5 Hal Yang Bisa Mendorong Motivasi Kerja Kamu!

5 Hal Yang Bisa Mendorong Motivasi Kerja Kamu!

TAGS : Karir
font size A Ǎ

Bagi seorang karyawan, memiliki motivasi kerja merupakan salah satu kunci agar bisa selalu menyelesaikan semua pekerjaan yang dimiliki. Pada dasarnya, menjaga motivasi bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Terutama, bila kita adalah seorang karyawan yang mendapat banyak tantangan serta memiliki beban pekerjaan yang tinggi.

Ketika motivasi berkurang, semangat kerjapun menjadi hilang, dan lama kelamaan performa kerja pun ikut menurun. Bukan hanya bisa merugikan diri sendiri, namun hal ini pun bisa berdampak pada perusahaan tempat kamu bekerja.

Untuk mengatasinya, berikut beberapa hal yang bisa meningkatkan dan mendorong kembali motivasi kerjamu:

1. Menginginkan pengalaman kerja yang lebih luas

5 Hal Yang Bisa Mendorong Motivasi Kerja Kamu!

Credit: dbs.com

Motivasi ini biasanya akan terjadi pada karyawan yang baru lulus dan mendapat pekerjaan pertamanya. Karyawan seperti ini biasanya masih beradaptasi di perusahaan tempat mereka bekerja. Dan karyawan seperti ini biasanya akan bertahan cukup lama dengan motivasi ingin mendapatkan pengalaman lebih.

Biasanya, karyawan seperti ini memiliki motivasinya sendiri seperti rencana jangka panjang bagaimana caranya membangun sebuah usaha, belajar pengaturan dan struktur perusahaan hingga bisnis yang dikelola. Selain itu, motivasi ini nantinya juga akan dikelola sebagai ilmu baru yang bisa diterapkan jika karyawan akan pindah ke perusahaan baru.

2. Motivasi untuk mendapatkan pendapatan tetap

5 Hal Yang Bisa Mendorong Motivasi Kerja Kamu!

Credit: jurnal.id

Mendapatkan gaji atau pendapatan tetap setiap bulannya merupakan salah satu tujuan seorang karyawan untuk bekerja. Apalagi jika kamu harus hidup mandiri, maka semua kebutuhan hidup harus ditanggung sendiri. Inilah salah satu alasan seseorang akan tetap bekerja meski mendapatkan banyak tantangan.

3. Mendapatkan jabatan yang lebih strategis

5 Hal Yang Bisa Mendorong Motivasi Kerja Kamu!

Credit: Forbes

Kamu pastinya menginginkan kenaikan level dalam pekerjaan yang dimilikinya. Tidak jarang pula hal ini dijadikan sebagai motivasi bagi sebagian karyawan. Cara ini sendiri secara tidak langsung akan membantu meningkatkan produktivitas seorang karyawan dalam bekerja. Dengan meningkatnya produktivitas, maka hal ini akan memberi keuntungan tersendiri untuk perusahaan.

Bukan tidak mungkin nantinya seorang karyawan bisa mendapatkan kenaikan jabatan. Dengan bekal kesempatan untuk meningkatkan kemampuan dan skill nya, maka seorang karyawan sudah siap untuk mendapatkan jabatan yang lebih baik dalam perusahaan.

4. Motivasi untuk memenuhi kebutuhan anggota keluarga

5 Hal Yang Bisa Mendorong Motivasi Kerja Kamu!

Credit: Educenter.id

Jika kamu sudah memiliki anggota keluarga seperti anak dan istri, maka mereka adalah sumber motivasimu dalam bekerja. Mengingat keluarga di rumah bisa membuat motivasi bekerja bertambah meskipun kamu mendapatkan berbagai macam tantangan dalam pekerjaan yang sedang dijalani.

Hal ini biasanya juga dijadikan sebagai motivasi untuk selalu giat bekerja dan selalu berusaha untuk tidak mengecewakan serta ingin membuktikan bahwa dirinya mampu bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

5. Menyiapkan rencana masa depan

5 Hal Yang Bisa Mendorong Motivasi Kerja Kamu!

Credit: Numediagroup.com

Seorang karyawan yang sudah punya strategi jangka panjang untuk dirinya sendiri dan keluarga pastinya sudah memiliki gambaran apa yang akan dilakukan di masa depan nanti.

Oleh karena itu, gambaran masa depan yang masih sulit untuk ditebak ini akan menjadi pengingat dan motivasi dalam bekerja. Misalnya, seorang karyawan pastinya sudah menyiapkan tabungan masa depan untuk kebutuhan anak sekolah, biaya kesehatan, dan lain- lainnya.

Apalagi secara keseluruhan biaya untuk memenuhi kebutuhan akan semakin tinggi di masa depan. Dengan begitu, kamu pastinya akan selalu giat untuk bekerja agar mampu memenuhi kebutuhan untuk dirinya sendiri dan keluarganya.

 

Featured Image - The Conversation


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!