Di saat yang mengharuskan kita berada lebih banyak di rumah dibandingkan untuk di luar rumah tentunya bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Apalagi untuk kamu yang memang terbiasa beraktivitas di luar rumah.

Hal ini tentunya berpotensi untuk membuatmu merasa tertekan dan mencari hal lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres tersebut. Yang pasti, untuk menjalani masa sulit ini kamu harus tetap tenang ya, enervoners.

Agar tidak stres berkepanjangan, ada baiknya melakukan hal-hal lain yang membuatmu merasa lebih rileks, kamu bisa melakukan hobi untuk kurangi stres, loh. Namun, hobi apa aja yang bisa dilakukan untuk kurangi stres? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini, ya!

 

 

#1 – Journaling

Credit Image - writingcooperative.com

Hobi untuk kurangi stres pertama yang bisa dicoba untuk melegakan pikiranmu adalah journaling. Hal inipun sudah dijelaskan oleh penelitian yang dilakukan oleh  Bustle, bahwa sudah terbukti bahwa terdapat beberapa penelitian yang journaling mampu menjadi hobi untuk kurangi stres.

Journaling bisa menjadi hobi untuk kurangi stres karena ketika menulis, kamu dapat merefleksikan apa yang membebanimu dan menangkan pikiranmu. Dengan journaling, kamu bisa menuliskan apapun yang diinginkan dan tanpa ada batasan dalam mengekspresikannya.

Selain mengurangi stres, journaling juga dapat berguna untuk meningkatkan kreativitas dan mengurangi rasa cemas yang dimiliki dalam diri ketika stres, loh!

 

#2 – Mewarnai

Mewarnai seringkali dianggap sebagai hal yang identik dengan kegiatan anak kecil. Namun ternyata, kegiatan yang satu ini bisa menjadi hobi untuk kurangi stres yang bisa dicoba!

Dilansir dari Insider – kegiatan mewarnai dengan desain yang rumit bisa menjadi kegiatan dan hobi yang menyenangkan serta dapat membantu meningkatkan kesehatan mentalmu ketika sedang memiliki tekanan. Mewarnai juga membuat pikiran menjadi lebih rileks dan tenang. Rasa inilah yang akhirnya membuat mood menjadi lebih baik.

 

#3 – Memasak

Credit Image - vinstafood.com

Hampir sebagian besar moms merasa dengan memasak menjadi kegiatan yang menyenangkan dan dapat menenangkan diri. Jadi, meskipun seringkali dianggap remeh – memasak dapat menjadi hobi untuk kurangi stres, loh!

Lifehack dalam artikelnya mengatakan – bahwa memasak makanan yang disukai dapat membuat suasana hati membaik dan juga lebih tenang. Dalam hal ini, kamu harus memasak dengan perasaan yang enjoy tanpa ada tekanan, ya.

Dengan memasak dengan enjoy, pastinya akan terasa sangat menyenangkan. Tidak hanya menurunkan stres, dengan memasak kamu juga bisa menjadi lebih senang karena bisa langsung menyantap makanan yang sudah dibuat tersebut. Saat menikmati makanan tersebut, nantinya akan muncul perasaan bangga atas masakan yang dibuat.

 

#4 – Merajut

Hobi untuk kurangi stres yang satu ini seringkali menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh nenek moyang terdahulu. Merajut menjadi salah satu hobi produktif yang bisa dilakukan untuk mengurangi stresmu, loh!

Kegiatan merajut dana menjadi hobi untuk kurangi stres karena akan membuat perasaan lebih tenang selayaknya sedang melakukan meditasi. Merajut meningkatkan hormon serotonin yang membuat perasaan lebih baik.

Selain bisa menjadi hobi untuk kurangi stres, merajut juga melatihmu menjadi kreatif dan bangga pada diri sendiri. Karena setelah merajut dan melihat hasil yang dikerjakan, kamu pasti akan bangga dengan hasil yang diberikan – apalagi jika kamu mengerjakannya dengan sungguh-sungguh.

 

#5 – Bercocok Tanam

Credit Image - aarp.org

Kaum milenial saat ini banyak yang menjadikan berkebun atau bercocok tanam sebagai hobi untuk kurangi stres. Namun ternyata kegiatan ini bukan cuma mengikuti tren saja, loh – bercocok tanam memang terbukti bisa menjadi hobi kreatif dan mampu mengurangi stres karena memiliki banyak manfaat.

Menurut Verywellmind, bercocok tanam akan membuat tubuh mendapatkan sinar matahari secara langsung dan mendapatkan udara segar dari tanaman yang berada di sekitar. Hal inilah yang membuat bercocok tanam menjadi hobi untuk kurangi stres.

Selain itu, dengan bercocok tanam kamu bisa menciptakan lingkungan yang lebih asri dan nyaman. Karena tanaman bisa menenangkan pikiran karena dapat mengendalikan hormon kortisol dalam tubuh yang bertugas untuk mengontrol stres dalam tubuh.

Itulah 5 kegiatan yang bisa dijadikan hobi untuk kurangi stres yang bisa dimanfaatkan selama pandemi ini. Apakah sudah ada salah satu hobi yang biasa dijalani, enervoners?

 

 

Featured Image - japantimes.co.jp