WFH atau work from home yang disebabkan oleh pandemi yang masih melanda ini mengharuskan para pekerja untuk duduk dalam waktu yang lama di depan layar. Peningkatan penggunaan layar ini tentunya akan berdampak buruk pada kesehatan mata.

Selain itu, beberapa penelitian membuktikan bahwa bekerja selama WFH memicu seseorang memiliki pola makan yang cukup berantakan – hal ini juga akan berdampak buruk pada penglihatan dan membuatnya kurang ternutrisi.

Dengan penglihatan yang buruk ini, kamu akan mengalami masalah pada mata dan mengharuskanmu untuk menggunakan kacamata. Ketergantungan akan layar ini tentunya bukan hal yang baik. Selain harus memeriksakannya secara rutin, kamu juga harus melindungi penglihatanmu loh!

Di bawah ini, terdapat 5 cara alami yang terbukti efektif untuk meningkatkan fungsi kerja indera penglihatan dan juga melindungi penglihatanmu sesuai yang dilansir dari Times of India. Agar tetap terjaga, pastikan kamu membacanya sampai selesai ya!

 

 

Menerapkan Teknik 20-20-20

Credit Image - glints.com

Dikutip dari CNN Indonesia, Juru Bicara American Academy of Ophthalmology, Raj Maturi – mengatakan bahwa ketika kamu melihat target dari jarak yang dekat, mata hanya menggunakan satu otot mata sepanjang waktu. Untuk itu, kamu bisa melatihnya dengan melihat ke arah yang berjauhan agar dapat meredakannya

Untuk itu, kamu bisa menerapkan teknik 20-20-20. Teknik yang satu ini merupakan aturan yang direkomendasikan secara internasional untuk menjaga penglihatanmu. Aturan 20-20-20 secara rinci merupakan teknik yang dilakukan ketika setiap 20 menit waktu yang digunakan menatap layar, setiap orang harus mengalihkan pandangan untuk melihat objek yang berada di jarak jauh sekitar 20 kaki – atau sekitar 6 meter, selama 20 detik.

 

Menambah Asupan nutrisi

Hal terbaik yang harus dilakukan untuk memperbaiki gaya hidup adalah dengan memiliki pola makan yang berkualitas baik. Bukan hanya masalah waktunya, namun juga memilih dengan baik nutrisi yang dikonsumsi. Pastikan kamu mengonsumsi vitamin dan mineral yang cukup diperlukan oleh tubuh, seperti  mengonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, makanan laut, dan rempah-rempah yang kaya nutrisi.

Selain makanan, kamu juga bisa mengonsumsi beberapa vitamin tertentu, seperti Vitamin A, C, E dan mineral seperti seng dan asam lemak Omega-3. Dengan mengonsumsi banyak antioksidan baik yang aktif dalam tubuh, kamu bisa mencegah degenerasi makula – yaitu melindungi bagian mata yang membantumu melihat dengan jelas.

 

Meningkatkan Fungsi Karotenoid

Credit Image - visine.com.ph

Karotenoid seringkali disebut ketika kita membicarakan tentang kesehatan penglihatan. Karotenoid memiliki manfaat untuk meningkatkan kepadatan pigmen pada mata. Ada beberapa mikronutrien, seperti lutein dan zeaxanthin – yang merupakan karotenoid yang ada pada retina mata.

Tingkat alami karotenoid dapat berkurang dari waktu ke waktu. Untuk itu, kamu bisa menaikan fungsi karotenoid dengan mengonsumsi banyak sayuran hijau dan telur. Karotenoid juga dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi suplemen.

 

Menjaga Diri dari Penyakit

Penyakit dengan risiko tinggi – seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan peradangan kronis, secara tidak langsung dan juga seiring berjalannya waktu dapat memengaruhi penglihatanmu, loh. Pada kondisi tertentu, penyakit berisiko tinggi dapat menyebabkan radang saraf optik dan menyebabkan masalah penglihatan atau bahkan kehilangan penglihatan.

Oleh karena itu, sangat penting untukmu tetap menjaga kesehatan dan menjauhkan diri dari penyakit berbahaya dengan risiko tinggi seperti ini. Caranya adalah dengan belajar mengelola diri. Seperti mengonsumsi makanan yang baik untuk tubuh dan mencegah tubuh untuk bekerja berlebihan.

 

Rajin Berolahraga

Credit Image - destinationdeluxe.com

Memang sudah bukan jadi rahasia, untuk menjaga diri tetap bugar harus dilakukan dengan banyak bergerak dengan rajin berolahraga. Karena berolahraga dapat membuatmu terlihat bugar dan juga menjaga berat badan.

Berolahraga dan menjaga berat badan yang sehat dapat mengurangimu untuk terkena risiko komplikasi kesehatan seperti retinopati diabetik yang dapat membahayakan penglihatan membuatmu tidak dapat melihat dengan jelas.

Itulah 5 cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga penglihatan selama WFH dikala pandemi. Jika mata sudah terasa melelahkan dan berat, memang lebih baik untukmu beristirahat sejenak. Bukan saja baik untuk mata, namun juga baik untuk kesehatan mentalmu, loh!

 

 

Featured Image - fkm.unair.ac.id

Source - cnnindonesia.com