Melakukan olahraga secara rutin merupakan salah satu cara yang sangat direkomendasikan untuk menjaga kebugaran tubuh. Bahkan, aktivitas fisik pun bisa mengurangi risiko penyakit degeneratif – atau masalah kesehatan yang kerap menjadi penyebab kematian di dunia.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) juga merekomendasikan rutinitas yang satu ini, lho. WHO menyarankan untuk melakukan olahraga dengan intensitas sedang, setidaknya selama 150 sampai 300 menit setiap minggunya. Bagi yang melakukan aktivitas fisik intensitas berat, direkomendasikan dilakukan selama 75-150 menit dalam seminggu.

Nah, tak hanya memperhatikan durasi saja ya, kamu juga harus mempertimbangkan jenis olahraga yang dilakukan. Menurut studi yang ditebitkan di Mayo Clinic Proceeedings disebutkan bahwa ada sejumlah olahraga yang bisa memperpanjang umur.

Penasaran, kira-kira apa saja sih olahraga tersebut? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini ya!

 

 

Tenis: Olahraga Dengan Segudang Manfaat

Credit Image - kaba12.co.id

Berdasarkan penelitian yang diikuti oleh lebih dari 8.500 orang selama 25 tahun tersebut – disebutkan bahwa olahraga tenis termasuk dalam jenis aktivitas fisik yang bisa memperpanjang umur seseorang, lho. Dalam studi dilaporkan bahwa partisipan yang rutin melakukan tenis selama 103 menit dalam seminggu memiliki usia 9,7 tahun lebih panjajg.

Hal tersebut pun menjadikan tenis sebagai olahraga dengan efek jangka panjang yang paling tinggi – dibanding dengan jenis olahraga lainnya. Manfaat yang satu ini juga berkaitan dengan interaksi sosial yang dilibatkan dalam olahraga tenis.

Hubungan interpersonal memang dapat memberikan manfaat yang baik untuk sisi psikologis. Salah satunya dapat menjaga keseimbangan dan kesehatan mental. Jadi, apakah kamu tertarik melakukan olahraga tenis secara rutin?

 

Badminton Juga Direkomendasikan, Lho

Selain menyenangkan, bermain badminton juga punya potensi untuk memperpanjang usia, nih. Dalam studi yang sama, partisipan menghabiskan waktu selama satu setengah jam dalam seminggu untuk melakukan olahraga ini. Hasilnya, usia mereka pun disebut lebih panjang hingga 6,2 tahun.

Dari studi berbeda yang dipublikasikan dalam Journal of Sport Science ditemukan bahwa badminton memiliki manfaat kesehatan, seperti meningkatkan kapasitas paru-paru dan mengoptimalkan fungsi jantung serta pembuluh darah.

Untuk itu, kapasitas VO2 max – atau tingkat maksimal oksigen yang dapat digunakan tubuh selama berolahraga juga turut meningkat. Sedangkan, tekanan darah dan rata-rata detak jantung menurun secara signifikan.

 

Olahraga Sepak Bola yang Menyenangkan

Credit Image - popmama.com

Selanjutnya, kamu juga dapat menyempatkan waktu luang sekitar 184 menit dalam seminggu untuk bermain sepak bola – yang juga punya manfaat untuk memperpanjang umur seseorang, lho. Hal ini dibuktikan dari partisipan studi yang memiliki hidup 4,7 tahun lebih lama, dibanding dengan yang jarang bergerak.

Bisa dibilang sepak bola merupakan olahraga yang kompleks, pasalnya aktivitas ini melibatkan banyak koordinasi otot melalui gerakan menendang, berlari, dan melompat. Namun, sejumlah gerakan tersebut dapat meningkatkan kinerja jantung dan pembuluh darah, serta menguatkan tulang.

Selain itu, penurunan massa lemak juga dapat dirasakan ketika kamu melakukan olahraga ini secara rutin, yaitu setidaknya tiga sesi dalam seminggu. Jadi, tak hanya menyenangkan – tapi sepak bola juga bisa memberikan banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh ya!

 

Ingin Melakukan Olahraga yang Lagi Tren? Bisa Coba Bersepeda, Nih

Tak bisa dipungkiri, bersepeda merupakan kegiatan fisik yang tengah digemari belakangan waktu terakhir. Bukan tanpa alasan, dengan terbatasnya aktivitas selama pandemi – masyarakat memilih sepeda sebagai alternatif olahraga. Sebab, bisa dilakukan diluar rumah, serta sangat menyenangkan, lho.

Menurut studi, rata-rata partisipan yang aktif bermain sepeda terbukti hidup 3,7 tahun lebih panjang. Selain itu, dari studi yang dipublikasikan di British Journal of Sports Medicine pun melaporkan bahwa bersepeda bisa menurunkan risiko seluruh penyebab kematian hingga 10 persen.

Dari sisi lingkungan, menggunakan sepeda sebagai pengganti kendaraan juga dapat mengurangi emisi gas rumah kaca juga. Tak hanya baik untuk tubuh, namun olahraga yang satu ini juga ramah lingkungan.

 

Olahraga Berenang Sebagai Alternatif Lainnya

Credit Image - liputan6.com

Aktivitas yang satu ini juga sering menjadi pilihan olahraga bagi banyak orang. Apakah kamu salah satunya yang gemar berenang? Seperti diketahui, berenang kerap dikaitkan sebagai olahraga yang paling efektif untuk menaikkan tinggi badan.

Tapi tidak hanya itu saja, berenang secara rutin – setidaknya selama satu jam dalam seminggu terbukti dapat memperpanjang usia, bahkan hingga 3,4 tahun. Orang yang rutin berenang memiliki risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah yang lebih rendah hingga 50 persen, lho.

Manfaat tersebut juga bisa memberi dampak baik, yaitu mengurangi kekakuan pada pembuluh darah arteri serta membantu menurunkan tekanan darah.

 

Joging, Olahraga Sederhana yang Kaya Akan Manfaat

Yang tidak kalah baiknya, olahraga joging juga bermanfaat untuk memperpanjang umur, lho. Melakukan aktivitas fisik ini setidaknya sekali dalam seminggu – disebut mampu memperpanjang usia hingga 3,2 tahun lebih lama.

Selain itu, joging juga dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular hingga 30 persen. Dilansir dari Healthline, joging termasuk sebagai olahraga yang paling efektif dalam mempertahankan berat badan.

Dibandingkan dengan berjalan biasa, lari secara rutin selama kurang lebih 6 tahun memiliki efek untuk menurunkan berat badan. Hal ini disebutkan dalam sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Medicine and Science in Sports & Exercise.

 

Memang melakukan sejumlah aktivitas fisik di atas, sepertinya sangat baik untuk kesehatan tubuh ya. Apakah kamu setuju? Namun, agar kegiatan olahraga semakin maksimal, pastinya kamu harus menjaga stamina sekaligus energi tubuh, salah satunya dengan memenuhi kebutuhan vitamin harian.

Tak hanya dari sumber makanan, vitamin juga dapat diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active, lho.

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Atau, kamu juga bisa mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah.

Pastinya, kandungan Vitamin C dalam Enervon Active mampu menjaga daya tahan tubuh kamu agar tidak gampang terserang berbagai macam penyakit.

Dan, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas ya!

 

Nah, itulah keenam olahraga yang diklaim dapat memperpanjang usia serta menjaga kesehatan tubuh. Jadi, kamu tertarik untuk melakukan aktivitas fisik yang mana nih?

 

 

Featured Image - economictimes.indiatimes.com