Ingin Jalani Usaha Modal Kecil? Ini 5 Jenis Bisnis yang Direkomendasi

Ingin Jalani Usaha Modal Kecil? Ini 5 Jenis Bisnis yang Direkomendasi

font size A Ǎ

Di masa pandemi Covid-19, membangun bisnis merupakan salah satu alternatif yang kerap diambil banyak orang. Pasalnya, berbisnis dapat membantumu memperoleh penghasilan, baik dijadikan sebagai pekerjaan utama, maupun hanya sampingan saja.

Memiliki usaha modal kecil, namun bisa menghasilkan keuntungan yang besar sepertinya bukan lagi sekedar mimpi, ya. Hal tersebut dapat diwujudkan asal ada usaha – dan pastinya kemauan yang besar. Jangan khawatir, karena sekarang sudah banyak sekali peluang usaha modal kecil yang dapat kamu lakukan, lho.

Belum lagi dengan keberadaan teknologi dan media sosial yang bisa digunakan untuk memasarkan produk dagangan, sekaligus memperluas jangkauan pasar. Lantas, apakah kamu tengah tertarik untuk membangun usaha modal kecil?

Kalau begitu, kali ini Enervon punya 5 rekomendasi usaha modal kecil yang dapat kamu pilih, nih. Apa saja sih bisnis tersebut? Berikut ini ulasan lengkapnya. Silahkan baca sampai habis ya, Enervoners!

 

 

Menjadi Reseller Toko Online

Ingin Jalani Usaha Modal Kecil? Ini 5 Jenis Bisnis yang Direkomendasi

Credit Image - tokotalk.com

Rekomendasi usaha modal kecil pertama yang bisa dipilih, yakni menjadi reseller maupun dropshipper dari toko online. Jangan salah, jenis usaha ini mampu mendatangkan keuntungan yang besar, lho. Kamu pun bisa berjualan berbagai macam produk, seperti makanan, minuman, pakaian, tas, sepatu, hingga menjadi agen tiket!

Saat ini, distributor produk pun sudah banyak yang membuka kesempatan untuk menjadi reseller dan dropshipper kok, jadi tak perlu khawatir sulit untuk mencari distributornya, ya. Modal usaha yang dibutuhkan juga terbilang kecil, bajkan ada yang tanpa modal sama sekali, nih.

Meskipun reseller dan dropshipper sama-sama memasarkan produk jualan orang, tapi keduanya punya sistem kerja yang agak berbeda. Biasanya, reseller turut menyediakan produk yang sudah dibelinya dari distributor, kemudian dijual kembali dengan harga yang sudah disesuaikan.

Sementara itu, dropshipper bekerja dengan cukup menjual kembali produk distributor secara daring, tanpa harus memiliki produknya. Tapi, proses transaksi tetap dibantu oleh si distributor, ya. Jadi, apakah kamu tertarik menjalani usaha modal kecil yang satu ini?

 

Membangun Warabala – Alias Franchise

Istilah franchise pasti sudah tidak lagi asing terdengar, kan? Jenis usaha modal kecil yang satu ini termasuk yang paling diminati, lho. Konsep bisnis warabala terbilang saling menguntungkan, karena pemilik usaha bisa memperoleh laba penghasilan beberapa persen dari pembeli paket usahanya.

Bentuk usaha warabala pun beragam, kamu bisa memulai dengan franchise modal kecil, termasuk camilan atau minuman kekinian. Selain itu, bisa juga dengan membuka franchise kosmetik, laundry kiloan, hingga bahan bakar.

Tak perlu khawatir harus repot, karena alat penunjang bisnis warabala juga sudah disiapkan secara lengkap, kok. Jadi, yang dibutuhkan hanyalah mencari lokasi dan tempat strategis untuk membuka usaha tersebut.

Kalau kamu masih bingung, penyedia paket usaha modal kecil yang satu ini juga biasanya akan memberikan bimbingan sampai mahir. Nah, prinsip jualan warabala pun masih cukup mirip dengan reseller – atau dropshipper, sebab keduanya sama-sama menjual produk orang lain. Perbedaanya hanya pada alat bisnis yang sudah lebih dulu disiapkan.

 

Usaha Modal Kecil Pelayanan Jasa

Ingin Jalani Usaha Modal Kecil? Ini 5 Jenis Bisnis yang Direkomendasi

Credit Image - m.lampost.co

Ada pula usaha modal kecil yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa. Umumnya, bisnis ini berasal dari adanya keahlian tertentu, ya. Misalnya, layanan antar-jemput, seperti kurir jika memiliki kemampuan menyetir. Kemudian, bisa juga menjadi penerjemah bahasa, jasa titip, dan lain sebagainya.

Menjual produk jasa memang terbilang berbeda dengan jualan produk – yang cenderung lebih terlihat. Namun, jangan salah lho, bisnis jasa sangat bermanfaat bagi para penggunanya.

Modal membuka bisnis jasa pun beragam, mulai dari tanpa modal, hingga bermodal besar. Begitu juga dengan harga yang ditawarkan, sudah pasti berbeda-beda. Usaha modal kecil ini juga memiliki banyak kelebihan, seperti fleksibilitas – baik dari segi waktu maupun tempat.

Namun sama seperti bisnis lainnya yang juga memiliki kelebihan dan kekurangan, usaha pelayanan jasa memiliki kekurangan dalam strategi promosi – yang umumnya menggunakan testimoni pengguna jasa, karena sifatnya hanya bisa dirasakan. Lalu, tidak ada ganti rugi jika kamu mendapat komplain dari pelanggan.

 

Menyediakan Sewa Alat atau Barang

Membuka usaha sewa alat atau barang juga termasuk usaha modal kecil yang bisa mendatangkan keuntungan berlipat, lho. Untuk besaran modalnya, sebenarnya bisa disesuaikan dengan jenis alat yang disediakan. Misalnya, kamu menyewakan barang pribadi, maka ada kemungkinan modal yang dikeluarkan pun lebih mruah.

Supaya bisa menghasilkan pundi-pundi uang, kamu bisa menyewakan barang yang sudah tidak terpakai tetapi masih layak pakai ke orang lain yang membutuhkan. Seperti, menyewakan perlengkapan bayi yang sudah tidak terpakai – mulai dari stroller, car seat, atau box bayi.

Tidak hanya perlengkapan bayi saja kok, kamu juga bisa menyediakan sewa kendaraan – atau bisa disebut juga sebagai rental mobil dan motor. Dalam hal ini, sistemnya bisa diberlakukan secara berjangka, misalnya harian, mingguan, atau bulanan.

Pemasaran usaha modal kecil yang satu ini juga terbilang mudah, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi digital melalui dunia maya yang jangkauannya luas.

 

Membuka Bisnis Preorder

Ingin Jalani Usaha Modal Kecil? Ini 5 Jenis Bisnis yang Direkomendasi

Credit Image - helloinez.com

Menjalani bisnis preorder memang tidak sama dengan yang menyediakan barang ready stock, ya. Sebab, ada proses yang cukup panjang, seperti harus menunggu beberapa waktu untuk mendapatkan barang yang diinginkan tersebut.

Akan tetapi, bisnis preoder tetap banyak diminati, terutama di kalangan pemula, lho. Pasalnya, usaha yang satu ini tidak memerlukan banyak modal – atau, bahkan tanpa modal sama sekali. Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar usaha modal kecil ini bisa berjalan dengan lancar, nih.

Ketika memilih sistem preorder, artinya konsumen harus sabar menunggu. Sehingga, penting bagi seorang penjual untuk lebih memerhatikan kualitas produk dengan baik. Selain itu, penjual juga harus bisa membangun komunikasi yang baik agar pelanggan tidak kabur.

Dan, perhatikan juga trik membuka jadwal preorder, yaitu seperti di waktu gajian. Karena, di waktu tersebut akan lebih mudah menarik perhatian para pembeli.

Biar usaha modal kecil dapat berjalan lancar, pastikan tubuhmu sudah memiliki energi yang cukup, sehingga tak mudah lelah dalam menjalani berbagai aktivitas harian, ya! Untuk menjaga stamina, kamu direkomendasikan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Multivitamin yang satu ini mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina tubuh, sekaligus mengoptimalkan sistem kekebalan agar tidak mudah lelah!

Dan pastinya, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon Active dapat mengoptimalkan metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat ini dapat membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Satu lagi nih, kamu juga tidak perlu khawatir untuk minum Enervon Active, karena kandungan non-acidic Vitamin C dalam Enervon Active juga aman untuk lambung yang sensitif. Dan, agar manfaatnya semakin terasa, konsumsi Enervon Active dua kali sehari, ya.

 

Itulah kelima rekomendasi usaha modal kecil yang dapat kamu coba. Kira-kira, kamu ingin menerapkan bisnis yang mana dahulu, nih?

 

 

Featured Image - pintek.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!