Siapa yang setuju kalau akhir pekan bisa menjadi momen yang menyenangkan, namun sekaligus dapat membuat keuangan menjadi menipis? Ya, tak sedikit orang yang lebih senang jajan – atau bahkan berjalan-jalan di saat akhir pekan. Tidak bisa dipungkiri, kegiatan tersebut sulit dihindari, mungkin sebagian darimu merasakan hal yang serupa.

Pengeluaran untuk sekedar mencari sarana hiburan, hingga berburu wisata kuliner menjadi sebuah anggaran yang tidak terduga. Hati-hati, kalau kamu tidak waspada dalam mengatur keuangan, pengeluaran tersebut bisa membuat bokek, lho! Untuk itu, tetap hemat selama akhir pekan penting dilakukan.

Agar keuangan tetap aman, terutama di akhir pekan dan waktu gajian masih cukup lama, ada beberapa tips yang bisa diterapkan. Penasaran, apa saja sih tips tersebut? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini, Enervoners!

 

 

Marathon Nonton Film Saja

Credit Image - reddoorz.com

Wah, tanggal tua memang ada saja godaannya nih, salah satunya keinginan untuk jajan berbagai macam makanan. Memang, hal tersebut boleh saja dilakukan, asal tetap dalam perhitungan, bukannya malah boros, ya. Sebagai alternatif yang lebih murah, kamu bisa berada di rumah saja, misalnya dengan marathon nonton film. Lagi pula, selama pandemi Covid-19 kamu disarankan tetap di rumah untuk menghindari risiko penularan virus.

Akhir pekan kali ini bisa digunakan untuk menonton film – atau drama favorit yang dapat kamu tonton secara marathon. Tidak hanya dapat menghemat keuangan, kamu juga bisa menonton film bareng keluarga yang dapat memperkuat bonding. Jadi, apakah kamu tertarik menghabiskan waktu akhir pekan dengan menonton film?

 

Mencoba Menu Masakan Baru

Akhir pekan memang identik dengan mencoba berbagai macam kuliner baru. Setuju, kan? Untuk kamu yang masih ingin mencicipi berbagai makanan di tanggal tua, tenang masih ada alternatif yang dapat dilakukan, kok. Dan pastinya, nggak bakal bikin kantong jebol! Jadi, dibanding membeli makanan, ada baiknya kamu memasak di rumah saja.

Memang, seperti diketahui membeli makanan di luar rumah tentu membutuhkan budget yang tidak sedikit. Untuk itu, cobalah gunakan akhir pekanmu untuk memasak saja. Kamu bisa mencari resep makanan yang ingin dimasak, tetapi pastikan seluruh bahan yang dibutuhkan sudah tersedia di rumah – biar dompet tidak menipis.

Dalam hal ini, silahkan gunakan kreativitas untuk mengolah bahan makanan yang ada menjadi suatu menu masakan baru!

 

Main Game Favorit

Credit Image - purewow.com

Untukmu yang bosan selama di rumah saja, sudah coba aktivitas yang satu ini belum? Ya, bermain game bisa menjadi pilihan kegiatan lainnya di akhir pekan. Sudah pasti, aktivitas tersebut tidak bikin kantong jebol. Meski menyita banyak waktu, namun bermain game di akhir pekan tetap mengasyikkan. Lagi pula, tidak apa-apa sesekali bermain game sampai lupa waktu, asal jangan keterusan, ya!

Dengan cara ini dijamin akhir pekan pun tidak terasa membosankan. Apalagi, kalau kamu memiliki komunitas untuk main bareng – alias mabar. Wah, dijamin waktu semakin tidak berasa, dan tahu-tahu sudah malam saja. Namun, pastikan kamu menggunakan wifi di rumah biar tidak boros kuota.

 

Habiskan Waktu Dengan Tidur Sepuasnya

Seperti diketahui, jam kerja maupun jam kuliah memang menyita waktu. Dari hari Senin sampai Jumat kamu dituntut untuk terus bekerja – bahkan, hingga larut malam. Kegiatan tersebut tentunya menguras tenaga, hingga mengurangi waktu tidurmu, ya. Untuk itu, kamu bisa menghabiskan waktu di akhir pekan dengan tidur seharian.

Gunakan dua hari libur untuk memberi kesempatan beristirahat bagi tubuh. Nah, kamu boleh tidur dengan waktu yang kamu inginkan sendiri. Tapi, ingatlah bahwa jangan sampai melupakan kegiatan lainnya, seperti mandi dan makan. Kegiatan yang satu ini merupakan bentuk perhatian terhadap tubuh kamu sendiri.

 

Bersih-Bersih Rumah

Credit Image - cleaningspaces.net

Jadwal yang padat terkadang membuat rumah dan kamar menjadi jarang dibereskan. Akibatnya, sejumlah ruangan pun cenderung kotor – atau ada banyak barang yang menumpuk di dalamnya. Di akhir pekan ini bisa menjadi kesempatan tepat untuk membuat rumah lebih rapi dan bersih.

Kegiatan bersih-bersih rumah menjadi wajib dilakukan, terutama untuk yang tidak memiliki Asisten Rumah Tangga. Selain membuat rumah jadi bersih, aktivitas ini juga dapat membuat tubuh menjadi bergerak – yang pastinya bikin kesehatan semakin terjaga. Jangan salah, kegiatan bersih-bersih juga bisa dijadikan alternatif olahraga, lho!

 

Wah, itulah kelima tips hemat saat akhir pekan yang nggak bakal bikin kantong menipis. Jadi, di weekend kali ini, kamu berniat untuk melakukan aktivitas yang mana dahulu?

 

 

Featured Image - klubwanita.com