pencernaan, untuk mempertahankan daya tahan tubuh, kamu juga perlu mengimbanginya dengan berbagai langkah lain – mudahnya, disarankan untuk menjalani gaya hidup yang sehat.

Hal tersebut dapat dimulai dari memiliki pola makan bergizi seimbang, rutin berolahraga, dan istirahat cukup yang berguna untuk menjaga kekebalan tubuh tetap optimal. Dan, tentunya kamu dianjurkan rutin mengonsumsi suplemen Vitamin C – yang berfungsi mempertahankan imun tubuh, sehingga risiko terserang berbagai macam penyakit dapat diminimalisir, termasuk virus corona.

Untuk suplemen Vitamin C, kamu direkomendasikan minum Enervon-C yang punya kandungan lengkap, seperti Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C baik dalam bentuk tablet – yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg dan dapat berikan perlindungan ekstra.

Dan, kamu juga direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk bantu menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah – dan tentunya, dapat bantu mengoptimalkan sistem imun.

 

Wah, ternyata sistem pencernaan memang punya kaitan erat dengan daya tahan tubuh manusia ya? Untuk itu, yuk terus jaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk sistem pencernaan agar imunitas tetap terjaga – dan pastinya tubuh bisa terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya!

 

 

Featured Image - thegorbalsla.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!