Seperti diketahui, rutin berjemur di pagi hari.

Jangan salah, manfaat berjemur di pagi hari bisa membantu menjaga kesehatan tubuh, lho. Misalnya, meningkatkan sistem kekebalan, serta mampu membuat seseorang lebih mudah terlelap di malam hari – karena, sinar matahari bisa memberi efek rileks, sekaligus mengendalikan level stres.

Lebih lanjut mengenai fakta manfaat berjemur di pagi hari, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

Manfaat Berjemur di Pagi Hari, Termasuk Tingkatkan Imun Tubuh

Credit Image - kumparan.com

Berjemur di pagi hari, terutama sebelum pukul 10.00 memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ketika terserap oleh kulit, maka sinar ultraviolet yang terkandung dalam cahaya matahari akan merangsang tubuh untuk menghasilkan Vitamin D.

Nantinya, Vitamin D tersebut dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan infeksi, meningkatkan kadar kalsium dan fosfor di dalam tubuh, dan dapat menjaga fungsi otot dan saraf. Dalam kata lain, manfaat berjemur di pagi hari memang bisa mempertahankan kesehatan secara keseluruhan ya.

Tak hanya itu, manfaat berjemur di pagi hari juga dapat membantu tidur semakin nyenyak, lho. Dengan kualitas tidur yang baik – berarti daya tahan tubuh pun akan semakin kuat. Memperoleh paparan sinar matahari yang cukup bisa membantumu mendapatkan kedua manfaat tersebut.

Profesor Neurobiologi dan Oftalmologi di Fakultas Kedokteran Universitas Stanford, Dokter Andrew Huberman mengatakan, apa yang pertama kali dilakukan saat seseorang bangun tidur berkontribusi pada tidur di malam hari.

Jadi, agar hari dapat berjalan dengan baik, serta kebugaran terjaga sepanjang hari – maka, hal pertama yang perlu dilakukan, yaitu pergi keluar rumah di satu jam pertama di pagi hari, tepat setelah bangun tidur. Kamu membutuhkan sinar matahari pagi yang dapat meningkatkan hormon kortisol.

Perlu diketahui, cepat atau lambatnya seseorang tertidur di malam hari, disebabkan oleh reaksi kimia yang terjadi ketika terkena sinar matahari. Di dalam tubuh akan terjadi terjadi reaksi untuk membentuk kortisol dan melatonin. Kedua hormon ini yang akan berkontribusi pada kualitas tidurmu.

 

Mitos Berjermur di Pagi Hari yang Perlu Diketahui

Credit Image - superapp.id

Saat ini, pandemi Covid-19 tengah melanda seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia. Beragam cara untuk mencegah semakin banyaknya penularan pun terus dilakukan – termasuk menggencarkan program vaksinasi.

Namun, salah satu cara sederhana yang ditempuh untuk mengurangi penularan, salah satunya, yaitu dengan berjemur di pagi hari. Tapi yang perlu diketahui bahwa manfaat berjemur di pagi hari hanya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, bukan membantu membunuh sejumlah virus, termasuk Covid-19.

Sampai saat ini, belum ada studi yang membuktikan bahwa sinar UV dan panas dari sinar matahari dapat membunuh virus corona, baik di udara maupun di dalam tubuh. Meski demikian, manfaat berjemur di pagi hari dapat memberi dampak positif bagi kesehatan, termasuk jam tidur harianmu.

 

4 Tips Berjemur yang Aman, Yuk Diterapkan!

Credit Image - webmd.com

Nah, kalau kamu sudah mengetahui manfaat berjemur di pagi hari untuk kesehatan, perlu juga diingat kalau paparan sinar UV yang berlebihan dapat berbahaya untuk kesehatan – apalagi kulit. Untuk itu, terapkan tips berjemur yang aman seperti berikut ini:

1. Gunakan tabir surya dan kacamata

Meski berjemur penting, menjaga kesehatan kulit juga sama pentingnya. Oleskan tabir surya – alias sunscreen atau sunblock dengan SPF 30 atau lebih pada kulit, 20–30 menit sebelum berjemur. Hal ini penting untuk mencegah agar kulit tidak gosong atau mengalami sunburn saat berjemur.

Bila perlu, kenakan kacamata hitam yang dapat menangkal UVA dan UVB untuk melindungi mata dari bahaya sinar ultraviolet, terutama saat sinar matahari sedang terik.

 

2. Perhatikan durasi berjemur

Untuk mencukupi kebutuhan vitamin D, berjemur yang aman dapat dilakukan sebanyak 3 kali seminggu pada pukul sekitar 09.00 pagi selama 5–15 menit. Hindari berjemur terlalu lama karena dapat merusak kulit dan meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit.

 

3. Cukupi kebutuhan cairan ketika berjemur

Ketika berjemur, jangan lupa untuk minum air putih yang cukup agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Jika kamu merasa kepanasan atau lemas dan berkunang-kunang saat berjemur, segeralah pindah ke tempat yang teduh untuk mendinginkan tubuh agar terhindar dari heat stroke.

 

4. Tetap terapkan jaga jarak

Kalau kamu berjemur di tempat umum, pastikan tetap menerapkan physical distancing – atau jaga jarak untuk meminimalisir risiko terpapar virus corona. Disarankan untuk berjemur di rumah, atau di tempat yang tidak ramai.

 

Optimalkan Perlindungan Tubuh, Lakukan Cara Ini Ya

Credit Image - jovee.id/

Selain rutin berjemur di pagi hari yang dapat membuat tidur semakin lelap, sekaligus meningkatkan imunitas tubuh, ada sejumlah hal lainnya yang perlu kamu lakukan – untuk memaksimalkan kesehatan tubuhmu.

Adapun berbagai cara lain tersebut, yaitu menerapkan pola makan bergizi seimbang, rutin berolahraga, dan mengelola stres dengan baik. Selain itu, pastikan juga kamu sudah memenuhi kebutuhan vitamin harian – baik dari makanan, maupun multivitamin.

Untuk multivitamin, kamu direkomendasikan mengonsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan 1000 mg Vitamin C yang dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap tubuh!

Dan, bagi yang memiliki masalah lambung sensitif, kamu direkomendasikan untuk direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Selain dapat menjaga daya tahan tubuh, multivitamin Enervon-C dan Enervon Active dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini dapat diperoleh berkat kandungan Vitamin B Kompleks di dalam kedua multivitamin tersebut ya.

 

Wah, itulah manfaat berjemur di pagi hari yang juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sekaligus memberi dampak baik lainnya bagi kesehatan. Jadi, sudahkah kamu rutin berjemur? Kalau belum, yuk lakukan!

 

 

Featured Image - halodoc.com