Bosan dan lelah selama di kantor bisa bikin tidak produktif bekerja. Terlalu sering menatap layar monitor sambal duduk terlalu lama juga bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. untuk mengatasi stress kerja dan meningkatkan produktivitas kamu, yuk coba lakukan 6 hal ini selama di kantor.

1. Jangan biasakan lembur

Credit: CNN Indonesia

Situasi kantor memang terkadang memaksamu untuk bekerja lembur. Namun, sebaiknya jangan terbiasa pulang kantor terlalu larut malam. Sudah banyak penelitian medis yang mengaitkan kebiasaan lembur dengan risiko stroke dan penyakit jantung, bahkan kanker payudara pada wanita.

Mulailah tegas pada diri sendiri untuk membuat batas maksimal berapa lama kamu harus bekerja. Usahakan untuk selalu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu agar kamu tidak harus lembur. Dengan begitu, kamu akan memiliki lebih banyak waktu untuk beristirahat dan tidur cukup.

2. Hias meja dengan aksesoris serba hijau

Credit: Independent.co.uk

Mungkin kita mengetahui bahwa melihat yang hijau- hijau bisa bikin mata segar, dan hal ini ternyata terbukti secara medis. Lingkungan yang dominan berwarna hijau dapat memberikan efek yang menyehatkan bagi mata dan pikiran.

Warna bisa mempengaruhi kondisi psikologis dan emosi. Warna hijau sering dihubungkan dengan alam dan lingkungan yang sehat. Selain itu, hijau juga melambangkan harmoni, keseimbangan, ketenangan, dan kedamaian. Maka ketika kamu sedang suntuk bekerja, kamu bisa melipir sejenak ke jendela untuk melihat pohon- pohon rindang di jalan. Jika tidak ada pohon- pohon, maka kamu bisa menghias meja kerjamu dengan pernak- Pernik dan aksesoris bernuansa hijau, seperti pot tanaman mini.

3. Banyak bergerak

Credit: Liputan6

Meski pekerjaan menuntut kamu untuk duduk diam dan menatap layar komputer, jangan jadikan hal ini alasan untuk kamu jadi malas bergerak. Setiap 30 menit sampai 1 jam sekali, luangkan waktu untuk beranjak dari bangku dan jalan- jalan sejenak. Mulai dari pergi ke toilet, isi ulang gelas air minum, atau lakukanlah peregangan sederhana di kantor.

4. Coba untuk bermeditasi

Credit: Kumparan

Meditasi merupakan cara jitu untuk mengatasi stress kerja di kantor. Orang yang berlatih meditasi dapat menunjukkan penurunan tingkat hormon stress sebanyak 51 persen. Selain itu, meditasi juga membantumu untuk mempertajam konsentrasi dan kewaspadaan.

Coba hentukan segala kegiatan yang sedang kamu lakukan, kosongkan pikiran, kemudian ambil napas dalam beberapa kali. Hitung napasmu dan tetap pertahankan focus sampai kamu merasa lebih tenang.

5. Gunakan aromaterapi

Credit: Liputan6

Minyak esensial dengan wewangian tertentu bisa membuat pikiran jadi lebih rileks. Contohnya seperti minyak aromaterapi lavender atau melati. Namun, hindari menggunakan aromaterapi dengan wangi yang menusuk. Karena hal ini bisa mengganggu indera penciuman dan membuat kamu jadi tidak fokus kerja.

6. Berinteraksi dengan teman kerja

Credit: Lifestyle Kompas

Buat kamu yang punya banyak kerjaan, kantor seakan- akan jadi rumah kedua bagimu. Untuk membuat kamu semakin betah bekerja di kantor, buatlah suasana kerja jadi lebih menyenangkan dengan teman- teman kerja. Selain menjalin relasi antar karyawan yang lebih kuat, produktivitas kerja pun akan meningkat jika mood setiap orang di kantor juga selalu baik.

 

Featured Image - The Balance Careers