Yuk, Kenali Fungsi Niacinamide, Vitamin B yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh!

Yuk, Kenali Fungsi Niacinamide, Vitamin B yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh!

Sebagian besar darimu pasti sudah mengenal niacinamide – atau vitamin B3 yang seringkali ditemukan di berbagai jenis makanan, maupun produk perawatan kulit, ya? Tidak perlu diragukan lagi, fungsi vitamin B3 pun beragam, salah satunya untuk membantu metabolisme, sampai mengurangi risiko penyakit berbahaya tidak menular, lho.

Niasin merupakan salah satu vitamin yang termasuk dalam kelompok vitamin B kompleks. Sama seperti jenis vitamin B lainnya, niasin memiliki sifat yang larut air, sehingga tubuh akan mengeluarkan sisa zat yang diperlukan melalui urin.

Nah, fungsi vitamin yang satu ini pun juga tidak sekedar membantu metabolisme, sehingga pembentukan energi dapat berjalan secara maksimal, namun masih ada berbagai fungsi vitamin B3 lainnya yang wajib kamu ketahui.

Apakah kamu penasaran, apa saja ya fungsi vitamin B3 untuk kesehatan tubuh? Yuk, segera simak ulasan lengkapnya di bawah ini, Enervoners!

 

 

Mengoptimalkan Pembentukan Energi

Yuk, Kenali Fungsi Niacinamide, Vitamin B yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh!

Credit image - cakapcakap.com

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa fungsi vitamin B3 juga berperan untuk membatu metabolisme – yang juga berkaitan dengan proses pembentukan energi tubuh. Di sini, niasin akan mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi yang diperlukan oleh tubuh. Dengan demikian, kamu pun tidak mudah lelah ketika melakukan aktivitas harian, ya.

Jika kekurangan niasin, tubuh pun bakal kekurangan bahan bakar, lho. Wah, apa yang bisa terjadi? Kekurangan bahan bakar tubuh – alias kurang energi dapat membuatmu mudah lemas dan tubuh tidak memiliki tenaga. Jadi, fungsi vitamin B3 yang satu ini tak boleh dianggap remeh!

 

Berperan Dalam Mengendalikan Kolesterol

Tahukah kamu bahwa fungsi vitamin B3 juga berkaitan dengan kolesterol dalam tubuh? Ya, niasin juga dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol, lho. Dalam hal ini, vitamin B3 akan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, kamu dapat mengonsumsi sumber makanan yang kaya akan vitamin B3, kok. Selain itu, bisa juga dengan rutin minum suplemen maupun multivitamin yang mengandung niasin, ya.

 

Mengurangi Risiko Diabetes

Yuk, Kenali Fungsi Niacinamide, Vitamin B yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh!

Credit Image - bbc.com

Fungsi vitamin B3 selanjutnya, yaitu dapat mengurangi risiko penyakit berbahaya, seperti diabetes. Berkait manfaatnya yang bisa meningkatkan kolesterol baik, maka risiko penyakit diabetes pun ikut menurun, nih. Pasalnya, niasin bisa membantu menyeimbangkan kadar kolesterol yang dapat menjadi penyebab diabetes.

Meski disebut-sebut dapat meningkatkan kadar gula darah – atau disebut juga glukosa, namun dilansir dari HelloSehat, para ahli menyimpulkan kalau vitamin B3 masih aman dikonsumsi bagi penderita diabetes, lho. Jadi, tak perlu khawatir!

 

Dapat Meningkatkan Fungsi Otak

Tahukah kamu bahwa otak manusia membutuhkan vitamin B2 sebagai bagian dari koenzi, NAD dan NADP? Keduanya diperlukan untuk memperoleh energi, sehingga fungsi otak bisa berjalan dengan baik, nih. Memang, secara keseluruhan semua jenis vitamin B kompleks bisa membantu fungsi otak – tapi, lebih spesifik, vitamin B3 yang punya peran cukup penting.

Selain itu, fungsi vitamin yang satu ini juga terbukti dalam membantu mengatasi gangguan skizofrenia. Hal tersebut sudah dibuktikan melalui penelitian yang dimuat dalam Shanghai Archives of Psychiatry. Dalam studi, disebutkan bahwa vitamin B3 dapat membantu memperbaiki kerusakan sel otak.

Untuk itu, asupan niasin yang cukup diperlukan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada otak, ya.

 

Memelihara Kesehatan Kulit

Yuk, Kenali Fungsi Niacinamide, Vitamin B yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh!

Credit Image - en.tempo.co

Fungsi vitamin B3 lainnya yang bisa diperoleh jika kamu mengonsumsinya secara rutin, yakni kesehatan kulit semakin terpelihara. Dalam hal ini, niasin bisa memperlambat proses penuaan dini, serta membantu melindungi sel kulit dari kerusakan akibat sinar UV, lho. Ini diungkapkan dalam penelitian dari Photochemical and Photobiological Sciences.

Nah, manfaat dari vitamin B3 yang satu ini bisa kamu peroleh dari melalui konsumsi suplemen – maupun penggunaan produk yang bisa dioleskan pada kulit. Kombinasi keduanya juga bisa membuat fungsi vitamin ini terlihat secara maksimal.

Jadi, tak heran kalau kamu sering menemukan berbagai produk perawatan kulit yang mengandung niasin, mengingat berbagai manfaatnya yang baik untuk kesehatan kulitmu.

 

Bagaimana Memenuhi Kebutuhan Vitamin B3?

Sekarang sudah tahu ya kalau ada banyak fungsi vitamin B3 yang dapat mendukung fungsi tubuh? Untuk itu, sudah saatnya kamu memenuhi kebutuhan vitamin yang satu ini secara rutin. Nah, kamu bisa mendapat asupan vitamin B3 dari sumber makanan, maupun mengonsumsi multivitamin, lho.

Untuk makanan, vitamin B3 bisa ditemukan pada kentang, kacang hijau, beras merah, gandum utuh, jamur, alpukat, daging merah dan daging ayam, serta telur. Pastinya, sejumlah sumber makanan tersebut mudah ditemukan, kan?

Sementara itu, buat kamu yang ingin mendapat asupan vitamin B3 melalui konsumsi suplemen multivitamin, direkomendasikan untuk minum Enervon-C atau Enervon Active – yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan tubuhmu, nih.

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C yang lebih tinggi, serta mampu memberikan perlidungan ekstra terhadap tubuh, sekaligus membuat tubuh terasa segar sepanjang hari!

Untuk kamu yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, multivitamin Enervon-C dan Enervon Active juga dapat menjaga metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini berkat kandungan Vitamin B Kompleks di dalamnya, lho.

Untuk memperoleh produk Enervon yang tepat kamu bisa membelinya di official store Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, temukan produk Enervon di drug store terdekat.

 

Itulah sejumlah fungsi vitamin B3 yang baik untuk memelihara kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jadi, pastikan kamu sudah memenuhi asupan nutrisi ini setiap harinya, ya!

 

 

Featured Image - klikdokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!