Olahraga senam lantai merupakan salah satu kegiatan fisik yang cukup familiar, bahkan sering dilakukan banyak orang. Apakah kamu salah satunya? Jangan salah, meskipun terlihat sepele, tetapi senam lantai memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, lho.

Tetapi sayangnya, masih banyak yang justru malas – atau merasa sulit untuk melakukan olahraga yang satu ini. Wah, rasa malas tersebut sebenarnya hanya ada pikiran kamu saja kok – kalau sudah mencobanya, dijamin pasti ketagihan! Jadi, kapan nih kamu mau mencoba olahraga senam lantai?

Nah, biar makin tertarik untuk melakukan senam lantai, yuk ketahui sejumlah manfaat baiknya untuk kesehatan tubuh. Simak selengkapnya di bawah ini ya!

 

 

Dapat Meningkatkan Fleksibilitas

Credit Image - fungsi.co.id

Senam lantai memang terdengar cukup sulit – atau justru mengerikan, namun jika kamu sudah mencobanya, maka olahraga yang satu ini bisa membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh, lho. Manfaat yang satu ini bisa didapatkan kalau kamu rutin melakukannya ya.

Dengan rutin senam lantai, otot menjadi lebih kencang dibandingkan melakukan olahraga lainnya. Hal tersebut pun diungkapkan oleh Macauley Carruthers, seorang calisthenics maestro, yang menyarankanmu menambahkan jadwal rutin melakukan senam lantai setiap minggunya.

Sebagian besar latihan membutuhkan fleksibilitas, dengan melakukan senam lantai kamu akan merasakan beberapa otot menjadi lebih kencang. Melatih otot dengan baik pun dapat membuat tubuh lebih mudah melakukan olahraga secara tepat. Tapi, sebelum memulai olahraga ini, mulailah dengan peregangan dan pemanasan ya.

 

Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat senam lantai lainnya, yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Seperti diketahui, olahraga memang dapat menjaga, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh – sehingga, ini merupakan salah satu cara agar kamu tak mudah terserang berbagai macam penyakit.

Jadi, kamu pun tak perlu ragu untuk menambah rutinitas senam lantai ke dalam jadwal olahraga setiap minggunya ya. Tapi, lakukan senam lantai tiga sampai lima kali – dengan jeda untuk beristirahat. Hal ini dapat membangun daya tahan tubuh yang kuat, serta mengatasi rasa lelah setelah latihan kardio.

 

Baik Untuk Kesehatan Tulang

Credit Image - alodokter.com

Tahukah kamu bahwa olahraga senam lantai pun baik untuk kesehatan tulang? Ya, seiring bertambahnya usia, tak bisa dipungkiri kekuatan tulang pun dapat menurun. Dengan rutin senam lantai, kesehatan tulang pun bisa lebih terjaga hingga di masa mendatang, lho.

Ketika sudah menguasai gerakan senam lantai pun kamu sudah tak perlu lagi takut untuk mengalami cedera. Senam lantai tidak hanya meningkatkan kekuatan otot saja, tetapi juga tulang dan sendi – sehingga risiko cedera dapat diminimalisir.

 

Membantu Menurunkan Berat Badan

Untuk kamu yang sedang dalam program penurunan berat badan, nah olahraga senam lantai juga bisa menjadi pilihan aktivitas fisik yang tepat, lho. Tak perlu diragukan lagi, rutin melakukan senam lantai dapat membantu menurunkan berat badan.

Mengapa demikian? Karena aktivitas fisik yang satu ini melibatkan banyak otot saat latihan, hal tersebut pun akan membantu tubuh membakar lebih banyak kalori. Bahkan, senam lantai disebut membakar kalori lebih banyak dibandingkan dengan latihan kardio pada umumnya.

 

Juga Dapat Memperbaiki Postur Tubuh

Credit Image - kumparan.com

Senam lantai juga memiliki manfaat kesehatan lainnya, yaitu dapat membantu memperbaiki postur tubuh. Apalagi, jika durasi latihan mulai meningkat, maka tubuh menjadi lebih kuat. Latihan ini tidak hanya membantu meningkatkan kekuatan tubuh, tetapi juga keseimbangan dalam kontrol diri, sehingga postur menjadi lebih baik lagi.

Manfaat yang satu ini bisa diperoleh berkat gerakan yang lebih banyak berpaku pada bagian kaki, jadi kontrol tubuh bisa menjadi lebih baik. Dilansir dari Pop Mama, berdasarka penelitian yang melibatkan 6 atlet senam lantai dan cabang olahraga lainnya – menunjukkan kalau atlet senam lantai memiliki keseimbangan tubuh yang cenderung lebih baik.

 

Wah, dari penjelasan di atas – rutin melakukan olahraga senam lantai dapat mendatangkan manfaat baik ya, apalagi kalau bukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Tapi, biar aktivitas yang satu ini semakin maksimal, yuk jaga stamina tubuhmu dengan memenuhi kebutuhan vitamin.

Selain dari sumber makanan, vitamin juga dapat diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C, lho.

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Dan, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C– dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas ya!

 

Nah, itulah sejumlah manfaat dari olahraga senam lantai. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba aktivitas fisik yang satu ini?

 

 

Featured Image - jessicarichburgyoga.com