Alami Hari Buruk? Tak Masalah! Atasi Dengan 5 Tips Ini, Ya!

Alami Hari Buruk? Tak Masalah! Atasi Dengan 5 Tips Ini, Ya!

font size A Ǎ

Dalam hidup pasti kamu pernah merasakan hari buruk yang membuat mood menurun, enggan menjadi produktif, dan hal-hal lain yang membuat suasana tidak menentu. Hal ini memang bukan sesuatu yang menyenangkan, namun harus disadari bahwa hidup tidak hanya dipenuhi dengan hal yang menyenangkan saja.

Terkadang, memang ada waktu di mana kamu harus mengalami kondisi yang tidak mengenakan. Namun harus kamu sadari – bahwa itulah cara hidup bekerja. Agar lebih tenang, kamu bisa melakukan beberapa hal agar terlepas dari perasaan tersebut.

Hal itu bisa kamu lakukan dengan 5 tips di bawah ini, pastikan kamu memperhatikannya secara seksama agar dapat menerapkannya dengan baik ya!

 

 

#1 – Mencari Ruang Terbuka agar Lebih Rileks

Alami Hari Buruk? Tak Masalah! Atasi Dengan 5 Tips Ini, Ya!

Credit Image - rumah.com

Ketika sesuatu terjadi dan membuat harimu buruk, ada baiknya kamu mencari hal lainnya yang bisa membuatmu lebih rileks. Kamu bisa mencoba dengan meluangkan waktu sejenak untuk menghirup udara di ruangan terbuka dan mencari udara segar. 

Setelah mendapatkan ruang terbuka, kamu bisa melanjutkannya dengan berjalan santai. Akan lebih baik jika kamu bisa berjalan di atas reremputan atau duduk dengan rileks sambil melihat pemandangan sekitar. Berada di alam atau ruangan terbuka serta terkena paparan sinar matahari akan menstimulasi energi baik dan meningkatkan fungsi imun tubuh.

 

#2 – Mengonsumsi Makanan Manis

Waktu di mana kamu mengalami hari yang buruk akan menjadi hari di mana kamu mencoba mencari distraksi agar tidak terpaku pada suasana yang membuat tidak nyaman tersebut. Maka dari itu, kamu bisa memanjakan diri dengan memakan makanan manis.

Memakan makanan manis seperti es krim atau cokelat dapat memberikan kekuatan yang kamu butuhkan di hari buruk yang dijalani. Kandungan gula yang ada pada makanan manis memiliki efek besar pada suasana hati – karena dengan melepaskan zat kimia dopamin di otak ini akan membuat kamu merasa tenang.

Agar tetap merasa bahagia dan tetap sehat, penting untuk kamu menikmati makanan manis dengan porsi yang tidak berlebihan tentunya, ya!

 

#3 – Mendengarkan Lagu

Alami Hari Buruk? Tak Masalah! Atasi Dengan 5 Tips Ini, Ya!

Credit Image - blog.roomme.id

Ketika kamu mengalami hari yang buruk dan menyebabkan perubahan suasana hati, kamu bisa melewatinya dengan mendengarkan lagu kesukaan. Hal ini terbukti efektif, loh. Mengutip dari Gethealthystayhealthy – bahwa dengan mendengarkan musik telah terbukti dapat mengurangi stres dan kecemasan

Mendengarkan musik bisa mempengaruhi mood agar menjadi lebih baik dan juga mengurangi perasaan depresi yang didapatkan ketika mengalami hari yang buruk. Mendengarkan lagu ini menjadi salah satu terapi stress relief pada orang yang tidak memiliki masalah kesehatan mental dan juga orang yang menjalani prosedur medis.

Jadi, coba buat playlist yang berisi semua lagu yang disukai. Pemilihan lagu juga dipastikan yang memiliki energi positif dan membuat kamu lebih bersemangat!

 

#4 –Terapi Emosi dengan Menulis & Mengembangkan Ide

Kehadiran hari yang buruk dalam hidup memang tidak bisa diprediksi atau bahkan dihindari. Agar kamu tidak merasa stres berkelanjutan – atau bahkan sampai menganggu kesehatan mental dan fisik, kamu bisa mencoba menenangkan diri dengan menuangkan segala keresahan hati dalam bentuk tulisan.

Manfaat menulis sebagai bentuk ekspresif terbukti ampuh bisa membuat kamu lebih rileks dan menghilangkan stres yang dirasakan. Menulis juga dapat meningkatan suasana hati dan menurunkan tingkat stres dalam diri.

Setelah menulis, kamu juga bisa mengembangkan ide yang kamu miliki untuk melepaskan kegelisahan dalam diri. Agar hal tersebut bisa tersusun rapi, buatlah tulisan ini dalam sebuah jurnal. Ketika hari buruk sudah terlewati, kamu bisa mengambil pelajaran dari apa yang sudah dilewati.

 

#5 – Menenangkan Diri dengan Air Hangat

Alami Hari Buruk? Tak Masalah! Atasi Dengan 5 Tips Ini, Ya!

Credit Image - stetoskoop.com

Saat kamu mengalami hari yang buruk, sebaiknya kamu segera mencari jalan keluar untuk terlepas dari pikiran buruk dan juga stres yang melanda diri. Karena dengan membiarkan mood yang jelek serta emosi yang tidak terluapkan akan membuat kamu menjadi mudah lelah dan terpuruk.

Maka dari itu, kamu bisa menangkan diri dengan mandi air hangat ataupun berendam. Ketika stres, mandi dengan air hangat dapat meningkatkan sirkulasi darah dan menenangkan sistem saraf. Begitu juga dengan berendam air hangat – karena dapat mengurangi rasa sakit dan kecemasan yang kamu rasakan karena mengalami hari buruk.

 

Itulah kelima cara mengatasi hari yang buruk dalam diri yang bisa kamu terapkan. Ketika mengalami hari buruk, jangan biarkan kondisi ini dibiarkan berlarut-larut, ya. Yang harus kamu sadari – bahwa  sesungguhnya memiliki hari buruk itu hal yang lumrah dan akan berlalu, enervoners!

 

 

Featured Image - jovee.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!