Ingin Mengetahui Gaya Belajar Anak? Lakukan 5 Hal Ini, Moms

Ingin Mengetahui Gaya Belajar Anak? Lakukan 5 Hal Ini, Moms

font size A Ǎ

Sebagai orang tua, melihat tumbuh kembang anak menjadi hal utama yang tidak boleh terlewatkan. Untuk membantunya, pasti moms akan mengajarinya banyak hal agar tumbuh kembangnya sempurna.

Ketika mengajari si kecil, seringkali moms menjadi kehilangan kesabaran karena si kecil tidak belajar sesuai yang diharapkan. Namun, yang harus diingat adalah – setiap anak memiliki gaya belajarnya masing-masing.

Gaya belajar yang berbeda ini tentunya harus moms kenali – agar dapat dengan mudah mengajarinya serta membantunya dalam proses belajar sehingga potensinya dapat berkembang secara maksimal.

Agar moms dapat memilih aktivitas yang sesuai dengan gaya belajarnya, ketahui terlebih dahulu bagaimana gaya belajar yang dibutuhkan anak. Untuk itu, simak 5 cara mengetahuinya di bawah ini ya, moms!

 

 

Mengenal 3 Jenis Gaya Belajar

Ingin Mengetahui Gaya Belajar Anak? Lakukan 5 Hal Ini, Moms

Credit Image - klikdokter.com

Sebelum melakukan observasi terhadap gaya belajarnya, ada baiknya untuk moms mengetahui jenis dari gaya belajar pada anak. Terdapat 3 tipe gaya belajar – yaitu auditory, visual, dan kinestetik.

Anak dengan gaya belajar auditory akan lebih menyukai belajar lewat audio seperti musik, membaca dengan keras, atau lewat penjelasan langsung yang dilakukan oleh moms. Lalu, anak dengan gaya belajar visual akan lebih mudah memahami melalui ambar atau ilustrasi. Sementara untuk anak dengan gaya belajar kinestetik akan lebih menyukai belajar sambil bergerak, misalnya melakukan eksperimen.

 

Mencoba Berbagai Gaya Belajar

Untuk mengetahui gaya belajar anak, sebaiknya moms mencoba terlebih dahulu semua metode belajar untuk mengetes gaya belajar yang dimiliki si kecil. Moms bisa melakukannya dengan menggunakan metode yang berbeda setiap harinya.

Setelah melakukan percobaan gaya belajar ini, moms bisa perhatikan kembali – kira-kira metode gaya belajar mana yang paling diminati dan paling membantunya. Mengetahui gaya belajar dapat membuat moms menentukan metode yang tepat, agar anak juga nyaman dalam proses pembelajaran yang dilakukan.

 

Perhatikan Ketika Anak Mengekspresikan Diri

Ingin Mengetahui Gaya Belajar Anak? Lakukan 5 Hal Ini, Moms

Credit Image - lovetolearnindonesia.com

Setiap anak tentunya memiliki gaya belajar yang berbeda dan hal ini biasanya juga akan berpengaruh dengan caranya mengekspresikan diri. Seperti seorang anak dengan gaya belajar auditory, maka akan lebih cenderung membaca sesuatu dengan keras atau mengekspresikan diri melalui tulisan atau kata-kata.

Untuk Anak dengan gaya belajar visual akan mengekspresikan dirinya melalui mimik wajah dan gambar, sementara anak dengan gaya belajar kinestetik akan cenderung mengekspresikan diri melalui gestur dan bahasa tubuh.

 

Mengetahui Minat si Kecil Melalui Kebiasaannya

Gaya belajar anak biasanya akan terlihat dari hal yang diminati, seperti anak dengan gaya belajar auditory akan lebih suka mendengarkan musik dan juga mudah mengingat lagu, namun sulit mengingat melalui sesuatu yang dibacanya. 

Lalu Anak dengan gaya belajar visual, akan menyukai membaca buku dan menonton. Sementara anak dengan gaya belajar kinestetik, cenderung lebih tertarik pada hal yang melibatkan aktivitas fisik seperti olahraga atau eksperimen ilmiah.

 

Melihat Cara Anak Menyelesaikan Masalah

Ingin Mengetahui Gaya Belajar Anak? Lakukan 5 Hal Ini, Moms

Credit Image - kumparan.com

Gaya belajar anak juga dapat dilihat dari bagaimana caranya menyelesaikan masalah. Ketika anak akan lebih cenderung mencoba menyelesaikan masalah lewat diskusi, maka si kecil memiliki gaya belajar auditory.

Ketika si kecil merupakan anak yang observatif dan peka terhadap perubahan di lingkungan – serta sadar ketika ada sesuatu yang salah, maka anak tersebut memiliki gaya belajar visual. Sedangkan untuk anak dengan gaya belajar kinestetik biasanya menyelesaikan masalah dengan gerakan tubuh mereka, seperti berusaha melepaskan, menghitung menggunakan jari, dan lain-lainnya.

Agar metode belajar yang diterapkan dari gaya belajar yang tepat berjalan dengan baik, penting untuk moms juga memastikan bahwa si kecil telah mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuhnya. Hal ini bisa dilakukan dengan memberi si kecil buah, sayuran, serta vitamin yang cukup.

Sebagai pelengkap dan juga memastikan agar anak mendapatkan nutrisi yang cukup, moms bisa memberikannya multivitamin dengan kandungan lengkap – seperti Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Kandungan vitamin yang terkandung dalam Enervon-C Plus Sirup berperan penting untuk mendukung perkembangan kecerdasan anak – yang juga dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil, sehingga dapat membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya dan  meningkatkan nafsu makannya.

Moms bisa mendapatkan produk Enervon- C Plus Sirup dengan membelinya melalui Official Store Enervon di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Moms juga bisa menunjungi apotek terdekat di daerah sekitar untuk mendapatkannya ya!

 

Setelah memahami 5 cara yang membuat moms mengetahui gaya belajar ini, tentunya akan memudahkanmu untuk membuat si kecil tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik. Pastikan setelah mengetahui gaya belajarnya, moms bisa menerapkan metode belajar dengan tepat ya!

 

 

Featured Image - klikdokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!