Gaya hidup sehat merupakan komitmen jangka panjang dengan berbagai macam manfaat kesehatan bagi tubuh dan juga kehidupanmu. Meningkatnya kesehatan tubuh, mental dan emosional akan turut meningkatkan kualitas hidupmu dan membawa pengaruh positif bagi orang- orang disekitarmu.

Penerapan gaya hidup sehat

Menerapkan gaya hidup sehat perlu disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas fisik, kondisi kesehatan, bahkan kebiasaan makanmu. Hasilnya pun akan bermacam- macam, kamu tidak bisa menjalani atau mengharapkan hasil perubahan gaya hidup yang sama dengan seseorang yang kondisi tubuh atau kesehatannya berbeda denganmu, misalnya mengikuti gaya hidup actor atau model idolamu.

Berikut ini adalah beberapa cara memulai gaya hidup sehat yang bisa kamu terapkan dan bisa dijadikan kebiasaan baru.

1. Mengetahui status kesehatan tubuh dan buat janji perawatan jika diperlukan

Credit: Hello Sehat

Lakukan pemeriksaan tahunan yang mungkin belum pernah kamu lakukan, serta periksa juga daftar vaksinasi yang wajib didapatkan. Segera buat janji dengan dokter jika hasil pemeriksaan kesehatan rutinmu menunjukkan adanya masalah atau terdapat vaksin yang harus dilakukan.

Ketahui indeks massa tubuh (IMT) dan ukuran lingkar pinggangmu untuk mengecek apakah terdapat faktor risiko penyakit. Selain itu, kenali juga tingkat aktivitas fisikmu, misalnya berapa banyak aktivitas yang dilakukan dalam seminggu dan seperti apa intensitasnya.

Dengan mengetahui kondisi fisik dan kesehatan tubuh, kamu bisa menentukan langkah selanjutnya dari perubahan gaya hidup sehat yang sesuai untuk dilakukan.

2. Membenahi pola makan dan menghentikan kebiasaan buruk

Credit: Lifestyle Kompas

Orang dewasa dianjurkan untuk menyempatkan diri setidaknya dua setengah jam per minggu untuk melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga berjalan dan berlari. Buatlah calendar aktivitas fisik dan target mingguan yang fleksibel, realistis, dan menyenangkan.

Menjaga kesehatan mental juga termasuk ke dalam gaya hidup sehat. Sempatkan dirimu untuk melakukan aktivitas seperti yoga dan meditasi untuk mengatasi stress. Dan jangan lupa untuk selalu mengingat hal- hal positif yang terjadi dalam hidup dan kamu akan menyadari betapa banyaknya hal yang sudah kamu capai atau miliki.

3. Perbaiki waktu tidur

Credit: Klik Dokter

Buatlah jadwal tidur yang tetap. Usahakan gadget, komputer atau televisi mu sudah mati setidaknya dua jam sebelum waktu tidur yang telah ditentukan. Olahraga berat sebelum tidur juga tidak dianjurkan.

Selain itu, kamu juga bisa mandi air hangat dan minum secangkir teh untuk membuat badan dan pikiran jadi rileks, sehingga membantumu untuk cepat tidur. Dan jika kamu memiliki gangguan tidur, sebaiknya segera temui dokter untuk mendapat penanganan yang sesuai.

4. Tingkatkan hubungan dengan orang di sekitar

Credit: Ashwood Recovery

Perubahan gaya hidup bukan hanya sekedat diet dan olahraga saja, interaksi social dengan orang di sekitar kamu juga ikut berpengaruh pada kesehatan mental dan emosi. Meningkatkan hubungan dengan sesame akan memberikan rasa nyaman untukmu dan juga orang- orang disekitarmu.

Perbanyak juga melakukan aktivitas yang merangsang kreativitas otak bersama orang di sekitarmu. Aktivitas ini sebaiknya dimulai dari kecil dibarengi dengan Pendidikan formal yang saling mendukung. Aktivitas seperti ini akan lebih berpengaruh pada kesehatan otak dan tubuh secara keseluruhan dibanding permainan komputer yang dimainkan secara individu.

Walau terkadang terasa sulit berpaling dari kebiasaan lama, kamu perlu menyadari bahwa dengan menjadikan gaya hidup sebagai kebiasaan yang baru, risiko terserang berbagai jenis penyakit pun akan berkurang. Penampilan fisik bertambah baik, kesehatan mental terjaga, dan energi pun semakin meningkat.

 

Featured Image - Dokter Sehat