Di masa pandemi ini banyak orang yang mencoba peruntungan dengan terjun ke dunia bisnis. Alhasil, saat ini bisnis rumahan di Indonesia bisa dikatakan menjamur dan pasar pesaingan semakin meningkat.

Memulai bisnis tentunya memerlukan perencanaan yang matang, tapi ternyata tidak cuma itu – kamu juga perlu menciptakan ide kreatif agar bisnismu dilirik dan bisa menguntungkan. Usaha kreatif ini tentunya tidak bisa dijalankan sembarangan, ya.

Jika kamu baru memulai bisnis, ada baiknya untuk kamu mengetahui cara mendirikan usaha kreatif untuk bisnismu. Sebab, usaha kreatif ini akan menguntungkanmu di masa yang akan datang, loh!

Di artikel ini, kamu akan menemukan 3 strategi dalam menciptakan ide usaha kreatif yang tentunya bisa membuat bisnismu semakin untung. Pastikan kamu membacanya sampai habis ya, enervoners!

 

 

Ciptakan Inovasi yang Baru & Berbeda

Credit Image - pawoon.com

Menciptakan sesuatu yang baru dan belum pernah ada dipasaran tentunya akan menjadi hal utama sebuah usaha kreatif bisa dilirik oleh konsumen. Produk atau jasa yang kamu tawarkan pada bisnismu akan terlihat semakin menarik jika berbeda dari produk atau jasa sejenisnya.

Konsumen pun cenderung tertarik untuk mencoba hal berbeda yang belum pernah dirasakan sebelumnya. Meskipun sulit, tantangan ini menjadi motivasi bagi kamu yang baru merintis bisnis agar menjadi usaha kreatif.

Karena dengan cara ini, kamu akan menunjukkan eksistensi bisnis lebih luas. Usaha kreatif dengan menciptakan inovasi sudah meraih kesuksesan. Sebut saja Go-Jek yang berhasil menciptakan transportasi online pertama di Indonesia.

 

Menyesuaikan Pasar dengan Konsumen

Credit Image - ning.com

Dalam memilih strategi pemasaran, tentunya tidak terlepas dari riset pasar untuk melihat apa yang sedang diminati oleh konsumen. Karena dengan strategi yang menyesuaikan dengan konsumen, usaha kreatifmu akan semakin relate dan menarik perhatian konsumen.

Untuk menerapkan strategi ini, kamu bisa mengamati kebiasaan yang dimiliki konsumen dan mencoba menerapkan strategi berdasarkan insight baru yang di dapatkan tersebut. Usaha kreatif dengan membuat inovasi dari permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat seringkali dijadikan acuan untuk mengawali sebuah bisnis dan seringkali berhasil menarik perhatian konsumen.

Dari permasalahan tersebut, kamu bisa menciptakan sesuatu yang bermanfaat dan memenuhi kebutuhan masyarakat luas. Dengan inovasi yang dibuat sesuai dengan kebutuhan pasar, pasti usaha kreatif yang kamu jalankan tidak akan terbuang sia-sia, enervoners!

 

Memanfaatkan Setiap Peluang

Credit Image - lifepal.co.id

Ide usaha kreatif bisa timbul dari mana saja – seperti yang sudah dikatakan di atas, semua berasal dari permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat. Peluang yang sudah ada di hadapanmu ini bisa dimanfaatkan untuk membangun usaha kreatif.

Sekecil apapun kesempatan yang ada, sudah seharusnya dipikirkan baik-baik. Karena peluang tersebut bisa dijadikan inspirasi usaha kreatif yang dijalani. Jika cocok, maka kesempatan tersebut bisa jadi pembuka jalan untuk menuju kesuksesanmu!

Ketika memasuki dunia bisnis, kamu harus mampu melihat situasi dan memanfaatkan kesempatan yang ada. Karena dari kesempatan tersebut, kamu bisa menjadikan usaha kreatif yang dijalani lebih maju. Sekecil apapun peluang, pasti di dalamnya terdapat kesempatan emas yang sayang untuk dilewatkan.

Sebagai pebisnis, tentunya kamu memilki jam kerja yang tinggi dan memerlukan energi yang lebih. Agar lebih produktif, kamu harus mengonsumsi suplemen yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harianmu, seperti dengan mengonsumsi multivitamin.

Kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active, multivitamin yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc ini mampu menjaga daya tahan tubuhmu di tengah sibuknya bekerja, Loh!

Kandungan Vitamin B Kompleks dalam mengoptimalkan proses metabolisme dalam tubuh – sehingga makanan yang dikonsumsi dapat diubah menjadi sumber energi, yang tentunya dapat membuatmu produktif dan aktif sepanjang hari dalam menjalani usaha kreatif.

 

Dari 3 strategi usaha kreatif pada bisnis yang bisa diterapkan, penting untuk diingat bahwa setiap ide kreatif yang dituangkan akan berpengaruh pada pemasaran dan image dari bisnismu sendiri. Jadi, apakah kamu sudah terpikir dengan salah satu strateginya, enervoners?

 

 

Featured Image - forbes.com