Tak bisa dipungkiri, setiap pekerja pasti dituntut untuk bisa terus berpikir kreatif. Bukan tanpa alasan lho, berpikir kreatif ternyata dapat berpengaruh pada jenjang karier di masa mendatang. Meski demikian, masih banyak yang justru menyepelekan kemampuan berpikir kreatif.

Memiliki pemikiran yang kreatif pun bisa dilatih dengan melakukan berbagai cara, seperti membekali diri dengan pengetahuan yang luas, rutin menulis jurnal untuk berimajinasi – kemudian bisa menciptakan suatu kreativitas baru, hingga dengan menonton film – yang juga bisa meningkatkan kemampuan berpikir kreatif.

Memang, berpikir kreatif merupakan salah satu roda untuk menghadirkan inovasi dalam pekerjaan. Hal ini tentunya menjadi sebuah nilai tambah yang dapat membantu meraih kesuksesan ya. Lantas, apa saja sih keuntungan kreativitas dalam pekerjaan – selain untuk jenjang karier?

Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

Kreativitas Dalam Pekerjaan: Suatu Hal yang Penting Dimiliki

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Dikutip dari Indeed, kreativitas merupakan suatu perilaku yang mengubah ide menjadi inovasi, kemudian diterapkan dalam kehidupan. Biasanya, kreativitas dikaitkan dengan karya seni, padahal kreativitas juga merupakan kemampuan untuk menyelesaikan permasalahan, lho.

Dengan kreativitas, maka kamu dapat melihat dunia dengan pandangan baru, menemukan pola tersembunyi, dan menghubungkan berbagai fenomena untuk dijadikan solusi dari permasalahan. Jadi, bisa diartikan bahwa kreativitas dalam pekerjaan berarti kemampuan seseorang untuk memecahkan masalah di dunia kerja dengan ide baru – atau inovasi.

Tak hanya berlaku untuk divisi tertentu, seperti graphic designer saja, tapi kreativitas dalam pekerjaan juga harus ditanamkan kepada seluruh karyawan. Pasalnya, berbagai tantangan ke depan tentu membutuhkan penyelesaian yang berbeda. Sehingga, kamu harus memiliki kreativitas untuk dapat menghadapi tantangan tersebut.

 

Apa Pentingnya Kreativitas Dalam Pekerjaan?

Credit Image - sehatq.com

Dilansir dari Glints, hasil penelitian yang dilakukan oleh McKinsey menyebutkan bahwa inovasi merupakan faktor utama pertumbuhan bisnis, terutama karena siklus bisnis semakin cepat setiap harinya.

Kreativitas dalam bekerja bukan hanya bagaimana seseorang dapat membuat presentasi yang menarik. Namun, solusi yang ditawarkan juga menghadirkan hal baru. Dengan memiliki kreativitas, maka karyawan dapat memahami berbagai peluang bagi perusahaan, termasuk saat terjadi kegagalan.

Tentu, perusahaan ingin bisnisnya tetap berjalan meski ada perubahan zaman. Untuk itu, dibutuhkan sosok kreatif yang membantu perusahaan untuk menyesuaikan diri dalam perusabahan tersebut.

 

Apa Saja Keuntungan Memiliki Kreativitas?

Credit Image - sehatq.com

Lantas, apa saja sih keuntungan dari memiliki kreativitas? Berikut ini di antaranya.

Mengurangi Stres

Seperti yang diketahui bahwa dunia kerja terus berubah sesuai zaman dan tantangannya juga pasti bertambah. Orang yang kreatif cenderung lebih mudah untuk menenangkan dirinya dengan hal-hal yang disukai. Misal, dengan menggambar, bersiul, atau bahkan bernyanyi. Jadi, berbagai permasalahan tetap dapat diselesaikan dengan keadaan yang lebih tenang.

 

Meningkatkan Produktivitas

Seseorang yang kreatif juga cenderung enggan melakukan sesuatu yang sama terus menerus. Hal ini dapat membuat semakin lama produktivitas seseorang akan menurun. Dengan meningkatkan kreativitas dalam pekerjaan, kamu dapat menemukan hal baru dari rutinitas yang membuat makin semangat dan produktif.

 

Meningkatkan Kerjasama Antar Tim

Kreativitas pun juga dapat membantu menyelesaikan sebuah permasalahan dengan inovasi. Dalam hal ini, diperlukan kerjasama antar tim, sehingga permasalahan bisa diselesaikan dengan baik. Nantinya, dari setiap anggota yang mengembangkan kreativitasnya, maka inovasi akan semakin banyak dan dapat dipilih yang terbaik untuk jadi sebuah solusi dari tim.

 

Lebih Cepat Menemukan Peluang Baru

Dalam hal ini adalah peluang yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang ditemui. Dengan kreativitas, tekanan yang dihadapi seseorang juga akan berkurang, lho. Sebab, kamu dapat melihat sesuatu dari sisi yang berbeda. Bahkan, kamu pun bisa melihat sebuah masalah secara lebih menyeluruh sebelum menghadirkan inovasi atau solusi.

 

Agar Makin Kreatif, Jangan Lupa Tetap Jaga Stamina Tubuhmu!

Credit Image - ayosemarang.com

Wah, sekarang sudah tahu ya pentingnya berpikir kreatif, serta manfaatnya dalam pekerjaan. Nah, biar urusan kerja semakin lancar, dan tentunya kamu tetap produktif, pastikan tubuhmu sudah memiliki energi yang cukup ya!

Jadi, dukung produktivitas dan selalu jaga energi tubuh dengan rutin mengonsumsi multivitamin – yang tentunya memiliki kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Multivitamin andalanmu yang satu ini mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu – sehingga tak gampang terserang penyakit.

Kandungan Vitamin B Kompleks dalam mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi – bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. 

 

Itulah serba-serbi mengenai kemampuan berpikir kreatif dalam pekerjaan, termasuk keuntungan yang bisa diperoleh. Yuk, terus kembangkan kreativitasmu untuk menciptakan suatu inovasi dalam pekerjaan!

 

 

Featured Image - graphie.co.id