5 Tips Mudah Atasi Tenggorokan Gatal, Yuk Dicoba!

5 Tips Mudah Atasi Tenggorokan Gatal, Yuk Dicoba!

font size A Ǎ

Siapa di sini yang pernah mengalami tenggorokan gatal? Tak bisa dipungkiri, masalah yang satu ini kerap kali dialami dari waktu ke waktu. Selama pandemi, rasa tenggorokan gatal pun sering dikaitkan dengan gejala Covid-19, dari tenggorokan yang terasa gatal, biasanya akan timbul gejala batuk kering maupun berdahak.

Memang, ada berbagai macam penyebab tenggorokan gatal, namun alergi dan infeksi merupakan dua penyebab yang paling umum terjadi. Mungkin, kamu mengalami gangguan ini setelah menghabiskan waktu di sekitar asap, usai berbicara lama, atau hanya mengalami dehidrasi saja. Jadi, jangan langsung panik, karena kondisi ini tak selalu berkaitan dengan infeksi virus corona, kok.

Semua penyebab tenggorokan gatal pun bisa menyebabkan hal yang sama, yaitu terasa perih, kering, dan juga tidak nyaman. Untuk penyebab biasa, tenggorokan yang gatal bisa sembuh dengan sendirinya selama setidaknya satu minggu.

Namun, kalau kamu merasa tidak nyaman, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi peradangan di bagian tenggorokan, lho. Apa saja? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

Konsumsi Permen Pelega Tenggorokan

5 Tips Mudah Atasi Tenggorokan Gatal, Yuk Dicoba!

Credit Image - health365.com.au

Hal pertama yang bisa kamu lakukan, yaitu menggunakan obat batuk, permen pelega tenggorokan, maupun permen manis. Dilansir dari WebMD, cara ini cukup ampuh untuk meredakan tenggorokan gatau – bahkan, sakit tenggorokan, lho.

Tapi, sebaiknya hindari obat tetes batuk yang mengandung mentol, sebab hal ini justru bisa membuat tenggorokan lebih gatal dalam jangka panjang. Jadi, pertimbangkan untuk mengambil permen keras manis – atau permen pelega tenggorokan, ya. Ini memungkinkanmu mendapatkan manfaat dari penggunaan mentol tanpa berlebihan.

Selain itu, permen manis juga membantu meredakan rasa gatal pada tenggorokan yang disebabkan oleh meningkatnya produksi air liur. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa rasa manis bisa membantu menekan batuk.

 

Konsumsi Sup Hangat

Tetap terhidrasi juga bisa membantumu untuk cepat sembuh dari keluhan tenggorokan gatal, lho. Mendapatkan cukup cairan dapat membantu menjaga selaput lendir tetap bersih, mencegah penumpukan yang tidak nyaman di tenggorokan.

Suhu hangat juga bisa membantu menenangkan bagian belakang tenggorokan bagi sebagian orang. Menyeruput minuman hangat – atau rutin mengonsumsi sup hangat yang nyaman merupakan cara mudah untuk tetap terhidrasi, serta dapat membantu mengurangi iritasi di tenggorokan pada saat yang bersamaan.

 

Dapat Menggunakan Humidifier

5 Tips Mudah Atasi Tenggorokan Gatal, Yuk Dicoba!

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Apakah tenggorokan gatal yang kamu alami disebabkan oleh udara kering atau alergi? Kalau begitu, cobalah untuk menggunakan pelembap udara – atau disebut juga sebagai air humidifier. Memang, udara yang kering bisa memicu rasa tidak nyaman pada bagian tenggorokan, ya.

Meningkatkan kelembapan di udara dapat membuat tenggorokan menjadi tidak terlalu kering, ketika sedang bernapas. Selain itu, humidifier juga dapat membantu mencegah lendir mengering – dan mengiritasi bagian belakang tenggorokan. Kondisi ini juga bisa menjadi penyebab gatal maupun batuk, lho.

Sebagai alternatif, kamu bisa mandi air panas dengan banyak uap yang bisa memberikan manfaat serupa.

 

Berkumur Dengan Air Garam

Dilansir dari Health Line, ada cara lain yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi tenggorokan gatal – maupun sakit tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri maupun virus. Caranya dengan berkumur menggunakan air garam. Untuk melakukannya, berikut ini langkah yang perlu diikuti:

  • Campurkan 1/2 sendok teh garam dalam 240 ml atau satu cangkir air hangat
  • Kumur larutan tersebut selama 10 detik
  • Muntahkan larutan tersebut. Ingat, jangan ditelan!
  • Ulangi hingga 2 sampai 3 kali dalam sehari.

Air hangat yang digunakan bisa membantu meredakan iritasi tenggorokan. Dan, garam dapat mengurangi penumpukan lendir. Jadi, buat yang tengah mengalami tenggorokan gatal, bisa mencoba cara ini untuk meredakannya, ya!

 

Hindari Konsumsi Kafein dan Hindari Merokok!

5 Tips Mudah Atasi Tenggorokan Gatal, Yuk Dicoba!

Credit Image - suara.com

Dilansir dari Medical News Today, banyak orang yang menyadari bahwa risiko tenggorokan gatal bisa dikurangi dengan berbagai hal, seperti

  • Berhenti merokok
  • Minum banyak air
  • Menghindari kafein
  • Sering mencuci tangan selama musim dingin dan flu
  • Hindari membuka jendela dan pergi keluar selama musim alergi

Namun yang tidak kalah penting, terapkan pula pola hidup sehat dan bersih, terutama selama pandemi, seperti menerapkan jaga jarak, rutin mencuci tangan, menghindari kerumunan, serta tidak bepergian – kecuali ada urusan yang mendesak.

Selain itu, optimalkan perlindungan diri dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup. Hidup sehat – dapat bantu jaga imunitas tubuh tetap kuat.

Dan, yang tak boleh dilupakan, lengkapi hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C dan Enervon Active yang memiliki kandungan vitamin lengkap. Multivitamin yang satu ini dianjurkan dikonsumsi dua kali sehari.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg untuk perlindungan ekstra.

Untuk kamu yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Multivitamin Enervon-C dan Enervon Active pun dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa dirasakan berkat kandungan Vitamin B Kompleks di dalamnya.

 

Wah, itulah kelima tips untuk membantu mengatasi tenggorokan gatal. Jadi, jika kamu sedang mengalami kondisi ini, yuk coba terapkan kiat di atas!

 

 

Featured Image - oyimedia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!