Yuk, Mulai Bergerak! Ini Lho 5 Manfaat Olahraga Di Pagi Hari Untuk Kesehatan Tubuh

Yuk, Mulai Bergerak! Ini Lho 5 Manfaat Olahraga Di Pagi Hari Untuk Kesehatan Tubuh

font size A Ǎ

Tak bisa dipungkiri, padatnya aktivitas sehari-hari membuat sebagian besar orang memilih untuk berolahraga di sore hari. Apakah kamu salah satunya? Meski demikian, tidak sedikit yang menyakini bahwa waktu terbaik untuk berolahraga sebenarnya di pagi hari.

Perlu diketahui kalau baik olahraga di pagi hari maupun di sore hari – sama baiknya ya! Namun, ada beberapa manfaat olahraga di pagi hari yang mungkin tak dapat kamu peroleh ketika melakukan aktivitas yang satu ini saat sore hari.

Selain udaranya yang masih sejuk, tubuh juga cenderung masih segar untuk berolahraga di pagi hari, lho. Tak berhenti sampai sini, tapi masih ada berbagai manfaat olahraga di pagi hari lainnya yang dapat kamu peroleh.

Penasaran apa saja sih manfaat olahraga tersebut? Tanpa perlu berlama-lama, yuk segera simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

Dapat Meningkatkan Kewaspadaan

Yuk, Mulai Bergerak! Ini Lho 5 Manfaat Olahraga Di Pagi Hari Untuk Kesehatan Tubuh

Credit Image - wolipop.detik.com

Tahukah kamu bahwa manfaat olahraga di pagi hari dapat membantu meningkatkan kewaspadaan? Ya, hal ini disebabkan oleh kortisol – alias hormon yang membuat kamu tetap terjaga, sekaligus meningkatkan kewaspadaan.

Umumnya, hormon kortisol tersebut akan meningkat di pagi hari, kemudian menurun di malam hari. Hormon tersebut akan mencapai puncaknya sekitar pukul 8 pagi, lho. Jika kamu memiliki ritme sirkadian yang sehat, maka tubuh mungkin lebih siap untuk berolahraga di pagi hari – yakni, ketika hormon kortisol sedang dalam puncaknya.

 

Bantu Meningkatkan Energi

Seperti yang kamu ketahui, melakukan olahraga secara rutin memang dapat menjaga, serta meningkatkan energi dalam tubuh. Bahkan, aktivitas fisik pun dapat mengurangi kelelahan yang kerap dialami ketika melakukan kegiatan sehari-hari.

Manfaat olahraga tersebut dapat terjadi, sebab oksigen dan nutrisi menjadi lebih lancar mengalir ke jantung dan paru-paru – sehingga, fungsi sistem kardiovaskular, daya tahan, dan stamina akan meningkat secara bersamaan. Hal inilah yang juga bisa membuatmu merasa lebih berenergi sepanjang hari.

 

Membuatmu Lebih Fokus

Yuk, Mulai Bergerak! Ini Lho 5 Manfaat Olahraga Di Pagi Hari Untuk Kesehatan Tubuh

Credit Image - abisgajian.id

Siapa di sini yang masih sering sulit fokus dalam menjalani kegiatan sehari-hari? Wah, kalau begitu kamu mesti rajin bergerak, nih! Kebanyakan orang sulit untuk berkonsentrasi dan sering merasa mengantuk di siang hari. Apakah kamu salah satunya?

Untuk mengatasi masalah tersebut – ada baiknya kamu mulai berolahraga di pagi hari ya. Menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2019 silam dan diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine mengungkapkan bahwa berolahraga di pagi hari terbukti dapat meningkatkan perhatian, pembelajaran visual, dan pengambilan keputusan.

Tentunya, manfaat olahraga yang satu ini bisa membuatmu bekerja lebih produktif, ya?

 

Suasana Hati Pun Lebih Terjaga

Sudah sering didengar kalau olahraga merupakan salah satu “obat” stres yang manjur – dan pastinya alami. Setuju, kan? Manfaat olahraga tersebut bisa terjadi karena selama berolahraga, otak akan menghasilkan lebih banyak endorfin, yaitu hormon yang memicu perasaan senang.

Selain itu, hormon endorfin juga berperan sebagai zat yang dapat mengalihkanmu dari berbagai macam pikiran – umumnya, yang membuat seseorang menjadi gampang cemas maupun stres. Jadi, ketika berolahraga di pagi hari, dapat dipastikan kamu akan memiliki suasana hati yang lebih baik sepanjang hari, lho.

 

Sedang Diet? Olahraga di Pagi Hari Bisa Kontrol Napsu Makan!

Yuk, Mulai Bergerak! Ini Lho 5 Manfaat Olahraga Di Pagi Hari Untuk Kesehatan Tubuh

Credit Image - halodoc.com

Untuk kamu yang sedang dalam program diet – informasi yang satu ini tak boleh dilewatkan, nih. Manfaat olahraga juga dapat kamu rasakan dalam membantu penurunan berat badan – olahraga dapat membantu mengatur napsu makan dengan mengurangi ghrelin, yakni hormon kelaparan, serta meningkatkan hormon kenyang.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam Medicine & Science in Sports and Exercise – penelitian yang melibatkan 35 wanita, meminta mereka untuk berjalan di atas treadmill selama 45 menit di pagi hari. Selanjutnya, peneliti juga mengukur gelombang otak wanita, ketika melibhat foto bunga dan makanan.

Seminggu kemudian, proses tersebut diulangi tanpa melakukan olahraga pagi. Hasilnya, peneliti menemukan bahwa otak wanita memiliki respons yang lebih kuat terhadap foto makanan ketika tidak berolahraga di pagi hari. Hal tersebut menunjukkan kalau olahraga pagi dapat meningkatkan respons otak terhadap isyarat makanan.

Bahkan, manfaat olahraga di pagi hari pun bisa membantu menurunkan berat badan. Sebab, dalam penelitian yang diterbitkan dalam EbioMedicine – ditemukan bahwa berolahraga pagi merupakan waktu tepat untuk membakar lemak yang lebih tinggi.

Memang, manfaat olahraga di pagi hari bisa memberikan berbagai dampak baik – termasuk 5 hal di atas ya. Tapi, agar kegiatan olahraga semakin maksimal, pastinya kamu mesti menjaga stamina dan energi tubuh – sehingga, aktivitas fisik bisa dilakukan dengan baik. Hal ini bisa dilakukan dengan memenuhi kebutuhan vitamin harian, lho.

Tak hanya dari sumber makanan, vitamin juga dapat diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu ya!

Dan, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas ya!

 

Nah, itulah 5 manfaat olahraga di pagi hari. Jadi, apakah kamu tertarik untuk melakukan kegiatan sehat ini sebelum memulai aktivitas harian?

 

 

Featured Image - honestdocs.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!