Setiap pribadi di antara kita pasti punya sifat ambisi dan juga perfeksionis dalam diri. Meskipun pasti memiliki, tapi kadar sifat di setiap orangnya pasti berbeda-beda. Buat kamu yang punya perfeksionis yang tinggi, seringkali merasa takut gagal dan segala yang kamu kerjakan harus perfect.

Sifat ini tidak selalu buruk – namun juga tidak selalu baik, semua harus pada porsi yang tepat. Menjadi pribadi yang perfeksionis nantinya akan membuatmu sulit beradaptasi dan bekerja sama.

Tanpa disadari, perfeksionis menjadi salah satu sifat yang membuatmu jadi rawan stres. Tentunya kamu tidak ingin hal ini terjadi, kan? Untuk itu, ada baiknya kamu mengenali 7 tanda di bawah ini. Pastikan kamu membacanya dengan baik agar bisa menghindarinya, ya!

 

 

#1 – Melihat Sesuatu Secara Detail

Credit Image - berkeluarga.id

Orang dengan pribadi yang perfeksionis secara tidak langsung akan membuat kamu menjadi orang yang mengharapkan sesuatu yang dikerjakan secara sempurna. Hal ini terjadi karena mereka memperhatikan secara detail sesuatu yang dikerjakan – maka dari itu, orang perfeksionis akan melihat sesuatu yang tidak dilihat orang lain.

Alhasil, kamu akan menyalahkan pekerjaan orang lain yang dianggap tidak kompeten. Padahal – mungkin, pekerjaannya sudah dilakukan dengan baik hanya saja tidak men-detail seperti yang kamu harapkan. Hal ini pasti akan merugikan kamu untuk bekerja dengan tim. Kalau kamu punya sifat ini, segera hindari ya!

 

#2 – Pandangan yang Kaku

Memiliki sifat perfeksionis enggan berinovasi atau mencoba hal baru karena belum mengetahui output-nya akan seperti apa. Orang perfeksionis akan menggunakan metode yang sama berulang-ulang yang sudah terbukti efektif dan sudah ada track record mendapatkan hasil yang sesuai.

Pandangan ini yang membuat seorang perfeksionis menjadi orang yang kaku dan enggan untuk keluar dari zona nyaman. Tentunya ini bukan hal yang baik karena akan membuatmu jadi orang yang enggan berusaha dan mencoba hal baru.

 

#3 – Memiliki Pola Pikir Ekstrim

Credit Image - sehatq.com

Secara tidak langsung, sifat perfeksionis akan mengubah pola pikirmu. Pola pikir yang biasa dimiliki adalah pola pikir yang ekstrim. Seperti yang dilansir dari Psychology Today, orang perfeksionis akan menginginkan segala hal secara sempurna.

Karena kesempurnaan tersebut, saking ambisiusnya – orang perfeksionis sering kali memiliki pemikiran yang ekstrim dan tindakan yang tidak biasa dilakukan. Misalnya, demi mengerjakan sesuatu dengan baik, orang perfeksionis akan rela kehilangan jam tidurnya.

 

#4 – Memiliki Trust Issue

Salah satu ciri orang perfeksionis adalah sulit percaya dengan orang lain. Hal ini karena orang yang perfeksionis tidak yakin dengan apa yang dikerjakan oleh orang lain dalam mengerjakan pekerjaan dengan baik sesuai standar tinggi yang dimilikinya.

Hal ini juga yang akan membuat kamu jadi over-work dan tentunya bukan hal yang baik – karena semua hal akan dikerjakan sendiri. Tentunya ini bukan hal yang baik, jangan sampai kamu mengalami hal ini ya!

 

#5 – Sering Over Control

Credit Image - ruangfreelance.com

Masih berhubungan dengan pembahasan sebelumnya – orang yang perfeksionis akan cenderung sulit percaya kepada orang lain dan lebih memilih pekerjaannya dilakukan sendiri olehnya karena memiliki standar yang tinggi.

Kalau pun harus secara terpaksa dikerjakan oleh orang lain, nantinya orang perfeksionis akan mengambil kontrol atas apa yang dikerjakannya dan memantau langkah demi langkah yang dilakukan. Hal ini juga membuat orang tersebut kurang nyaman. Jadi kalau punya sifat ini, segera hindari!

 

#6 – Sulit Berproses

Demi hasil sesuai standar yang tinggi, seorang perfeksionis rela melakukan apapun agar mencapai standar tersebut. Sering kali, orang perfeksionis tidak mau tahu terhadap hambatan yang dijalani – yang penting semua sesuai dengan standarnya.

Tentunya hal ini sangat sulit untuk dimaklumi – karena setiap proses pasti ada kendalanya. Oleh karena itu, hal ini harus dihindari. Karena akan membuat kamu mudah stres jika menemui hambatan yang mengganggu prosesnya.

 

#7 – Mengerjakan Sesuatu dengan Lama

Credit Image - klikdokter.com

Sifat yang harus dihindari agar tidak menjadi orang perfeksionis yanng berlebihan adalah over-work dalam bekerja atau mengerjakan sesuatu dengan jangka waktu yang lama. Sulit bagi seorang perfeksionis untuk melakukan inovasi karena punya standar sendiri. Kebiasaan ini tentunya harus dihindari, karena akan merugikan diri sendiri.

Menjadi perfeksionis memang bukan kebiasaan yang baik, tapi melakukan pekerjaan yang sesuai dengan porsinya. Untuk itu, penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian, terutama dengan mengonsumsi multivitamin yang memiliki kandungan lengkap – seperti mengonsumsi Enervon Active – yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat jaga daya tahan tubuhmu.

 

Itulah 7 sifat yang harus kamu hindari agar tidak menjadi orang yang berlebihan dalam masalah perfeksionis. Jadi, pastikan semuanya sesuai kapasitas saja ya!

 

 

Featured Image - engineersrising.com